Toko Batik Kencana Cirebon

Toko Batik Kencana Cirebon. Jl. Pekiringan No.134, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117.

Batik merupakan hasil karya asli bangsa Indonesia yang telah ada sejak jaman dulu. Batik diwariskan oleh leluhur bangsa Indonesia, yang mana batik memadukan kerajinan tangan dan juga seni yang menyatu dalam sebuah kain yang menjadi sebuah karya. Karena batik merupakan salah satu kerajinan asli Indonesia, kami sebagai putra putri bangsa, wajib melestarikan batik sebagai budaya Indonesia yang telah ada.

Salah satu jenis batik yang ada di Indonesia adalah batik Cirebon. Batik Cirebon merupakan salah satu batik yang terkenal di Jawa Barat. Silakan ke Toko Batik Kencana Cirebon, jika kesana. Kota ini juga merupakan kerajinan batik tertua yang ada di wilayah Jawa Barat. Selain Cirebon, sentral penghasil batik yang terkenal adalah wilayah Indramayu, Garut, dan Tasikmalaya.

Keempat wilayah tadi adalah sentral penghasil kerajinan baik yang terkenal di Jawa Barat. Motif batik Cirebon yang paling dikenal adalah motif mega mendung. Motif mega mendung yang menjadi primadona batik di Cirebon ini melambangkan awan yang membawa hujan sebagai sumber kemakmuran, kehidupan, serta pemberi kesuburan. 

Dan desa penghasil batik Cirebon yang paling terkenal adalah desa Trusmi. Desa Trusmi terletak di pesisir pantai. Awal mula batik Cirebon dimulai dari desa ini, yang mana dulu ada seorang bernama Ki Gede Trusmi, yang mana seorang yang membawa pengaruh islam yang juga pengikut dari Sunan Gunung Jati. Ki Gede Trusmi ini lah yang mengajari warga sekitar tentang kesenian membatik sebagai sarana dakwahnya.

Para pembatik di desa Trusmi biasanya membuat batik untuk berbagai macam kebutuhan seperti sarung bantal, jarik, ikat kepala, sarung, dan juga taplak meja. Lalu setelah itu disetorkan ke berbagai penjuru Cirebon.

Ciri khas batik Cirebon yang membedakan dari batik daerah lain salah satunya dari cara pembatikannya yang disebut teknik wit. Teknik wit yaitu garis batas dibuat dengan menggunakan lapisan lilin agar membuat lengkungan yang rapi dan detail.

Anda bisa mendapatkan koleksi batik-batik Cirebon di toko batik yang ada di Cirebon. Atau Anda dapat mengunjungi salah satu toko batik Cirebon yang bernama toko batik kencana Cirebon.

Jika Anda ingin mengetahui apa yang membedakan batik cirebon dari batik di Indonesia lainnya simak penjelasan di bawah ini tentang beberapa ciri khas batik Cirebon :

Batik Wadasan

Motif batik wadasan ini biasanya melambangkan tentang kerajaan yang ada di Cirebon, yang mana banyak ornamen dari batik wadasan yang melambangkan keraton Cirebon. Batik Cirebon ini juga sering disebut sebagai batik keraton. Nama motif batik wadasan cirebon adalah taman arum, mega mendung, singa payung, dan yang terakhir naga saba.

Batik wadasan bukan hanya memiliki motif ornamen keraton saja, namun batik wadasan juga terinspirasi dari warga pesisir pantai, yang mana motifnya ada yang melambangkan tumbuhan, dan juga melambangkan hewan.

Batik Geometris

Model batik Cirebon yang satu ini banyak memiliki corak bermotif kawung, lengko-lengko, liris dan tambal sewu. Pembuatan batik geometris ini sebelumnya harus digaris terlebih dahulu untuk menbuat pola dengan bantuan penggaris.

Batik Pangkaan (buketan)

Motif batik pangkaan (buketan) ini memiliki ciri khas, dimana motifnya banyak menampilkan pohon atau bunga. Di dalam corak batik pangkaan juga terdapat motif burung dan kupu-kupu. Corak nama batik pangkaan adalah soko cino, kelapa setundun, kembang terompet, dan juga pring sedapur.

Setiap corak batik Cirebon memiliki ciri khas sendiri-sendiri tergantung jenis motifnya. Jika Anda ingin melihat batik pangkaan dan juga jenis batik Cirebon lainnya, Anda dapat mengunjungi toko batik kencana Cirebon.

Batik Byur

Ciri khas batik byur adalah motifnya yang berbentuk bunga dan dedaunan kecil-kecil yang mengitari motif inti dari batik byur. Motif inti dari batik byur sendiri ada beberapa macam yakni dara tarung, banyak angrum, karang jahe, dan juga mawar sepasang.

Batik Semarangan

Motif batik Semarangan hampir sama dengan corak batik wadasan dan motif-motif batik Cirebon lainnya. Namun yang membedakan, batik semarangan di tata agak sedikit renggang dari pada corak batik Cirebon yang lainnya. Corak batik semarangan adalah berbentuk kembang kantil dan piring selampad. 

Itulah tadi penjelasan tentang ciri khas batik Cirebon yang memiliki berbagai motif, dan yang membedakan dari batik lainnya. Semua batik di Indonesia pasti memiliki ciri khas tersendiri di setiap kota, itulah yang menjadikan keunikan dan keragaman budaya di Indonesia. Sepatutnya kita sebagai warga Indonesia patut bangga dengan budaya yang telah ada sejak jaman dulu, dan juga melestarikan batik sebagai hasil karya bangsa Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan motif-motif batik Cirebon, Anda dapat melihat atau datang langsung ke toko batik kencana Cirebon. Di sana banyak sekali pilihan motif batik Cirebon, yang pasti lengkap dan pilih sesuai kebutuhan Anda.