Khasiat Daun Seledri untuk Menjaga Kesehatan Anda

Seledri adalah sayuran yang digunakan sebagai pelengkap. Aromanya yang segar menjadi ciri khas dari seledri. Selain sebagai sayuran pelengkap, seledri juga memiliki banyak manfaat dan khasiat daun seledri.

Manfaat dan Khasiat dari  Daun Seledri

Penelitian para ahli mengatakan, daun seledri memiliki kandungan antioksidan dan kadarnya yang cukup tinggi. Kandungan yang dimiliki seledri dapat membantu mengurangi terjadinya kerusakan pada sel tubuh yang disebabkan oleh proses oksidasi dan radikal bebas. Sehingga cocok digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat obat-obatan. 

Inilah beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan tubuh Anda :

  1. Bisa dijadikan untuk menambah nutrisi 
  2. Dapat menghancurkan sel tumor dan kanker
  3. Membantu  penyembuhan tulang dan otot karena radang 
  4. Dapat melindungi sel hati dan saraf dari proses oksidasi
  5. Dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah 
  6. Menjaga kestabilan pembuluh darah agar tekanan darah tetap normal
  7. Dapat menjaga kesehatan reproduksi pada pria
  8. Bisa sebagai bahan untuk mengusir nyamuk
  9. Bisa sebagai obat untuk meredakan nyeri haid
  10. Dapat membantu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan

Inilah beberapa khasiat dari daun seledri :

Membantu menurunkan berat badan

Mendapatkan berat badan yang ideal merupakan impian kebanyakan orang. Seledri menjadi salah satu bahan obat yang efektif untuk menghancurkan lemak. Selain itu seledri juga memiliki banyak vitamin. 

Kesehatan rambut

Rambut yang lebat dan kuat menandakan rambut itu sehat. Agar rambut tetap terjaga kesehatannya, perlu yang namanya perawatan. Salah satu cara alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut adalah mengoleskan seledri yang sudah ditumbuk halus pada rambut Anda. Jika Anda sering mengalami kerontokan rambut, Anda bisa mencoba khasiat daun seledri untuk rambut agar tetap kuat, tebal, hitam, dan lebat.

Masker wajah 

Selain sebagai sayuran pelengkap dalam masakan. Seledri juga bisa menghilangkan kotoran pada kulit dan membersihkan pori-pori. Khasiat daun seledri untuk wajah, bisa Anda coba dengan menghaluskan seledri kemudian jika sudah halus, bisa digunakan sebagai masker wajah.

Menurunkan hipertensi

Seledri memiliki banyak kandungan, dari vitamin, metanol, ekstrak, dan juga ekstrak heksana. Yang mempunyai peran untuk memberikan tekanan darah. Sehingga bagi Anda yang memiliki darah tinggi merupakan solusi untuk membantu menurunkan hipertensi.

Khasiat daun seledri bagi  ginjal Anda

Seledri yang memiliki antioksidan, ternyata menjadi bahan obat yang mampu membantu untuk mencegah penyakit ginjal. Seledri juga menjadi metode pengobatan ginjal yang sudah kronis. Sehingga dapat mengoptimalkan fungsi ginjal.

Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Seledri

Setiap bagian dari seledri memiliki manfaat dari daun, batang, dan bijinya.  Sebelum mengetahui kegunaan seledri yang lainnya, Anda harus mengenal kandungan nutrisinya lebih dulu. Setiap 100 gramnya memiliki kandungan nutrisi, seperti Vitamin C 11 mg, vitamin B2 0,07 mg, vitamin B1 0,03 mg, seng 0,4 mg, natrium 64 mg, kalium 258,8 mg, dan masih banyak kandungan nutrisi yang lainnya pada daun seledri. Dari kandungan nutrisi inilah muncul khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan. 

Cara Mengolah Seledri dengan Benar

Seledri tidak hanya sayuran yang digunakan untuk bahan pelengkap masakan saja tapi dapat diolah menjadi minuman atau jus yang dapat menjaga kesehatan Anda. Untuk mengolah daun seledri juga cukup mudah bukan. Anda bisa menjadikan jus dan menambahkan es batu juga air lemon. Selain itu Anda dapat mengolahnya menjadi camilan yang sehat. 

Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan seledri atau menumbuknya dengan alat penumbuk sampai halus. Kemudian untuk bahan obat bisa Anda campurkan dengan bahan-bahan lain, seperti madu.

Efek Samping Mengkonsumsi Seledri secara Berlebihan

Meskipun seledri memiliki banyak manfaat, kegunaan, dan khasiat daun seledri tapi jika penggunaannya dilakukan secara Berlebihan, maka akan muncul efek samping bagi tubuh Anda. Inilah beberapa efek samping yang muncul ketika Anda mengkonsumsi seledri secara berlebihan :

  1. Alergi 
  2. Mengganggu pencernaan
  3. Adanya peningkatan kadar garam pada tubuh 
  4. Dapat mengakibatkan iritasi kulit
  5. Terjadinya gangguan pada proses kerja obat lain yang sedang dikonsumsi

Waktu yang Baik untuk Mengkonsumsi Seledri

Pengobatan dengan daun seledri bisa Anda coba tapi tetap perhatikan waktu yang baik untuk Anda mengkonsumsi seledri. Anda bisa mengkonsumsi seledri dengan menyeduh daun seledri dengan air panas di waktu 30 menit sebelum makan. 

Itulah sedikit tentang khasiat daun seledri. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi seledri selain digunakan untuk bahan pelengkap masakan juga untuk pengobatan secara alami. Sebelum itu Anda harus memperhatikan penggunaan seledri agar tidak berlebihan yang mengakibatkan adanya penyakit yang lain.