Ini Dia 8 Manfaat Daun Cerry di Dunia Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun sekarang sudah banyak tersedia obat-obatan modern, tetapi tidak ada salahnya jika kita juga menggunakan obat-obatan tradisional sebagai pelengkap. Salah satunya adalah daun cerry atau yang lebih dikenal sebagai daun kersen. Daun yang memiliki banyak manfaat di dalam dunia kesehatan tersebut dikenal mengandung antioksidan sehingga baik untuk tubuh. Bukan hanya itu saja, manfaat daun cerry lainnya juga dapat Anda ketahui dengan memperhatikan ulasan berikut.

Mengobati Batuk

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu kandungan yang ada di dalam daun cerry adalah anti peradangan. Hal tersebut membuat tenggorokan gatal akibat sakit batuk dapat diatasi. Bahkan, efek lain dari batuk seperti sakit tenggorokan dan kurang nyaman saat menelan makanan, dapat diatasi dengan mengonsumsi daun cerry maupun ekstraknya. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi daun cerry atau ekstrak dari daun cerry, Anda juga dapat sembuh dari radang tenggorokan yang tidak kalah mengganggu.

Obat Asam Urat

Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk, daun cerry ternyata juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat asam urat. Pasalnya, di dalam daun cerry atau daun kersen itu sendiri mengandung senyawa flavonoid sehingga dapat menurunkan kadar asam di dalam tubuh. Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri yakni dengan menghambat enzim jenis xantin oksidase.

Nah, selain dapat mengobati asam uratnya, kandungan yang ada di dalam daun cerry juga dapat mengurangi nyeri yang umumnya dirasakan oleh kebanyakan penderita asam urat. Sebab, daun jenis ini juga mengandung anti peradangan seperti yang sudah disinggung sebelumnya. 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Keunggulan daun cerry selanjutnya adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Tentu keunggulan satu ini menjadi salah satu aspek yang di cari-cari oleh banyak orang terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Pertanyaannya adalah, kenapa daun cerry dapat dikatakan sebagai tanaman herbal yang bisa menjaga daya tahan tubuh?

Hal tersebut dikarenakan daun cerry ternyata juga mengandung vitamin dan juga antioksidan sehingga baik untuk kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa manfaat tersebut bisa Anda peroleh ketika Anda mengnsumsinya secara rutin. Bahkan, sangat direkmendasikan untuk diseimbangkan dengan pola makan sehat dan juga jangan sampai melupakan olahraga rutin.

Mengobati Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan menjadi salah satu keresahan yang banyak menghambat aktivitas seseorang. Pasalnya, kita tidak akan bisa fokus dengan kegiatan yang sedang atau yang akan kita jalankan ketika sedang mengalami masalah pencernaan. Itu sebabnya harus segera diatasi supaya lekas membaik dan sembuh. 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengonsumsi daun cerry. Kenapa harus daun cerry, sebab perlu Anda ketahui juga bahwa di dalam daun cerry juga mengandung sifat antibakteri yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Bukan hanya itu saja, manfaat daun cerry yang dikenal sebagai obat masalah pencernaan ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid, dan senyawa penting lainnya. Jadi, tentu tidak heran jika banyak orang memilih daun cerry sebagai solusi dari masalah pencernaan mereka.

Mengatasi Masalah Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi salah satu masalah yang harus segera diselesaikan. Hal tersebut dikarenakan penyakit satu ini cukup mengganggu dan meresahkan. Itu sebabnya Anda harus mencoba daun cerry sebagai solusi dari sakit kepala supaya lekas sembuh. Sebab, di dalam daun cerry terdapat antispasmodik hingga antiseptic yang dapat meredakan sakit kepala hingga mengatasi masuk angin dan gejala pilek.

Mampu Mengontrol Gula Darah

Selain beberapa manfaat yang cukup mengesankan di atas, Anda juga perlu tahu bahwa daun cerry memiliki keunggulan lain di bidang kesehatan. Yakni dapat mengontrol gula darah. Penyebab utama dari gula darah yang dapat dikontrol dengan daun cerry adalah akibat zat-zat yang ada di dalamnya. Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk Anda mengonsumsi ekstrak daun cerry secara rutin supaya gula darah dapat berangsur-angsur kembali normal.

Mengontrol Kolesterol

Selain dipercaya dapat mengontrol gula darah, daun cerry juga dipercaya dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang. Khasiat daun cerry satu ini tentu tidak kalah penting dengan khasiat yang sudah disebutkan sebelumnya. Itu sebabnya Anda harus mengonsumsi ekstrak daun yang mengandung flavonoid dan saponin satu ini. Dengan demikian, Anda dapat mengatasi kolesterol tinggi dan mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan tanin dan beberapa senyawa penting lainnya membuat daun cerry juga dapat dijadikan sebagai pencegah penyakit kanker. Bahkan, dipercaya pula dapat menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker akibat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. 

Itulah beberapa manfaat daun cerry yang wajib Anda ketahui untuk menambah wawasan dan dijadikan sebagai referensi guna keberlangsungan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.