Mengenal Batik Modern dengan Segala Keanggunannya

Batik merupakan karya seni nusantara yang sudah ada sejak lama. Terutama pada masa kerajaan Majapahit, lalu semakin berkembang pada masa kerajaan setelahnya.

Pada zaman dahulu, batik menjadi salah satu jenis pakaian yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Bahkan ada beberapa motif yang khusus digunakan oleh keluarga kerajaan, rakyat jelata tidak dapat memakainya.

Batik tradisional tentu saja sangat sarat nilai-nilai budaya, serta menunjukkan ciri khas suatu daerah. Berikut di antaranya seluk beluk dan keunikan batik modern.

Mengenal Batik Modern dan Seluk Beluknya

Hal yang terlintas dalam pikiran kita saat mendengar kata modern adalah mode kekinian maupun tren update. Begitu juga dengan industri pakaian, kita tentu saja mengenal beragam motif batik, serta warna-warna cerah dan atraktif.

Ada beberapa ciri khas batik modern yang membedakannya dengan model tradisional. Misalnya saja dari segi motif, cenderung lebih bebas, baik ragam hias yang berbentuk flora maupun fauna.

Dari segi warna juga bisa menjadi ciri khas sebuah model pakaian. Batik modern memiliki warna yang terang atau cerah, bahkan cenderung colorfull, seperti merah, ungu, biru dan lain-lain.

Berbeda dengan warna jenis pakaian tradisional yang cenderung gelap seperti cokelat. Bahkan menggunakan pewarna alami seperti soga untuk menciptakan karya seni mengagumkan.

Tiga Fakta atau Info Menarik tentang Batik Modern

Batik modern tentu saja dipandang sebagai jenis pakaian yang kekinian dengan motif beraneka ragam. Cocok menemani beragam jenis acara Anda, baik formal maupun nonformal, berikut di antaranya fakta maupun info menarik yang perlu diketahui.

  1. Alat Untuk Membatik Tidak Selalu Menggunakan Peralatan Tradisional

Alat untuk membatik yang khas dan tradisional adalah canting. Pada batik modern, peralatan membatik tidak melulu menggunakan canting, namun bisa dengan kuas.

Secara proses membatik baik tradisional maupun modern hampir sama. Namun, proses pewarnaan serta motif tentu saja tergantung pembatik.

  • Penggunaan Kain sebagai Dasar Membatik Sangat Bervariasi

Jenis kain yang sangat umum digunakan untuk membatik adalah kain mori. Sangat berbeda dengan jenis modern yang terbuat dari bahan kain variatif.

Misalnya saja bahan kain wol, bahan piyama hingga bahan kain poplin, atau kain tenun sangat umum digunakan pada batik modern. Hasil lukisan pada kain pun tidak kalah indah dengan jenis tradisional.

  • Menghindari Penggunaan Motif Abstrak

Motif juga bisa menjadi ciri khas dari batik modern, yakni motif yang dominan natural atau berhubungan dengan alam. Bisa tumbuhan, hewan maupun potret alam.

Motif abstrak tentu saja sangat jarang digunakan pada jenis modern. Bahkan motif abstrak pada umumnya dibuat khusus untuk generasi tertentu, seperti dua puluh lima tahun ke bawah.

Mengenal Batik Bali, Pulau Dewata

Pulau Dewata Bali tentu saja tidak hanya dikenal akan keindahan alam atau destinasi wisatanya. Tapi juga karya seni seperti batik, bahkan memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah, dengan warna cenderung terang atau cerah seperti ungu, biru maupun kuning.

Motif pada kain batik Bali juga sangat khas bahkan melambangkan daerah tertentu. Misalnya saja motif hewan, seperti burung bangau, naga hingga kura-kura.

Bahkan ada motif yang melambangkan budaya daerah seperti Barong. Yakni kesenian khas Bali yang menampilkan makhluk tertentu, seperti makhluk berkaki empat atau dua dengan kepala berupa binatang, yakni singa.

Mengenal Batik Banyumas dan Ciri Khas Motifnya

Batik Banyumas memiliki keunikan motif tertentu, yakni kecenderungan bermotif fauna atau tumbuhan. Berupa tanaman maupun bagian tanaman seperti daun, serta bunga.

Sementara untuk warna, batik Banyumas cenderung berwarna gelap atau tua serta gambar yang lugas atau tegas. Hal tersebut bukan tanpa makna, justru menunjukkan karakter warga Banyumas yang cenderung apa adanya.

Sebagai upaya untuk melestarikan keberadaan karya seni, pemerintah kabupaten Banyumas menerapkan aturan pemakaian batik di lingkungan pemerintah. Upaya tersebut tentu saja memiliki dampak vital untuk melestarikan budaya.

Mengenal Batik Ponorogo yang Kental Akan Nilai Budaya

Kabupaten Ponorogo tidak hanya dikenal dengan kesenian khas seperti reog. Namun juga karya seni seperti pakaian tradisional yang sangat kental akan nilai budaya.

Batik Ponorogo memiliki motif yang sangat khas, yakni cenderung bermotif fauna atau hewan. Seperti singa, burung merak maupun reog, kesenian khas daerah Ponorogo, sebagai upaya untuk melestarikan budaya lokal.

