Yield Obligasi Adalah Bagian Dari Komponen Obligasi, Simak Penjelasannya!

Dalam dunia investasi tidaklah asing dengan istilah yield obligasi, dua istilah yield dan obligasi memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Adapun yield ini adalah bagian dari komponen obligasi, selain yield ada istilah kupon juga yang merupakan bagian penting dari obligasi. Seseorang investor harus memperhatikan yield dan kupon untuk menentukan apakah suatu obligasi layak dibeli.

Istilah – istilah di atas akan sangat familiar didengar saat memulai sebuah investasi. Para investor harus memahami dan mengetahui untuk mempermudah dalam menjalankan investasi. Simak uraian berikut ini untuk lebih jelasnya:

Apa Itu Yield Obligasi

Adapun untuk mempermudah dalam memahami yield obligasi perlu diketahui yield itu apa, yield bisa diartikan sebagai sebuah keuntungan atau hasil yang diperoleh seorang investor. Dalam sebuah obligasi yield ini nantinya berguna untuk memberi ukuran sesuai dengan suku bunga, tidak pada selisih harga. Sehingga investasi menggunakan sistem obligasi maka harus diperhatikan yield dan kupon.

Sehingga yield obligasi memiliki arti jumlah keuntungan obligasi yang nantinya akan digunakan dalam sebuah investasi. Secara sederhana bisa dibilang yield imbalan hasil dalam sebuah investasi obligasi. Sehingga yield ini nantinya menentukan harga final obligasi.

Hal – Hal Yang Mempengaruhi Yield

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi yield diantaranya harga obligasi itu sendiri, yang berarti naik atau turunnya harga obligasi juga berpengaruh terhadap harga yield. Sedangkan faktor yang mempengaruhi yield yang berdampak pada harganya diantaranya nilai rupiah, hasil obligasi pemerintah bermasa 10 tahun.

1. Harga

Apabila telah memahami uraian diatas maka dapat diketahui bahwa yield dan harga obligasi ini memiliki sifat berbanding terbalik. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan perubahan harga, dengan terjadinya perubahan harga maka akan mempengaruhi besaran yield dalam tahunan.

Bisa ditarik pemahaman apabila seorang investor membeli sebuah obligasi maka dianjurkan saat harga lebih rendah dari kupon. Sedangkan saat harga yield normal maka harga yield lebih rendah dari harga kupon. Begitulah secara sederhana hubungan harga dengan yield yang bisa dipahami.

2. Nilai Rupiah

Adapun mengenai nilai rupiah yang berpengaruh terhadap yield berdasar pada hal tersebut akan diuntungkan, karena semakin menguat rupiah maka yield juga akan semakin tinggi harganya. Membeli obligasi pada saat nilai rupiah turun jelas akan mempengaruhi nilai harga dari obligasi tersebut. Sehingga perlu diperhatikan poin kedua ini.

Selain nilai rupiah maka obligasi ini juga dipengaruhi oleh suku bunga, untuk suku bunga bisa tinggi atau malah rendah. Suku bunga ini nantinya berfungsi untuk menghitung yield. Adapun dengan mengetahui suku bunga yield maka akan mudah menghitung keuntungan yang didapat saat investasi.

3. Hasil Obligasi Pemerintah

Adapun untuk hasil obligasi pemerintah rentang 10 tahun dengan catatan mengalami penurunan maka yield obligasi akan mengalami keuntungan. Yield akan memiliki sifat berbanding terbalik. Cara mudah mengetahui apakah yield ini turun atau naik bisa dilihat lewat kondisi pasar investasi.

Sebuah pasar obligasi akan mengindikasikan mengalami keuntungan apabila yield pemerintah turun. Penurunan harga ini memberikan tanda bahwa yield memiliki harga tinggi. Sehingga yield ini banyak diminati dan banyak permintaan.

Cara Menghitung Yield

Mudah sekali sebenarnya dalam menghitung yield, dikarenakan yield ini dipengaruhi oleh suku bunga atau kupon. Caranya bisa dengan menggunakan rumus yakni membagi nilai kupon dengan harga obligasi. Hal tersebut karena harga disamakan atau disetarakan dengan harga kupon saat pembelian perdana.

Cukup mudah bukan untuk menghitung yield dalam sebuah obligasi. Tidak perlu bingung dan repot untuk menghitung berapa keuntungan yang diperoleh nantinya. Sehingga dalam investasi sebuah obligasi mempunyai pemahaman serta edukasi yang mencukupi.

Demikian uraian terkait dengan yield obligasi yang bisa dipahami bagi yang membutuhkan informasi tersebut. Semoga bisa memberikan sedikit pemahaman bagi yang mengalami kebingungan dalam hal yield. Maupun bagi para pemula yang ingin belajar terkait yield dalam dunia investasi yang dikerjakan.