Mengenal Batik Bogor dan Fakta Menarik Didalamnya

Siapa sangka bahwa Bogor merupakan salah satu produsen batik paling fenomenal di Nusantara. Salah satu kota di Jawa Barat ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan hasil karya daerahnya menjadi terlihat lebih unik dan eksklusif. 

Bogor merupakan dataran tinggi yang sarat dengan curah hujan. Wilayah ini disebut juga dengan kota hujan. Suasana tenang, teduh dan sejuk adalah ciri khas yang sekaligus menjadi daya tarik wisatawan.

Satu lagi yang menjadi potensi daerah ini yaitu kain Batik. Corak batik di daerah ini terinspirasi dari sisa peninggalan kerajaan Pakuan. Sampai saat ini corak pada kain memiliki arti sejarah.

Sama seperti daerah lain, Batik Bogor dulunya juga digunakan oleh para raja, bangsawan dan orang terpandang. Keunikan dan filosofi batik kota Hujan ini menambah kekayaan budaya khas Nusantara.

Mengenal Karakteristik Batik Khas Bogor

Sisi lain berkaitan dengan budaya Sunda, kota ini memiliki potensi kain batik fenomenal. Coraknya tentu berbeda dengan batik dari Jawa Tengah yang kental nuansa coklat tanah. 

Namun kain batik khas daerah ini merupakan hasil dari peninggalan sejarah dan budaya masa lalu. Dipengaruhi oleh peninggalan sejarah yang dijaga secara turun-temurun hingga kini. 

Masyarakat yang merupakan suku bangsa Sunda memiliki karakteristik khusus. Hal ini tampak pada 3 contoh motif batik yang dimilikinya. Pertama adalah motif khas Kujang Kijang.

Namanya sangat khas mencerminkan bahasa Sunda. Kujang Kijang paling banyak digunakan untuk pakaian formal seperti seragam sekolah, komunitas dan lainnya. Kujang kijang maknanya tanduk kijang. Menjulang tinggi yang mencerminkan cita-cita.

Kijang disebut sebagai simbol kekuatan masyarakat setempat. Kijang memiliki sifat waspada sekaligus agresif pada waktu yang tepat. Mampu berlari kencang pada saat dibutuhkan dan mampu mempertahankan diri menggunakan tanduknya.

3 Fakta Menarik tentang Batik Bogor

Tidak dapat dipungkiri bila selain menyimpan fakta sebagai lokasi tersubur di Jawa Barat, ternyata masih ada hal menarik lainnya disini. Di bawah ini adalah 3 fakta menarik seputar batik khas kota Hujan, antara lain:

  1. Selain kijang, rusa juga kerap dijadikan sebagai inspirasi mengukir motif batik khas kota Hujan. Dimana motif ini termasuk karakteristik dari kota Hujan yang berkaitan dengan alam.
  2. Benar adanya bahwa batik mencerminkan budaya daerah. Motif hujan gerimis melambangkan suasana segar, alam sejuk karena curahan air sepanjang waktu. 
  3. Motif teratai istana khas kota Hujan mengandung filosofi sikap bijaksana dari seorang pemimpin. Inspirasi diambil dari bunga teratai yang tumbuh di istana Negara Bogor. Dimana sifatnya menaungi kehidupan di bawahnya.

3 Motif Khas Batik Bogor

Ada 3 motif batik yang menggambarkan ciri khas dari kota Hujan. Motif pertama, kota hujan memiliki ciri khas motif batik yang sarat dengan alam. Berisi bunga, daun, fenomena alam, dan binatang tentunya.

Motif populer kedua di Bogor adalah hujan gerimis. Sangat mencerminkan ciri khas kota Bogor yaitu kota hujan. Berbagai motif bisa berbeda namun temanya sama yaitu awan dengan titik-titik hujan di bawahnya.

Namun memiliki warna beragam sehingga tetap tampil modern. Motif batik bogor ini cocok dikenakan oleh siapa saja. Warna batik lebih dominan cerah sehingga anak-anak juga bisa mengenakannya. Bisa untuk acara formal maupun semi-formal tanpa mengurangi kesesuaian acara.

Motif batik bogor yang ketiga, tidak kalah fenomenal dan khas kota Hujan adalah teratai istana Negara. Batik ini dari segi tampilannya cukup ceria dengan gambar bunga teratai kecil-kecil pada setiap bidang kain.

Motif kecil-kecil seperti ini sangat pas dipakai untuk Anda dengan ukuran ekstra. Sebab akan menyamarkan bentuk tubuh. Anda akan tampil lebih percaya diri, didukung warna pakaian cerah dan ceria.

3 Toko Batik di Bogor

Mengunjungi kota hujan, Anda tidak boleh melewatkan batik sebagai cinderamata. Tidak sulit menemukan gerai batik di kota ini. Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi gerai Handayani Geulis.

Berlokasi di Bogor Utara, Jawa Barat. Tepatnya di jalan Bogor Baru A3, Tegal Gundil. Jika kesulitan menemukan alamat ini Anda bisa mengunjungi websitenya untuk berbelanja online sehingga lebih praktis.

Rekomendasi kedua untuk Anda adalah gerai Batik Bogor Tradisiku. Gerai cukup fenomenal serta menjadi salah satu pemain lama. Berlokasi di kawasan Jl Jalak, Tanah Sareal ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum.

