Mengenal Rumah Batik Lembang

Bicara tentang Batik tentu kita akan tertuju pada kebudayaan asli dari Indonesia. Batik sebagai budaya nusantara memang bisa kita jumpai di beberapa wilayah Indonesia termasuk di Bandung, Jawa Barat.

Batik di Bandung sendiri bisa kita jumpai dibeberapa tempat, termasuk di kawasan Kabupaten Bandung Barat, termasuk di Lembang.

Pesona Batik Lembang

Di Bandung Barat sendiri ada daerah bernama Lembang. Nah menyebut nama Lembang kita akan langsung terpikir beragam obyek wisata. Lembang memang surganya tempat liburan di Bandung.

Di Lembang, kita akan disuguhi beragam wisata dari wisata alam, wisata keluarga hingga wisata budaya. Salah satu wisata budaya yang menarik untuk kita telusuri di Lembang adalah batik. Sebagai salah satu warisan budaya nusantara, Batik memang sangat bernilai tinggi.

Perlu diketahui bahwa batik di Kabupaten Bandung Barat ini telah memiliki 24 motif yang semuanya sudah dipatenkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bandung Barat Nomor 430/Kep.752-Perekonomian/2013.

Dari sinilah maka pesona batik Lembang akan sangat disayangkan bila kamu lewatkan saat mengunjungi Bandung. Nah untuk mengenal lebih jauh batik Lembang, ada sebuah tempat yang bisa kita datangi yakni Rumah Batik Lembang.

Rumah Batik Lembang

Rumah Batik Lembang yang muncul di tahun 2007 ini awalnya merupakan tempat wisata belanja oleh-oleh atau souvenir. Namun seiring perkembangnnya, Rumah Batik Lembang juga memproduksi batik.

Jadi selain sebagai galeri batik, di sini kita bisa mendapati proses pembuatan batik mulai dari mencuci kain mori, membuat pola, mencanting, mencelup, melorot malam hasil cantingan hingga proses pewarnaan dan pengeringan.

Dari sinilah kemudian Rumah Batik Lembang terus berkembang dan menjadi sentra pembuatan batik khas Lembang yang memiliki ciri khas Bandung Barat. Di Rumah Batik Lembang ini kita bisa mendapati beragam batik dengan berbagai motifnya.

Tujuan dihadirkannya Rumah Batik Lembang ini menurut sang pendiri Bapak Yan Maryanto, adalah untuk melestarikan seni batik serta memperkaya motif batik yang unik dan baru sehingga mampu memberikan kesan khusus. Pak Yan sendiri mendirikan Rumah Batik Lembang karena kecintaan dan kegemarannya mengkoleksi kain batik.

Motif Batik di Rumah Batik Lembang

Di Rumah Batik Lembang ini kita memang bisa mendapati berbagai motif batik. Beberapa motif yang bisa kita temui di sini yaitu motif kenanga, motif Tangkuban Parahu, motif sangkuriang, motif wajit cililin, motif pinus, motif kawung, motif bintang, motif strawberry, motif papatong pucuk teh dan lainnya.  

Hingga saat ini Rumah Batik Lembang sudah memiliki 16 motif dan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Keunikan dari Rumah Batik Lembang memang terletak pada motif batik kontemporernya yang khas dan berbeda dari daerah lain.

Motif Batik Paling Populer

Salah satu motif yang menarik dari Rumah Batik Lembang adalah batik oncom yang sempat populer pada 2014. Menurut Pak Yan, batik oncom ini terinspirasi dari penemuan batu akik berwarna oranye (warna oncom) di Bandung Barat. Dari sinilah kemudian batu oncom tersebut dijadikan salah satu motif oleh Pak Yan.

Motif batik lain yang menjadi kebanggaan disini adalah motif Boscha yang merupakan perlambang dari destinasi populer di Lembang yaitu Observatorium Boscha.

Mengenal Batik Sangkuriang

Batik Sangkuriang yang dibuat oleh Rumah Batik Lembang juga menjadi salah satu motif populer dan menarik perhatian. Batik Sangkuriang sendiri terinspirasi dari cerita rakyat Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Seperti kita tahu cerita rakyat Sangkuriang ini memang sudah sangat melekat pada masyarakat Bandung dan Indonesia.

