Ciri Motif Batik Modern di Setiap Wilayah

Dalam pembuatan Batik ada tata aturan baku yang harus diketahui oleh setiap pembuatnya. Dalam motif batik modern dan klasik tersebut mempunyai filosofi serta makna.

Tetapi, berbeda dengan ornamen kekinian saat ini. Tidak menggunakan pola atau aturan khusus. Begitu juga dengan Filosofi serta makna mengapa membuatnya seperti itu. Rasanya tidak perlu karena, sifatnya bebas.

Tidak mengikat satu sama lain, perkembangannya lebih luas. Pilihan terbaiknya, berasal dari perpaduan pola motif batik modern dan warna setiap pengrajin. Tetapi, tetap meniru corak lama misalnya Kawung dipadukan dengan tambahan burung Merak.

Mengenal Motif Batik Modern Lebih Jelas

Pencetus Batik Modern berasal dari para pengusaha yang mampu melihat bagaimana perkembangan penjualannya dipasaran. Sampai saat ini, banyak konsumen mengenakan Pakaian Tradisional ini sebagai seragam kebanggaan dikenakan, untuk berbagai acara.

Mulai kegiatan perusahaan, bertemu dengan petinggi dan pejabat negara. Pesta pernikahan serta masih banyak lagi. Bahkan, beberapa pengusaha juga mengembangkannya untuk kasual dan saat kegiatan santai bersama keluarga.

Dengan tidak memenuhi aturan tersebut, saat ini Anda bisa melihat begitu banyak corak berbagai macam wilayah. Mulai dari Sabang sampai dengan Merauke, menariknya setiap daerah punya ciri khas masing-masing.

Dari ciri khas inilah yang selalu dikembangkan oleh para pengusaha. Menghadirkan berbagai macam pilihan. Karena, motif Batik Modern ini memang bisa dipadu padankan dengan gaya apa saja.

Mau Vintage atau formal bisa membuat Anda terlihat menarik. Tidak hanya untuk pria saja, wanita juga tersedia. Jenisnya, lebih beragam lagi begitu juga dengan warna yang tampak lebih cerah.

CIri Khas Corak dan Motif Batik Modern

Seperti namanya, pengembangan motif modern ini jauh lebih bebas dalam berkreasi. Seperti, menggunakan gambar binatang. Contohnya adalah Burung Cendrawasih khas Papua, digunakan sebagai salah satu inspirasi menariknya, penggambaran sangat nyata.

Selain itu, penggunaan etnik serta simetris. Memang, hewan jadi salah satu inspirasi terbaik untuk memikat hati para konsumennya. Selain itu, ada juga yang menggunakan pagoda atau bentuk bangunan lain.

Salah satu ciri khas utama corak dan motif batik modern adalah menggunakan berbagai inspirasi kekinian. Apa yang mungkin sedang terjadi, atau ikon sebuah daerah. Tetapi, unsur dari tradisional tidak pernah diubah.

Tetap berpola gelap, walau tampak menggunakan warna terang seperti, merah, biru, oranye, atau juga kuning hanya saja seluruhnya terlihat ada tambahan warna hitam. Hal ini ada di hampir seluruh wilayah.

Kalau Anda ingin melihat ciri khas utama dari setiap kota caranya cukup mudah, coba simak serta perhatikan baik-baik. gambarnya bentuknya seperti apa. Misalnya, bentuknya seperti Barong, pasti berasal dari Bali.

Info Menarik Motif Batik Modern

Sebagai identitas dari negara Indonesia, ternyata batik sudah diakui oleh dunia sebagai salah satu warisan UNESCO. Tidak heran banyak tokoh dunia tertarik untuk mengenakannya. hal ini membuat kreativitasan tidak berhenti.

Tidak hanya digunakan sebagai kain untuk bahan baju saja. Tetapi, penggunaannya saat ini lebih fleksibel. Terkadang, digunakan sebagai blangkon atau motif untuk sepatu dan juga sandal sebagai upaya melestarikan budaya.

Dengan begini, semua orang pasti suka mengenakannya. Selain itu, penggunaannya juga sudah menyebar luas untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari masyarakat biasa, sampai perancang kelas dunia, mencoba untuk bereksperimen.

Mengenal Apa Itu Batik Sarimbit

Tidak hanya perancang busana dunia saja, Indonesia juga mengenakannya sebagai inspirasi baju untuk sepasang kekasih. Bisa juga dikenakan untuk satu keluarga kecil atau besar sehingga, terkesan hangat dan sangat menarik.

Jenis yang demikian ini disebut juga dengan nama Batik Sarimbit. Bukan hanya Anda yang sudah punya keluarga saja. Tetapi, mereka sepasang kekasih, atau teman lelaki dan perempuan juga bisa.

Ciri khasnya adalah warna corak keduanya sama. Begitu juga dengan warnanya, hanya satu jadi perbedaan. Untuk lelaki serta perempuan saja. Biasanya, harga cukup tinggi tetapi, sering digunakan ke acara pernikahan.

