Motif Batik Kereta Kencana

Motif batik kereta kencana ini menggambarkan kisah kekejaman penjajah jaman dahulu. Kain ini menggambarkan ketika para jenderal keliling pelosok Indramayu untuk mengumpulkan hasil bumi dari rakyat untuk perbekalan Belanda.

5 Makna Dibalik Motif Batik Kereta Kencana Yang Harus Anda Ketahui

Motif batik kereta kencana merupakan warisan dari para leluhur yang diwujudkan melalui sebuah karya seni kain batik. Desain kain ini sangat unik apalagi menjadi simbol kekuasaan, kebijaksanaan hingga kepemimpinan para raja.

Umumnya berwarna gelap dengan perpaduan warna cokelat dan emas. Anda bisa menggunakan kain batik dengan desain ini untuk pakaian maupun kepentingan dalam upacara adat. 

Berikut 5 makna yang terkandung dalam motif batik kereta kencana yang bisa Anda simak:

Batik kereta kencana singobarong

Singobarong merupakan salah satu kereta kencana yang digunakan oleh Sultan Syarif Hidayatullah Cirebon pada masa Abad-12M. Kereta tersebut digunakan oleh sultan saat akan safari dalam mensyiarkan agama Islam di Pulau Jawa. Kereta ini dianggap sebagai kendaraan sakral. Untuk mendapatkan kain ini Anda bisa membelinya pada toko kain batik terbaik, dengan memerhatikan jenis kain dan harga yang ditawarkan. 

Motif ini berasal dari mitologi hewan yang ada di daerah Cirebon. Sehingga banyak masyarakat yang meyakini kekuatan magisnya. Namun kain ini menjadi salah satu benda yang diwariskan hingga saat ini. Meskipun saat ini muncul beragam ornamen singobarong, mengingat perkembangan zaman dan perbedaan pada setiap wilayah. 

Motif batik kereta kencana wadasan 

Kain ini merupakan turunan dari singobarong. Wadasan berasal dari sebutan sebuah batu yakni batu cadas. Kain ini memiliki bentuk yang menyerupai batu karang. Dengan gambar alam seperti ini, bisa dipastikan bahwa wadasan terinspirasi oleh keindahan pantai yang ada pada daerah Cirebon. Apalagi wilayah Cirebon merupakan daerah pesisir. Dengan pola “mega mendung” Anda bisa melihat pada setiap ornamennya.

Umumnya gambar wadasan ditemukan pada setiap batik yang memiliki latar keraton. Apalagi keraton sangat terkait dengan daerah pesisir, sebagai panorama yang indah serta memiliki unsur magis.

Untuk mendapatkan kain batik kereta kencana, Anda bisa mengunjungi toko secara offline maupun online pada marketplace yang tersedia. Pilihlah harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang terbaik. 

batik kereta kencana rajegwesi

Indonesia memiliki beragam kekayaan yang tertuang dalam sebuah desain batik. Semua ornamennya terlukis dengan indah, baik menggambarkan situasi alam maupun masyarakat. Salah satunya pada motif rajegwesi. Artinya sendiri berasal dari kata “wesi” yang berarti besi. Sehingga memiliki makna agar kehidupan manusia selalu aman dan terlindungi dari gangguan luar. Sehingga harus memiliki pengaman yang kokoh. 

Salah satu perwujudan yang kokoh adalah batu karang. Namun yang dimaksud adalah perilaku manusia, seperti: iman dan akidah yang harus istiqomah dalam menghadapi situasi apapun. Hal ini sesuai dengan mayoritas masyarakat Cirebon yang beragama Islam. Untuk itu Anda bisa membeli ini pada toko kain batik murah yang ada pada wilayah Anda. Dengan harga terjangkau, Anda tetap bisa mendapatkan kualitas terbaik.

Batik kereta kencana naga liman

Jika dilihat secara sekilas gambar ini mirip seperti batik kereta kencana singobarong. Namun terdapat sebuah perbedaan. Bahwa naga liman merupakan perpaduan tiga hewan yakni: belalai gajah, kepala naga dan badan buraq. Belalai gajah terletak pada bagian kepala yang memiliki arti mengenai persahabatan antara masyarakat India yang beragama Hindu.

Kemudian untuk kepala naga dilambangkan sebagai bentuk persahabatan dengan masyarakat Cina yang beragama Budha. Sedangkan badan buraq merupakan gambaran filosofis yang diyakini oleh umat Islam sekaligus bentuk persahabatan dengan Mesir. Perpaduan tersebut adalah hal yang kompleks dan sangat filosofis. Oleh karena itu batik kereta kencana sangat wajib untuk Anda miliki sebagai wujud menjaga kelestarian warisan budaya.

Batik kereta kencana naga seba

Motif ini merupakan salah satu ciri khas dari batik Cirebon yang bisa Anda dapatkan. Apalagi ini didasarkan pada mitologi yang terdapat pada cerita yang berkembang di wilayah Keraton Cirebon. Hubungan antara negeri Cina dan Cirebon menjadi dasar dari adanya kain ini. Seperti yang diketahui bahwa naga merupakan simbol dari negara cina. Oleh karena, itu pastikan Anda mendapatkan kain batik jenis ini pada toko kain batik terbaik.

Desain naga seba diwujudkan melalui gambar daun dan wadasan. Sehingga ketiganya menyatu menjadi perpaduan yang indah. Naga seba merupakan perpaduan dari kereta kencana yang ada pada keraton kanoman dan kasepuhan. Harga yang ditawarkan dari motif batik kereta kencana bervariasi, mulai dari harga Rp.40.000 hingga keatas. Hal tersebut tergantung dari material yang digunakan. 

Oleh karena itu, pastikan kain batik yang Anda beli menggunakan material yang terbaik. Mulai dari tekstur dan serat kain hingga rasa nyaman saat digunakan. Umumnya kain batik memiliki dua metode pembuatan, yakni cap dan tulis. Di era modern saat ini banyak produsen batik yang menggunakan metode cap. Mengingat batik tulis memiliki proses pengerjaan yang cukup lama namun memiliki nilai estetika yang tinggi.

Motif Batik Kereta Kencana