Menyediakan tiga macam batik yang bisa dibeli berupa motif tulis, kombinasi, dan cap. Anda dapat membelinya dengan harga jual senilai Rp100 ribu sampai dengan Rp8 juta. Toko rekomendasi ketiga yang bisa dicoba yaitu Kampung Batik.

Berlokasi di pusat perbelanjaan di Jl Merdeka kota hujan. Disinilah Anda bisa mendapatkan variasi harga lebih terjangkau. Tersedia batik mulai di bawah Rp 100.000 hingga lebih dari Rp 300.000.

3 Produk Batik Bogor di Tokopedia.com

Ingin lebih praktis? Anda bisa mengunjungi tokopedia.com untuk mendapatkan produk batik kota hujan paling laris. Disini Anda bisa lebih leluasa memilih melalui katalog atau langsung melakukan pencarian seperti di bawah ini:

  1. Tersedia kemeja lengan panjang dengan atau tanpa furing bagi pria. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000. Beda ukuran beda harga meski tidak signifikan.
  2. Bagi wanita tersedia Blouse formal dengan berbagai motif termasuk hujan gerimis. Anda bisa memilih warna dasar Blouse sesuai keinginan. Jangan khawatir mengenai ukuran karena tersedia size chart agar bisa disesuaikan.

Harga Blouse wanita lengan 7/8 dibandrol dengan harga mulai dari di bawah Rp 100.000. Untuk lengan panjang dan moslem series mulai dari Rp 150.000. Pecinta Dress bisa mendapatkan produk impiannya.

  • Sackdress dibandrol dengan harga mulai dari Rp 150.000. Sedangkan dress batik panjang dan moslem series dihargai mulai Rp 200.000. Harga yang cukup terjangkau bagi Anda para pecinta batik Nusantara.

Anda bisa melengkapi koleksi batik dari berbagai penjuru negeri. Jika kebetulan berkunjung ke suatu daerah bisa langsung mendatangi gerai kenamaan. Bisa juga menggunakan fasilitas berbelanja online melalui berbagai platform.

Mengenal Setiap Sisi Kota Bogor

Kota ini memiliki menu kuliner legendaris Soto Mie. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki menu soto, masing-masing memiliki ciri tersendiri. Bogor menyajikan jenis soto dengan isi mie dan daging sapi.

Bogor juga memiliki universitas unggulan yang menjadi tujuan belajar dari seluruh penjuru nusantara. Fokus pada bidang pertanian, IPB sangat representatif bagi kota Bogor. Diakui sebagai salah satu universitas terbaik Indonesia.

Fakta yang cukup unik, dimana pelajar kota ini menempuh kuliah di Jakarta. Sedangkan Bogor sendiri menjadi buruan calon mahasiswa dari semua daerah di Tanah Air untuk bisa masuk ke IPB.

Mengenal Bogor Utara Lebih Jauh

Kawasan ini termasuk salah satu area paling ramai dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Menjadi salah satu bagian kota Bogor yang padat penduduk dengan berbagai petualangan wisata menarik.

Di bagian utara ini Anda bisa mendapatkan referensi kuliner paling hits. Khas masakan sunda akan sangat pas menemani suasana liburan Anda. Selain itu tersedia juga surga belanja berbagai cinderamata.

Fakta menarik bahwa Bogor begitu istimewa, wilayah ini dipercaya sebagai salah satu lokasi berdirinya Istana Presiden Republik Indonesia. Salah satu yang unik adalah adanya fauna yaitu rusa di area istana. 

Mengenal Istana Bogor Lebih Jauh

Fakta sebagai lokasi paling subur di Jawa Barat tidak terelakkan lagi. Dari satu area kebun saja, berbagai jenis tumbuhan bisa ditemui. Bahkan terdapat pohon berusia ratusan tahun disana.

Anda pastinya sudah familiar dengan kota hujan. Setiap weekend jalanan menuju puncak ramai dipadati kendaraan hingga menimbulkan kemacetan. Bukan hanya puncak yang ramai dikunjungi namun juga beberapa daerah lainnya.

Misalnya seperti Istana Bogor. Istana yang berlokasi di Bogor kota ini terbuka bagi masyarakat umum. Meski merupakan kediaman presiden, namun pada weekend masyarakat diijinkan menikmati suasana di lingkungan sekitar istana.

Mengenal Keindahan Kebun Raya Bogor

Kota hujan memiliki taman istimewa yang digunakan sebagai salah satu destinasi wisata alam. Kebun raya Bogor lebih tepatnya. Menjadi salah satu yang paling luas di Indonesia dan digunakan untuk edukasi.

Kebun Raya Bogor memiliki salah satu koleksi bunga langka yang ikonik, Raflesia Arnoldi. Ditemukan pada masa pendudukan Inggris di Indonesia dan masih dijaga kelestariannya hingga saat ini. 

Selain disini ada juga kawasan yang memiliki daya tarik tersendiri di Bogor. Yaitu di Puncak, dimana menyajikan hamparan perkebunan teh yang sejuk dan tenang. Cocok dijadikan sebagai alternatif melepas penat dari hiruk pikuknya kota.