Mengenal Corak dari Batik Bali

Selain tipe sarimbitan, ada juga Corak Bali. Bukan hanya tradisional saja melainkan, modern juga memilikinya. Memang, untuk penggunaan ornamennya terkesan bebas hanya saja masih mengandung filosofi serta makna didalamnya.

Jadi, merupakan perpaduan antara klasik dan masa kini corak keduanya terbukti sangat disukai oleh semua orang bahkan, sampai ke wisatawan mancanegara selalu senang mengenakannya dan dijadikan sebagai oleh-oleh wajib.

Biasanya, mempunyai ciri khas utama yaitu bentuknya bergelombang. Kemudian, ada banyak hewan hingga ikon khas Bali. Tetapi, masih menyesuaikan aturan selama ini dengan menjaga keseimbangan sehingga, terlihat sangat menarik.

Mengenal Bagaimana Corak Batik Solo

Setelah dari Bali, beralih ke Solo di mana kota ini memang dikenal sebagai tempatnya. Untuk urusan baju tersebut, Kota dengan Julukan The Spirit Van Jawa ini mempunyai banyak sekali ragamnya.

Mulai dari Tradisional sampai dengan modern semua tersedia lengkap. Walaupun, terkesan lebih modern. Namun, untuk pakem pembuatannya tidak luntur begitu saja, teknologi cap membuatnya semakin mudah untuk diproduksi.

Hanya saja, sisi geometris dan makna di balik gambar tersebut tetap dipertahankan sampai saat ini. Tidak heran bila Batik Solo mempunyai corak yang berbeda tetapi, masih diminati walau sedikit kuno.

Mengenal Batik Betawi Seperti Apa

Beberapa dari Anda mungkin baru mendengar tentang Batik Betawi. Sebenarnya, sudah ada sejak lama dan jadi kerajinan khas sejak tahun 19. Untuk corak dan warna, hampir terpengaruh oleh kebudayaan Tiongkok.

Gambar yang dikenakan mempunyai tema pesisir sesuai dengan letaknya. Tetapi, seiring perkembangan zaman, untuk gambar sendiri sudah mengalami perubahan. Banyak pengusaha mulai menggunakan Elang Bondol, ikon khas yang selalu melekat.

Sayangnya, keberadaan burung Elang tersebut mulai punah, untuk melestarikannya dan budaya tersebut tidak luntur. Burung tersebut dijadikan corak dan jadi ciri khas utama sebagai penanda saat Anda membeli.

Mengenal Corak Batik Gunung Ketur

Dari Betawi, langsung terbang ke Jogja yang juga bisa dikatakan sebagai Rumahnya. Banyak kreasi menarik bisa dilihat salah satu perkembangan pesat adalah Motif Gunung Ketur dikembangkan oleh ibu-ibu sekitar.

Merupakan perwujudan serta pengembangan dari Bunga Tanjung. Kreasinya berasal dari perpaduan Purbonegoro dan Gunung ketur itu sendiri. Memang, dalam membuatnya mereka masih menggunakan cara tradisional dengan mbironi hingga mencanting.

Gunung Ketur sendiri merupakan salah satu wilayah yang letaknya ada di daerah Pakualaman di mana, unsur kerajaan masih sangat kental. Motif ini jadi salah satu ciri khas setiap kali berkunjung.

Dalam prosesnya, mereka hanya mampu menghasilkan sekitar satu sampai maksimal 3 kain setiap bulannya. Dalam teknisnya, membuat kain batik dengan ornamen khas seperti ini memang tidak mudah butuh kesabaran.

5 Batik Modern di Tokopedia.com

Kain tradisional ini sendiri sudah luas beredar dipasaran. Tidak hanya offline saja, Anda juga bisa mendapatkannya melalui online. Termasuk Tokopedia yang mempunyai berbagai macam motif menarik dan harga beragam.

Biasanya dalam menentukannya, dilihat juga jenis kain pembuatannya dari apa. Untuk motifnya sendiri juga beragam, ada dari Garut, Solo, Sogan, Jepara, Seri Kepik. sampai dengan parang.

Tidak hanya untuk lelaki saja, wanita juga tersedia bahkan, sarimbitan juga lengkap. Hampir semua motifnya modern, walau beberapa juga tersedia tradisional. Pola warnanya beragam mulai gelap, terang sampai emas.

Batik Modern merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia. Perwujudan serta pengembangan tradisional agar lebih kekinian, tetapi, tidak menghilangkan berbagai unsur pakem. Walau, setiap wilayah punya ciri khasnya sendiri.

Meta Deskripsi

Motif Bati dari berbagai wilayah saat ini sudah mulai berkembang cukup pesat dengan ciri khas yang berbeda, sesuai dengan ikon masing-masing wilayahnya.