Tas dari Kain Perca, Cantik dan Unik

Tas dari kain perca ialah tas berbahan kain perca, yakni potongan kain sisa-sisa dari pembuatan pakaian di suatu konveksi baju biasanya, jadi jumlahnya cukup banyak. Bisa juga dapatkan kain perca dari beberapa  penjahit rumahan. Meskipun merupakan bahan sisa dari hasil pembuatan pakaian, namun kain perca tersebut masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam produk unik dan cantik.

Aneka Jenis Tas dari Kain Perca

Aneka kreasi tas dari kain perca bisa berupa tas kosmetik dalam ukuran kecil hingga sedang, atau tas tangan dan tas jinjing, tas tote atau tas belanjaan, tas selempang, tas pinggang, juga bisa berupa tas ransel anak dan lain sebagainya. Cukup fleksibel dan beragam pemakaian bahan kain perca ini, bahkan bisa juga dibuat untuk selimut dan kemeja unik.

Keunggulan Tas Kain Perca

Berikut ini beberapa keunggulannya.

Tampilan yang Unik dan Cantik

Beraneka kain warna warni, baik itu kain polos maupun bermotif dalam campuran aneka jenis corak motif bisa disatukan hingga membuat tampilan tas menjadi unik dan cantik. Tak harus satu warna atau satu corak motif. Meski saling bertabrakan corak motifnya, seperti menggabungkan motif garis-garis dengan motif corak polkadot bulat-bulat dan motif bunga-bunga atau batik dan corak motif lainnya justru akan seru dan akan semakin cantik dan unik tampilan hasil akhirnya.

Produk yang Eksklusif

Tas dari kain perca juga eksklusif karena hasilnya pasti berbeda satu sama lain. Masing-masing tas kain perca bisa berbeda-beda tampilannya, tak ada yang sama persis. Perbedaan tersebut bisa dalam variasi warna, motif maupun ukuran potongan kain percanya. Bahannya berupa kain sisa jadi disesuaikan dengan kain yang tersedia, dengan begitu maka variasi tampilannya sangat beragam, dan eksklusif. Satu tas dengan tas yang lain akan berbeda tampilannya, tak akan ada yang sama persis.

Memanfaatkan Bahan Sisa

Ide dasar pembuatan tas kain perca ini ialah guna memanfaatkan bahan kain sisa. Jadi bisa hemat. Meski kini ada juga yang sengaja membeli kain khusus dalam aneka motif corak dan warna untuk membuat tas kain perca.

Lembut dan Aman Bagi Anak-anak

Hal ini karena bahan dasarnya yang berupa kain, yang bisa juga dikombinasikan dengan bahan busa pada bagian dalamnya. Sehingga membuat tas kain perca ini lembut dan tidak kaku dan juga tidak kasar, jadi sangat aman bagi anak-anak.

Cara Buat yang Mudah

Cara pembuatannya juga mudah, namun perlu diperhatikan dan dijaga presisi dan kerapian serta kekuatan jahitannya, agar bisa menghasilkan tas kain perca yang berkualitas tinggi. Tas kain perca yang cantik dan kuat, awet tidak mudah rusak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Cara pembuatannya cukup mudah, dan bisa ditambahkan variasi pita atau juga renda sehingga bisa tampil lebih feminin dan makin cantik, dengan kesan vintage yang lebih menonjol.

Bahan dan Peralatan

Berikut ini ialah beberapa bahan yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

Beberapa lembar kain perca nya, motifnya bebas baik dalam warna maupun motif coraknya, bisa juga kain polos.

Pola potongan kain perca dari kertas. Dalam hal ini bisa kotak persegi, atau bulat atau bentuk segilima atau segitiga. Ukuran besar kecilnya juga bebas. Bisa juga dibuat pola dalam bentuk dan ukuran yang berbeda guna menciptakan variasi tampilan akhor tas kain perca.

  • Gambar pola bentuk tas nya.
  • Kain katun dan flanel atau kain dan bahan lainnya jika diperlukan, sebagai lapisan dalamannya atau untuk membuat base tas nya, dan untuk variasi. 
  • Busa tipis guna pelapis dalaman tas, agar bisa lebih tebal dan lebih kuat serta empuk tas kain percanya.
  • Kapas juga bisa digunakan sebagai pengganti busa, guna menjadi isiannya.
  • Benang Jahit yang warnanya sesuai selera dan kebutuhan
  • Alat ukur, seperti meteran jahit dan penggaris.
  • Gunting Kain
  • Benang sulam jika diperlukan untuk membuat hiasannya.
  • Pita atau renda atau kancing sebagai aksesoris tas jika diperlukan
  • Pengait ring atau rantai tas dan resleting guna pelengkap tas nya, sesuaikan dengan model desain tas nya.

Cara Pembuatan 

Berikut ini langkah cara pembuatannya.

  • Buat dulu pola base tas nya.
  • Lalu tentukan bahannya, bisa dari kain-kain perca langsung dan seluruhnya atau dari bahan lain seperti katun atau jeans atau bahan lainnya, dengan kain perca sebagai aksen hiasannya. 
  • Ukur dan potong kain perca sesuai pola dan ukuran yang diperlukan.
  • Lalu gunting kain perca sesuai pola dengan lebihan sekitar 2 cm.
  • Kemudian jahit dan satukan kain-kain perca tersebut, baik menjadi lembaran sambungan kain perca maupun langsung dalam bentuk tasnya.
  • Jahit base dasar bentuk model desain tasnya, dari bahan sesuai rencana, berikut dengan busa pelapisnya dan kain pelapis bagian dalamannya. Kemudian nanti satukan dengan bagian kain percanya, jika bahan dasar tas ialah dari bahan lain selain sambungan kain perca.
  • Kemudian pasangkan resleting atau pelengkap dan aksesoris tasnya.
  • Satukan dengan tali tas atau gantungan tasnya sesuai desain modelnya.
  • Tambahkan aksesoris jika perlu.
  • Langkah-langkah ini juga sama untuk cara membuat tas dari kain perca batik.