5 Universitas Yang Ada di Yogyakarta: yang Cocok jadi Incaran Calon Mahasiswa Baru

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya di Indonesia. Dengan segala ciri khas dan daya tariknya, banyak universitas yang ada di Yogyakarta yang menjadi incaran para calon mahasiswa baru. Ternyata bukan hanya UGM loh yang termasuk universitas dengan akreditas yang baik, ada universitas lain yang tidak kalah bagus yang bisa kamu gunakan sebagai tempat melanjutkan studi. Bagi kamu yang penasaran dan ingin kuliah di Yogyakarta, berikut beberapa universitas yang ada di yogyakarta yg bisa kamu pilih.

Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada merupakan salah satu Universitas terbaik yang ada di Indonesia, maka dari itu tidak heran jika dari tahun ke tahun universitas ini selalu ramai peminat. Universitas yang berdiri sejak tahun 1949 ini memiliki 18 fakultas, ditambah dengan  satu sekolah pascasarjana, dan juga satu sekolah vokasi dengan masing-masing fakultas tersebut terdapat berbagai program studi.

Universitas Gajah Mada telah mendapat peringkat A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), begitu juga program-program studi di dalamnya yang mayoritas telah terakreditasi A. Nah, program studi favorit di UGM sendiri yaitu program studi psikologi, hukum, kedokteran, manajemen, ilmu komunikasi, farmasi, akuntansi, hubungan internasional., teknologi informasi, dan teknik sipil. Buat kamu yang punya jiwa kompetitif bisa berusaha masuk ke salah satu program studi tersebut.

Universitas Negeri Yogyakarta 

Universitas Negeri Yogyakarta atau biasa dikenal dengan UNY adalah kampus terbaik kedua setelah Universitas Gajah Mada di kota ini. Kampus ini juga banyak menyumbangkan para atlet sepakbola hebat loh, salah satunya Evan Dimas.

Perguruan tinggi yang bermula pada 1964 ini dulunya dikenal dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta atau IKIP Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta juga berakreditasi A dari BAN PT. Kampus ini memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana.

Terdapat program-program studi menarik yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Universitas yang ada di Yogyakarta ini juga memiliki beberapa program studi favorit yang menjadi incaran para calon mahasiswa baru yaitu program studi manajemen, ilmu komunikasi, psikologi, akuntansi, Pendidikan guru sekolah dasar, teknologi informasi, Teknik sipil dan sastra inggris.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau biasa disingkat UII merupakan salah satu universitas swasta pilihan di Yogyakarta. Menurut data dari Kemenristek Dikti, UII masuk menjadi 5 besar perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus yang berdiri pada tahun 1945 ini terakreditasi A dari BAN PT. Kampus swasta ini memiliki delapan fakultas dan satu internationale programme.

Di prodi jenjang S1 sendiri Universitas Islam Indonesia ini memiliki 24 jurusan, program magister terdapat 10 program studi, dan pada jenjang doctor memiliki 3 program studi. Kampus ini terletak di Kabupaten Sleman yang berdekatan dengan puncak Gunung Merapi. Walaupun Universitas Islam Indonesia merupakan kampus swasta, universitas satu ini gak kalah bagus dari universitas lain yang ada di Yogyakarta loh.

Universitas Sanata Dharma 

Universitas yang sering dikenal dengan nama USD atau Sadhar ini juga merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Yogyakarta. Kampus ini memiliki 8 fakultas dengan 25 prodi program sarjana, 1 prodi program profesi, 8 prodi program magister, dan 1 prodi program doctor. Fakultas yang ada di kampus ini yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra dan Fakultas Teologi.

Program studi yang terkenal dari kampus ini yaitu program studi farmasi, psikologi, dan akuntansi. Universitas Sanata Dharma juga memiliki program khusus bersertifikat yaitu English extension course, pelatihan interaktif Bahasa inggris paket 60 jam, dan Indonesian language and culture intensive course.  Kampus ini merupakan salah satu universitas yang ada di Yogyakarta yang telah mendapat akreditasi A dari BAN PT. 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan UMY ini berdiri pada tahun 1981. Perguruan tinggi ini terletak di Kawasan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus swasta ini juga telah terakreditasi A oleh BAN PT.

Setiap tahunnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengirimkan sekitar 20 sampai 30 tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut di dalam maupun luar negeri sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Universitas yang ada di Yogyakarta ini memiliki delapan fakultas dan empat program yaitu program vokasi, program internasional, program pascasarjana, dan program doktor.

Nah, itu dia lima universitas yang ada di Yogyakarta yang bisa jadi incaran bagi kalian para calon mahasiswa baru untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi, sudah menentukan pilihan kamu mau melanjutkan studi di universitas yang mana?