Motif Batik Parang: 10 Variasi

Motif batik Parang merupakan motif batik paling tua di Indonesia. Maksud kata parang sendiri artinya adalah pereng atau lereng. Jadi motif ini digambarkan seperti lereng, berupa garis menurun dari yang tertinggi kepada yang terendah dengan diagonal. 

10 Variasi Motif Batik Parang Yang Cukup Populer

Dalam memahami variasi motif batik Parang, perlu sedikit pengetahuan yang mendalam mengenai batik. Karena kain ini cukup populer di kalangan dunia fashion dan budaya Indonesia.

Untuk itu, perlu diketahui jika ingin melestarikan budaya Indonesia melalui batik maka pahami juga motif-motif batik milik Parang berikut ini:

Batik Parang Motif Merak 

Jenis yang pertama adalah batik Parang motif merak, dimana motif ini cukup menarik bagi penggemar wastra indonesia. Pada umumnya yang memang menggunakan latar Parang paling standar.

Sehingga, motif Parang sesungguhnya dikombinasikan dengan motif burung Merak menjadi sangat cantik dan elegan.

Batik Parang Centong

Jenis kedua adalah batik Parang Cantung. Yaitu, motif yang dibuat seperti gambar sendok nasi atau centong dalam bahasa Jawa. Motif ini memang sudah sangat umum dan sering ditemui, tapi tetap saja bentuknya kelihatan unik. Bahkan, motif ini memiliki makna ‘sudah bisa berdandan’.Detailnya sangat anggun dan feminin, itulah mengapa banyak wanita yang memakainya.

Motif Parang Cantel

Selanjutnya ada juga motif Parang Cantel, merupakan sebuah motif yang terlihat seperti huruf s. hanya saja bentuknya agak kecil dan sedikit ramping. Tapi selain itu, corak batik tersebut juga bisa terlihat seperti huruf yang disusun sejajar dan beruntun. 

Namanya diambil dari kata cumantel yang memiliki makna sangat mendalam, yaitu agar pemakai motif batik ini selalu hanya bergantung pada Tuhan YME dan menjadi orang baik dan bijaksana. Dari kata tersebut disingkat menjadi cantel.

Pemberian motif pada kain tidak hanya murni bentuk ini saja, tapi juga ditambah dengan motif bunga agar lebih indah dan modern.

Batik Parang Kusumo

Ada lagi yang disebut sebagai batik Parang Kusumo, yaitu salah satu desain yang  terlihat sangat sederhana tapi memiliki garis yang sangat tegas. Dimana motifnya juga terlihat seperti bentuk huruf S yang ramping tadi.

Walaupun sederhana, ternyata penggunaan motif ini pada kain batik juga cukup fashionable. Memiliki arti nama Kusumo yaitu bunga, dengan harapan pemakai batik ini bisa selalu harum seperti bunga.

Motif Parang Curigo Mlinjon

Berikutnya masih ada jenis motif Parang Curigo Mlinjon. Dari nama mungkin agak sedikit aneh dan kurang familiar. Sebenarnya motif ini berasal dari perpanjangan motif Curigo sebelumnya. Dimana motif tersebut berbentuk huruf S, dengan tambahan bentuk gambar seperti keris yang menjadi ciri khasnya. 

Terdapat juga pola permata di dalamnya, itulah yang disebut dengan mlinjon. Selain itu, motif ini tersedia dengan banyak warna. Akan sangat elegan untuk dipakai acara pesta.

Motif Parang Sketsa

Motif Parang sketsa termasuk dari sekian banyak batik Parang yang cukup menarik perhatian. Karena, kalau diperhatikan dengan jelas motif batik ini terdapat sebuah kombinasi desain dan motif antara motif klasik atau tradisional dan modern.

Sisi tradisional tercipta dari motifnya yang sudah sangat umum seperti motif biasanya, sedangkan sisi modern terdapat pada tampilannya yang seperti bentuk sketsa gambar. Jenis batik seperti ini biasanya banyak disukai kalangan remaja yang masih kurang memahami seni budaya batik. 

Batik Parang Seling Warna

Selain batik yang sudah disebutkan, ada juga batik parang seling warna. Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa batik ini bermotif seperti warna yang berselang seling antara dua warna. Diketahui bahwa motif ini ternyata merupakan salah satu motif baru. 

Yang membuat unik adalah motif asli khas Parang dibuat menjadi lebih kecil, dikombinasikan dengan motif lain yang lebih dominan. Selain itu, pilihan warna memang lebih cerah dan berselang-seling. 

Batik Parang Bermakna

Batik Parang bermakna mungkin nama batik yang kurang biasa, tapi memang memiliki makna tertentu. Motif ini pun masuk kategori motif baru dibandingkan banyak motif lain yang sudah sangat jadul.

Motif pola bunga dan daun yang membuat batik ini terlihat unik, berbeda dan makin terlihat indah. Mungkin akan lebih cocok dipakai oleh orang-orang yang berani dan bergaya modern.

Motif Parang Tuding

Masih ada juga jenis dari motif batik Parang yang bernama Parang Tuding. Yaitu, sebuah motif batik yang agak sedikit kurang jelas terlihat dari motif khas Parang. Karena, motif huruf S tidak terlihat jelas justru lebih pada bentuk sebuah jari telunjuk. Itulah mengapa disebut Parang Tuding. 

Tipe motif batiknya sendiri tergolong batik tua. Sehingga, mungkin Anda akan berpikir model batik seperti ini hanya cocok untuk orang tua. Tapi ternyata, dengan kreativitasnya maka kawula muda pun sangat serasi dengan batik tersebut.

Parang Rusak Barong

Yang terakhir adalah jenis motif Parang rusak Barong. Kalau sebelumnya ada jenis Parang Barong saja, maka jenis ini merupakan induk dari jenis Parang yang lain.  

Jika memang Anda mengaku sangat menyukai dan mengerti mengenai batik, pastinya Anda mengetahui mengenai variasi motif batik Parang di atas. Namun, jika tidak maka Anda wajib mengetahuinya lebih banyak lagi mengenai kain ini. 

Motif Batik Parang