Pewarna pada batik Ponorogo menggunakan bahan alami dan didominasi oleh warna gelap. Warna gelap juga menjadi representasi dari pakaian warok, yang memang berwarna cenderung gelap.

saat ini sudah jarang ditemui proses membatik dengan cara menulis langsung di kain, namun masih ada pengrajin yang tetap mempertahankan kesenian tradisional sebagai bentuk pelestarian budaya.

Mengenal Batik Solo dengan Ciri Khas Warna Gelap

Kota Solo memiliki museum batik yang sangat terkenal di Indonesia, yakni museum Danar Hadi. Sebelum menjadi museum, tempat tersebut adalah sebuah toko yang dibuka pertama kali setelah dua puluh dua tahun Indonesia merdeka.

Anda bisa melihat beragam motif pakaian dari daerah Solo maupun Yogyakarta yang ditampilkan di museum Danar Hadi. Anda juga dapat mengikuti pelatihan atau kursus membatik sehingga menambah khazanah pengetahuan mengenai proses membatik.

Batik Solo memiliki ciri khas berwarna gelap atau coklat dan menggunakan bahan alami seperti Soga. Pewarna alami tersebut yang menjadi ciri khas karya seni daerah Solo.

Jenis batik Solo juga sangat beragam, baik tulis, print maupun cap. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan maupun konsep acara yang akan dihadiri.

Mengenal Sungai Serayu, Sungai Ikonik di Jawa Tengah

Sungai Serayu adalah sungai ikonik di provinsi Jawa Tengah. Sungai tersebut melintasi lima kabupaten di Jawa Tengah, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Banyumas hingga bermuara di Cilacap.

Sungai Serayu memiliki sejarah panjang, konon katanya sungai tersebut sudah ada sejak masa pertempuran Pandawa dan Kurawa. Pada masa itu, Bima salah satu Pandawa melakukan perlombaan untuk membuat sungai dalam rangka melawan Kurawa.

Bima kemudian berhasil membuat sungai. Saat sungai berhasil dibangun, dia juga melihat seorang wanita cantik, yang menjadi asal usul penamaan sungai Serayu.

Sungai Serayu sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar. Keberadaan sungai Serayu juga menjadikan lahan pertanian di sekitarnya tumbuh subur.

Di saat pemerintah membangun sungai buatan untuk mengairi lahan pertanian, sumber air berasal dari sungai Serayu. Hal ini yang membuat lahan pertanian masyarakat tumbuh sangat subur.

Penambang juga banyak melakukan aktivitasnya untuk menambang batu atau pasir di sungai Serayu. Aktivitas tersebut dapat memajukan perekonomian masyarakat.

Sungai Serayu tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi juga sebagai salah satu lokasi wisata arung jeram. Bahkan lomba atau festival arung jeram baik tingkat nasional maupun mancanegara juga pernah diadakan di sungai tersebut.

Sungai Serayu kini sangat ramai dikunjungi, dikarenakan wisatawan dapat melaksanakan kegiatan outbond atau camping di sekitar sungai. Bahkan rumah makan juga banyak muncul di sekitar sungai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lima Batik Modern di Tokopedia.com

Membeli batik secara online, misalnya melalui marketplace Tokopedia tentu saja sangat memudahkan Anda. Anda tidak perlu datang ke toko secara langsung, justru lebih hemat biaya dan tenaga dikarenakan seluruh proses transaksi dilakukan online.

Berikut di antaranya beberapa jenis batik modern di marketplace Tokopedia yang bisa menjadi alternatif pilihan, baik untuk acara formal maupun nonformal.

  1. Odza Classic Kemeja Slimfit Modern Pria

Brand pakaian slimfit modern bagi pria adalah Odza Classic. Kemeja batik tersebut terbuat dari bahan katun, yang memiliki karakteristik kain dapat menyerap keringat.

Bahan kain juga dingin dan tidak membuat pemakainya merasa panas. Pakaian dibuat dengan teknik printing, dengan keunggulan tidak mudah luntur.

Anda bisa mendapatkan pakaian tersebut di Tokopedia dengan harga Rp 349.000 saja. Tersedia beragam ukuran yang dapat dipilih menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda.

  • Perwira Kemeja Pria

Anda bisa mendapatkan batik kemeja Perwira di Tokopedia dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp 135.000. Terbuat dari bahan katun yang sangat nyaman digunakan dan tersedia berbagai ukuran.

  • Blouse Wanita Modern

Bagi seorang wanita, tentu saja penampilan menjadi hal sangat penting. Anda juga bisa mendapatkan pakaian atau blouse batik dengan model sangat anggun dan cantik.

Anda bisa menyiapkan dana sekitar Rp 59.000 saja serta bisa membeli langsung di Tokopedia. Pakaian terbuat dari bahan katun sehingga tidak panas saat dipakai.

  • Baju Kemeja Pria Lengan Panjang

Anda bisa mendapatkan baju kemeja batik dengan lengan panjang dan bahan katun di Bunayyastore di Tokopedia. Tentu saja dengan harga ramah di kantong, yakni Rp 250.000.

  • Atasan Baju atau Dress Tunik

Dress batik tunik tentu saja sangat cocok digunakan baik untuk acara santau maupun resmi. Anda dapat membeli dress tersebut secara online di Tokopedia.

Dress juga terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat. Sehingga Anda akan sangat nyaman menggunakannya dalam waktu lama.

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki keunikan motif serta warna. Bahkan warisan budaya tersebut memiliki ciri khas dan keanggunan tersendiri untuk memikat pemakainya.