Batik Soga Laweyan: Tempat Berburu Batik di Solo

Toko batik soga laweyan solo merupakan toko besar yang cukup mewah, dengan aneka jenis koleksi batik khas Solo. Tersedia mulai dari bahan kain batik tulis paling halus sampai aneka jenis produk jadi. Jl. Dr. Rajiman No.472-474, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148.

Solo adalah salah satu kota tujuan wisata yang selalu menarik bagi para pengunjungnya. Kota satu ini memang begitu identik dengan sisi budayanya. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah seperti museum hingga Keraton.

Bicara tentang Solo, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang batik. Ya, kain tradisional satu ini memang menjadi salah satu andalan bagi Kota Solo.

Maka, tidak heran jika wisatawan tidak mau meninggalkan kota ini tanpa membawa batik sebagai oleh-oleh sepulangnya dari liburan. Apakah kamu juga ingin memborong kain warisan budaya ini namun bingung kemana harus membelinya?

Jika ya, maka saat ini kamu sedang membaca artikel yang tepat. Karena saya memiliki rekomendasi tempat belanja kain tersebut paling menarik di Kota Solo, yaitu Batik Soga Laweyan.

Ayo Belanja di Batik Soga Laweyan

Laweyan merupakan salah satu nama kecamatan di Kota Solo atau Surakarta. Wilayah ini memang terkenal sebagai tempat berburu pakaian maupun kain bermotif batik yang klasik dan elegan.

Salah satu tempat paling legendaris untuk berbelanja oleh-oleh kain motif tradisional ini adalah Batik Soga Laweyan. Berikut adalah 5 fakta menarik tentang pusat belanja tersebut yang perlu kamu ketahui.

Asal Usul Nama Soga

Tahukah kamu, Batik Soga Laweyan adalah toko batik paling terkenal dan terbesar di Kota Solo, lho. Jadi, tidak salah kalau kamu memilih toko ini sebagai tujuan untuk memenuhi hasrat belanja.

Sebelum membahas koleksinya, saya ingin memberikan sedikit informasi tentang arti nama Soga yang digunakan oleh toko ini. Soga diambil dari nama sebuah pohon berbunga kuning. Lantas, apa istimewanya pohon Soga?

Batang dari pohon tersebut dapat memberikan warna alami bagi kain. Caranya dengan memotong batangnya sampai berukuran kecil-kecil. Kemudian direbus sampai menghasilkan pewarna alami untuk memberikan warna kuning kecoklatan.

Pewarna alami tersebut membuat kain warisan Nusantara tersebut memiliki warna khas yang klasik elegan. Seiring berkembangnya zaman, kini batik juga dibuat dengan berbagai warna lain, mulai dari tua sampai cerah.

Koleksi di Batik Soga Laweyan

Sudah tidak sabar mengetahui apa saja koleksi yang tersedia di toko ini? Sebagai salah satu toko batik terbesar di Kota Solo, sudah tentu toko ini memiliki koleksi yang begitu lengkap.

Kamu bisa memilih beraneka item. Mulai dari kemeja hem untuk pria, long dress atau gamis wanita, blouse beraneka model, rok, dress, outer, tunik, setelan anak, hingga kain dengan motif cantik dan mewah.

Begitu memasuki bagian dalam toko, kamu akan disuguhi banyak koleksi yang pastinya membuat hasrat belanja kain membuncah. Jadi, jangan lupa siapkan uang untuk memborong batik disini, ya.

Harga koleksi di toko tersebut terbilang beragam, yakni mulai dari 200 ribuan sampai harga jutaan rupiah. Harga tentunya sebanding dengan kualitas bahan maupun motif dan coraknya.

Pilihan Motif Cantik dan Klasik

Bukan hanya koleksinya yang beragam, motif batiknya juga ada banyak pilihan, lho. kamu harus tahu bahwa motif kain batik sangat banyak ragamnya. Solo juga memiliki motif-motif khas. Motif yang tersedia yaitu:

  1. Motif Kawung

Pecinta kain tradisional ini pasti sudah tidak asing dengan motif kawung. Kawung ditandai dengan motif berupa bulatan-bulatan kecil yang tertata secara geometris sehingga menghasilkan keindahan tersendiri.

  • Motif Parang Kusumo

Parang Kusumo juga merupakan salah satu motif klasik dengan warna-warna coklat tua, putih, coklat kekuningan, hingga perpaduan hitam. Ini adalah motif khas Keraton Surakarta yang dulunya dipakai para bangsawan.

  • Motif Truntum

Ini adalah motif yang tampak seperti kerlap-kerlip bintang. Ukurannya kecil-kecil dan begitu cantik serta manis. Ini juga salah satu motif khas Surakarta.

Keunikan Bangunan yang Instragramable

Kalau datang ke toko ini, kamu tidak hanya bisa berbelanja beraneka ragam batik klasik dan elegan. Selain produknya, toko ini juga memiliki bangunan yang tidak kalah menarik.

Sebelum memasuki toko, kamu akan disambut eksterior bergaya Jawa tradisional dengan motif batik di area depan toko. Selain itu, replika orang berpakaian Jawa juga menyambut di area pintu.

Di bagian luar lainnya, terdapat tokoh punakawan dan replika becak yang memungkinkan kamu menjadikannya sebagai latar belakang foto. Memasuki bagian dalam, kamu akan disuguhi interior khas Jawa di tiap sudutnya.

Selain itu, pastinya tempat ini menawarkan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung sehingga kamu betah berlama-lama memilih produk terbaik. Tempat parkirnya juga luas, lho.

Alamat Batik Soga Laweyan

Sudah tidak sabar ingin segera memborong batik? Langsung saja datang ke Jalan Dr. Rajiman 472 – 474 Laweyan, Surakarta. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota.

Toko ini tidak jauh dari Kampung Batik Laweyan serta Solo Paragon Mall. Kamu bisa menemukannya secara mudah dengan bantuan aplikasi Maps.

Ketika memasuki toko ini, mungkin kamu akan kebingungan memilih mana yang paling cocok untuk dibawa pulang. Jadi, bersiaplah mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli koleksi batik terbaru!