5 Tahapan Tes Pramugari Kereta Api dan Tugasnya

Profesi sebagai pramugari kereta api memberikan kesempatan jenjang karir yang baik. Tidak heran profesi ini semakin banyak diminati oleh orang. Hal ini dikarenakan menjadi pramugari bisa wisata sambal bekerja, mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat. 

Untuk menjadi pramugari dan pramugara, anda harus mengetahui syarat dan prosesnya. Mulai dari mencari lowongan pekerjaan dan mendaftar langsung di situs resmi PT. Kereta Api Indonesia. 

Pastikan syarat sudah terpenuhi dan tahu tahapan tes pramugari kereta api. Tes pramugari kereta api juga tidak bisa dikatakan mudah, anda harus benar-benar menyiapkan diri untuk ini. 

Syarat-syarat yang wajib dipenuhi 

Hampir sama dengan melamar profesi lainnya, syarat yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Semua syarat wajib dipenuhi karena sebagai pertimbangan apakah anda layak bekerja di PT. KAI. Berikut syarat-syaratnya: 

  1. Pria/Wanita dengan usia maksimal 27 tahun.
  2. Berpenampilan menarik, tidak menggunakan kacamata dan behel.
  3. Tinggi badan pria minimal 170 cm dan Wanita minimal adalah 160 cm. 
  4. Pendidikan minimal SMA/SMK. 
  5. Berperilaku baik. 
  6. Belum menikah 
  7. Lancar berbahasa asing 
  8. Surat lamaran kerja
  9. Curriculum Vitae atau resume
  10. KTP 
  11. Ijazah Pendidikan terakhir 
  12. Melengkapi surat keterangan sehat dari rumah sakit/klinik/puskesmas
  13. Melengkapi SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian. 

Berapakah biaya pendaftaran pramugari? 

Untuk pendaftaran atau pelamaran profesi pramugari dan pramugara, PT KAI tidak pernah membebankan biaya pendaftaran. Jadi, gratis. Namun, bagi anda yang ingin mendaftar pramugari kereta api, anda harus melewati proses Pendidikan sekolah pramugari. 

Biaya sekolah ini terbilang tidak murah, biasanya membutuhkan sekitar Rp. 15 juta paling rendah dan tingginya bisa sampai Rp. 45 juta dengan masa Pendidikan selama 1 sampai 4 bulan. 

Cara mendaftar pramugari kereta api melalui website

Apabila anda sudah menyiapkan segala berkas dan syaratnya, anda sudah bisa melanjutkan ke proses pendaftaran. Cara daftarnya langsung mengunjungi website resmi dari KAI. Berikut tahapan pendaftarannya: 

  1. Kunjungi website resmi dari PT. KAI, recruitment.kai.id 
  2. Klik registrasi 
  3. Lengkapi semua kolom registrasi seperti mengisi Identitas diri. Buatlah username dan password
  4. Cek Email untuk melakukan verifikasi akun 
  5. Klik link yang sudah dikirimkan ke Email
  6. Kembali log in ke akun rekrutmen menggunakan username dan password yang sudah dibuat.
  7. Lengkapi semua formulir identitas diri. Pastikan sudah mengisinya dengan benar. 
  8. Mengupload foto diri dengan maksimal 2 MB. 
  9. Isi data Pendidikan terakhir 
  10. Upload semua dokumen yang diminta dan klik save. 
  11. Cari menu lowongan dan pilih recruitment.
  12. Cara apply lowongan. Anda harus membaca semua informasi dengan teliti mulai dari kriteria, jenis pekerjaan hingga tes pramugari kereta api. Jika sudah menemukan yang sesuai, anda bisa melakukan proses pelamaran kerja. 

Tahapan tes pramugari kereta api

Tahapan tes pramugari kereta api harus dilalui sebanyak 5 tahapan yaitu: 

Tahapan pertama : seleksi administrasi 

Pada tahapan ini, anda akan diminta melengkapi semua syarat dan dokumen yang tertera untuk profesi tersebut. 

Tahapan kedua : seleksi Kesehatan awal 

Meskipun sudah melengkapi surat Kesehatan, anda juga akan tetap melakukan seluruh tes Kesehatan fisik mulai dari tinggi badan hingga buta warna. 

Tahapan ketiga : seleksi psikologi 

Tes pramugari kereta api juga melewati tes psikologi. Jika sudah lolos pada tes administrasi dan Kesehatan awal, anda akan melakukan tes psikologi. 

Tahap keempat : seleksi Kesehatan akhir 

Kemudian tes selanjutnya juga akan diminta untuk melakukan tes Kesehatan akhir dimana anda akan diperiksa lebih dalam dengan pengambilan urin dan rontgen. 

Tahapan kelima : seleksi wawancara 

Tahapan tes pramugari kereta api yang terakhir adalah seleksi wawancara. Anda harus membawa dokumen seperti ijazah, KTP dan CV. 

Apa keuntungan menjadi pramugari kereta api? 

Jika anda sudah menyelesaikan tahapan tes pramugari kereta api, anda bisa mulai bekerja. Apakah keuntungan menjadi pramugari? Pada dasarnya anda akan mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda juga bisa berwisata ke beberapa daerah yang ada di Indonesia. 

Keuntungan lainnya, anda akan lebih tahu cara mengatasi berbagai masalah seperti evakuasi penumpang dalam keadaan darurat. Di samping itu, anda akan lebih terlihat profesional dan sempurna. 

Anda juga akan lebih paham karakter orang lain karena seringnya bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang berbeda. Belum lagi bisa memiliki pengalaman untuk tampil sempurna dengan make up. 

Gaji, tunjangan pramugari dan pramugara kereta api 

Profesi pramugari kereta api dibagi menjadi dua tingkatan yaitu senior dan junior. Gaji senior dan junior juga jauh berbeda. Pramugari dan pramugara akan mendapat gaji pokok serta tunjangan-tunjangan lainnya. 

Perbedaan senior dan junior dapat dilihat dari pengalam kerja, kinerja, professional, dan juga jam terbangnya. 

Tugas pramugari kereta api 

Gaji akan berbanding lurus dengan tugas-tugas yang dilakukannya di perusahaan tersebut. Seorang pramugari akan memiliki beberapa tugas yang cukup berat.  Tugas pramugari adalah: 

  1. Melakukan pengawasan boarding penumpang
  2. Melakukan penjualan makanan dan minuman 
  3. Melaksanakan layanan pendukung untuk meningkatkan kenyamanan penumpang di kelas eksekutif.
  4. Menjaga kebersihan kereta terutama saat makan 

Itulah pembahasan terkait pendaftaran hingga keuntungan menjadi pramugari kereta api. Saat ini, PT. KAI sudah meningkatkan kesejahteraan karyawan dan banyak orang memilih menggunakan moda transportasi ini dibandingkan lainnya. Cita perusahaan semakin baik, sehingga karir pekerja juga akan semakin meningkat.