Kenali 10+ Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Daun sirih biasanya dikenal karena memiliki manfaat untuk area kewanitaan. Namun ternyata, daun sirih juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Dikarenakan daun sirih yang mudah untuk kamu temui dan jumpai, kamu bisa menjadikan daun sirih sebagai alternatif untuk kesehatan kulit wajah. Berikut ulasan Manfaat Daun Sirih untuk Wajah.

Mencerahkan Wajah Kusam

Memiliki wajah yang cerah dan juga bersih tentunya menjadi idaman banyak orang. Selain kamu menggunakan skincare, ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Caranya pun cukup mudah. Gunakan air rebusan daun sirih sebagai pembersih wajah. Lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur. Niscaya kamu pasti bisa mendapatkan kulit yang cerah.

Mengurangi Peradangan Jerawat

Manfaat daun sirih untuk wajah jerawat ialah mengurangi peradangan pada jerawat. Kandungan daun sirih terdapat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada jerawat. Minyak esensial yang ada pada daun sirih juga membantu memberikan rasa cooling atau memberikan sensasi menenangkan pada jerawat.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cuci bersih daun sirihnya. Kemudian, rebus daun sirih sampai layu. Jika sudah layu, diangkat kemudian didinginkan beberapa saat. Setelah itu, kamu dapat menggunakan daun tersebut pada wajah sebagai masker. 

Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat seringkali susah untuk dihilangkan. Terlebih lagi noda yang ditinggalkan menghitam dan sangat terlihat. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penampilan wajah. Manfaat daun sirih untuk wajah juga bisa untuk memudarkan bekas jerawat. Cara yang perlu kamu lakukan, rebus daun sirih. Diamkan beberapa saat sampai air mendingin. Setelah itu, gunakan handuk untuk mengompres pada bekas jerawat.

Mengeringkan Luka Jerawat 

Beberapa penelitian telah mengemukakan, jika daun sirih bermanfaat untuk penyembuhan luka ringan pada wajah. Kandungan senyawanya membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Contohnya, seperti yang diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Kamu dapat menggunakan daun sirih merah, karena manfaat daun sirih merah di dalamnya terdapat kandungan, seperti alkaloid, minyak atsiri, pollifenol, saponin, dan flavonoid, yang memiliki fungsi untuk antibakteri. Kandungan saponin sendiri berfungsi untuk antiseptik yang mendorong cepat proses pada penyembuhan pada luka, sehingga mencegah untuk terjadinya infeksi.

Cara penggunan daun sirih untuk luka, yakni haluskan daun sirih yang telah dicuci bersih. Setelah itu, oleskan pada luka. Kamu bisa mendiamkannya kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci luka hingga bersih. 

Membersihkan Kotoran dan Debu di Wajah

Bagi kamu yang sering memiliki aktivitas diluar ruangan atau menggunakan kosmetik, pastinya seringkali mengalami kesulitan dalam membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Jika, tidak dibersihkan secara benar, maka bisa menimbulkan jerawat. Tentu hal itu tidak kamu inginkan bukan? Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti daun sirih untuk mengangkat kotoran dan debu pada wajah. 

Cara memakainya pun sangat mudah. Kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih sebagai pencuci wajah. Gunakan setiap pagi hari atau malam hari. Sebagai tambahan tetap gunakan face wash agar semakin tambah bersih.

Memudarkan Flek Hitam

Flek hitam biasanya disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari atau penggunaan kosmetik yang memiliki kandungan keras. Manfaat daun sirih untuk wajah ternyata bisa untuk memudarkan flek hitam. Caranya,  rebus daun sirih. Diamkan beberapa saat sampai air mendingin. Setelah itu, gunakan handuk untuk mengompres pada bekas jerawat. 

Mengatasi Kulit Berminyak

Tinggal Di Indonesia dengan kondisi cuaca yang terkadang panas, tentunya menjadi kesulitan bagi para pemilik kulit berminyak. Wajah berminyak membuat kulit terlihat kusam, bahkan dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Manfaat daun sirih juga bisa untuk mengatasi kulit berminyak. Kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih yang kamu gunakan untuk mencuci wajah sebelum tidur.

Mengurangi Penumpukan Air di Bawah Kulit

Wajah bisa saja mengalami pembengkakan akibat terjadinya penumpukan air di bawah kulit. Hal ini biasanya karena mengonsumsi garam secara berlebihan, makanan tidak sehat, dan juga alkohol. Daun sirih memiliki kandungan yang bersifat diurektik, yakni dapat mengatasi cairan yang menumpuk secara berlebih.

Kamu dapat mengonsumsi daun sirih dengan cara, menumbukkan daun sirih. Setelah itu, peraslah airnya, yang kemudian dicampur air hangat. Kamu dapat meminum ini secara rutin. Selain bermanfaat untuk penumpukan air di kulit, daun sirih juga dapat melancarkan kemih.

Mengatasi Rasa Gatal dan Alergi Di Kulit Wajah

Alergi seringkali menyebabkan sensasi gatal. Tidak jarang, wajah juga terkena efek samping dari alergi. Karena daun sirih memiliki kandungan yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi rasa gatalnya. Caranya dengan menumbuk daun sirih dan campur dengan parutan kunyit. Setelah itu dioles pada bagian yang gatal.

 Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Penyebab pori-pori wajah membesar biasanya dikarenakan penumpukan kotoran pada pori-pori. Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk membersihkan kotoran pada pori-pori wajah. Caranya bisa dengan steam yang airnya telah dicampurkan daun sirih.

Itulah 10 manfaat daun sirih untuk wajah. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kamu ya. Pastikan sebelum menggunakan khasiat daun sirih, untuk mengecek kulit kamu, agar tidak timbul alergi.