Serba-Serbi Batik Omah Laweyan, dari Belanja hingga Membatik

Toko batik omah laweyan merupakan sanggar sekaligus toko batik. Menyediakan koleksi lengkap batik tulis khas Solo kualitas terbaik. Tersedia pula batik khas Solo jenis lainnya, serta produk jadi. Jl. Dr. Rajiman No.549, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148.

Sejak diresmikan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO tahun 2009 silam, masyarakat Indonesia semakin mencintai batik. Dari anak-anak, generasi muda, hingga orang tua bangga mengenakan kain tradisional satu ini.

Kalau membahas tentang batik, Solo mungkin akan terlintas di benakmu. Tidak salah, karena Solo termasuk kota lahirnya beragam motif batik klasik yang menyimpan filosofi tinggi dan masih populer hingga saat ini.

Laweyan adalah salah satu kecamatan di Solo yang dikenal sebagai pusatnya kerajinan batik terbesar dan tertua setelah Kampung Batik Kauman. Jadi, tidak heran kalau disini terdapat banyak toko yang menjual kain tradisional tersebut.

Serba-Serbi Batik Omah Laweyan Solo

Satu diantara sekian banyak toko di Kampung Laweyan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Batik Omah Laweyan. Ini merupakan salah satu toko legendaris yang menjual beragam produk fashion bermotif khas Jawa tersebut.

Agar semakin menambah kamu penasaran, tidak ada salahnya mengetahui beberapa hal menarik seputar toko ini. Berikut ini informasi yang akan saya berikan secara ringkas namun padat.

Koleksi Pakaian Jadi dan Non Jadi

Ketika mengunjungi sebuah toko, tujuan utama dan paling penting pastinya adalah koleksi produknya. Nah, di Omah Laweyan ini kamu bisa menjumpai banyak sekali koleksi lengkap. Terdiri dari pakaian jadi maupun non jadi.

Pakaian jadi yang tersedia di toko tersebut antara lain blouse wanita, tunik, long dress, kebaya, outer, syal, rok, dan beragam jenis produk pakaian lainnya. Selain untuk wanita, disini juga menyediakan pakaian pria.

Kemeja atau hem pria antara lain terdiri dari hem lengan pendek dan lengan panjang. Disini juga menyediakan kain lembaran sehingga nantinya bisa kamu jahit sendiri menjadi berbagai model sesuai kesukaan.

Motif yang tersedia umumnya batik khas Solo. Sementara corak warnanya ada yang coklat kekuningan, coklat tua, hitam, atau warna gelap lainnya. Tetapi tersedia juga motif lain dengan warna-warna lebih cerah.

Kamu bisa menentukan pilihan apakah ingin tampilan elegan dengan batik klasik berwarna gelap. Atau tampil modern dengan corak lebih cerah. Produk batik disini dibanderol dengan range harga ratusan sampai jutaan rupiah.

Membuat Seragam Batik dengan Mudah

Omah Laweyan tidak hanya menyediakan produk jadi maupun kain lembaran untuk konsumennya. Akan tetapi juga membuka kesempatan bagi instansi maupun kelompok manapun untuk membuat seragam.

Untuk membuat seragam batik, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari motif dan corak, jumlah bahan yang dibutuhkan, model, kualitas jahitan, dan tentu saja harganya.

Namun membuat seragam batik saat ini bisa lebih mudah karena kamu bisa menyerahkannya kepada Omah Laweyan. Kamu hanya perlu memilih motif, model, serta menentukan jumlah yang diperlukan.

Ada beragam desain menarik seperti model tunik, blouse, kombinasi dua motif, kombinasi batik dengan kain polos, dan lain sebagainya. Bukan hanya melayani seragam batik, toko ini juga melayani pembuatan seragam selainnya.

Ikuti Workshop Membatik

Ini adalah salah satu kelebihan yang mungkin sulit kamu dapatkan di toko lainnya. Di Omah Laweyan, pengunjung berkesempatan mengikuti workshop atau latihan membatik dengan para pembatik profesional.

Warisan budaya ini merupakan kerajinan bernilai tinggi nan estetik. Pembuatannya tentu saja dibuat tidak secara sembarangan melainkan harus menguasai teknik-teknik tertentu. Nah, tidak ada salahnya mencoba ikut berpartisipasi.

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti workshop tersebut untuk mencoba menghasilkan karya batik tulis dari tangan sendiri. Dengan mengetahui prosesnya, diharapkan peserta semakin menghargai warisan budaya yang tidak ternilai harganya.

Tidak hanya itu, bukan mustahil pula mengembangkan bakat dan potensi dalam membatik. Sehingga suatu hari terlahir pengrajin atau seniman handal yang akan meneruskan warisan ini meskipun di tengah modernisasi zaman.

Gallery Bernuansa Khas Jawa

Omah Laweyan bukan hanya menarik karena produk dan workshop membatiknya, akan tetapi juga bangunan gallery-nya. Disini kamu akan disuguhi nuansa khas tradisional Jawa yang begitu kental.

Ini tampak dari bangunannya yang masih kental dengan arsitektur Jawa tempo dulu luar. Sedangkan area bagian dalamnya tampak lebih modern. Meski begitu, atmosfer tradisional Jawa tetap terasa di dalamnya.

Ini berkat properti dari kayu dengan ornamen ukiran atau bergaya Jawa yang ditata sedemikian rupa di beberapa sudut ruangan. Selain itu, juga terdapat beberapa aksesoris tempo dulu yang menambah keunikannya.

Wisata Belanja yang Recommended

Dengan segala keunikannya, maka tidak berlebihan jika saya merekomendasikan toko ini sebagai destinasi wisata belanja yang lengkap dan memberikan kepuasan tersendiri. Kamu bisa membeli beberapa pakaian sebagai oleh-oleh sebelum pulang.

Bisa juga mengajak serta anggota keluarga atau teman lainnya untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi pengrajin batik sehari dengan mengikuti workshop pelatihan disini.

Batik Omah Laweyan beralamat di Jalan Dr. Radjiman nomor 549 Laweyan, Kota Suarakarta. Lokasinya mudah dijangkau karena strategis dan berada di pusat kota.

Mengunjungi Solo pastinya tidak akan lengkap jika tanpa membawa pulang oleh-oleh. Tidak hanya oleh-oleh barang, kamu juga bisa membawa pulang pengetahuan serta pengalaman membatik di Batik Omah Laweyan.