Kisah ini menceritakan seorang pemuda bernama Sangkuriang yang terpesona oleh kecantikan Dayang Sumbi yang sebenarnya adalah ibu kandungnya sendiri. Sangkuriang yang ingin menikahi Dayang Sumbi terdesak oleh syarat yang diajukan Dayang Sumbi yaitu membuat perahu dalam waktu semalam.

Dengan bantuan jin, Sangkuriang bekerja membuat perahu untuk memenuhi syarat dari Dayang Sumbi. Dayang Sumbi yang mengetahui hampir selesainya perahu yang dibuat Sangkuriang kemudian menabuh lesung agar ayam berkokok pertanda pagi.

Setelah ayam berkokok, para jin pun pergi meninggalkan Sangkuriang yang belum selesai dengan perahunya. Dari sini Sangkuriang pun marah hingga kemudian menendang perahu yang hampir jadi tersebut hingga terbalik disebuah tempat tinggi yang diyakini sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Kisah dari Sangkuriang inilah yang kemudian dituangkan dalam sehelai kain di Rumah Batik Lembang sehingga muncul motif batik Sangkuriang. Dalam motif batik ini kita akan mendapati beberapa gambar yang menceritakan kisah Sangkuriang di atas.

Desain Batik

Desain batik di Rumah Batik Lembang sendiri cukup beragam karena mengikuti perkembangan zaman. Selain itu desain batik di sini juga dirancang sesuai kebutuhan. Maka selain batik untuk keperluan resmi, kita juga bisa mendapati batik untuk kegiatan sehari-hari.

Menariknya, selain membeli batik dengan desain dari galeri, konsumen juga bisa memesan batik secara custom sesuai keinginan. Dari sinilah kemudian banyak wisatawan yang datang ke Rumah Batik Lembang untuk berburu batik karena desainnya yang beragam dan menarik.

Harga

Mengenai harganya, batik di Rumah Batik Lembang ini cukup terjangkau karena dibanderol dari lima puluh ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Perbedaan harga ini disebabkan dan tergantung pada jenis kain, motif dan modelnya.

Selain batik di sini juga tersedia tas dan pakaian dengan sentuhan batik. Khusus pembuatan tas motif batik, Pak Yan melakukan kerjasama dengan pengrajin tas asal Garut.

Pemasaran

Walaupun tidak sementereng nama beken Batik dari Jawa Tengah, namun Rumah Batik Lembang milik Pak Yan ini sudah banyak dipesan oleh beberapa kolektor. Bahkan pecinta batik dari Jerman, Amerika dan Malaysia pun pernah memesan dan membeli produk buatan Rumah Batik Lembang.

Mengenal Bandung Barat

Bandung Barat sendiri berada di lingkup Kabupaten Bandung Barat yang beribukota di Ngamprah. Di Bandung Barat ini kita bisa menjumpai banyak potensi, termasuk pariwisata. Bandung sebagai kota pariwisata memang mampu menghadirkan banyak destinasi wisata.

Seperti di kawasan Bandung Barat, kita di sini bisa menikmati berbagai jenis wisata yang mengesankan. Beberapa wisata di Bandung Barat yang bisa kita kunjungi antara lain Dusun Bambu, Kampung Gajah Wonderland, Farm House, Floating Market, De Ranch, Wisata Grafika Cikole, Gunung Tangkuban Perahu, Curug Maribaya, Curug Cimahi, Stone Garden, SÄ“ndang Geulis Kahuripan, Observatorium Bosscha dan lainnya.

Dari sini maka akan sangat menarik untuk bisa mengunjungi Bandung Barat untuk kegiatan liburan atau sekedar mengisi waktu luang.

Kontak

Nah kamu yang tertarik untuk mengunjungi atau mendapatkan koleksi batik dari Rumah Batik Lembang ini bisa datang langsung ke alamatnya di Jalan Maribaya 64 A, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Bandung.

Sementara itu kamu yang masih ingin bertanya-tanya dulu, bisa menghubungi nomor telepon 022-2786247. Untuk media sosial Rumah Batik Lembang yang bisa kamu telusuri adalah https://www.instagram.com/rumahbatiklembang.

Referensi :

  1. http://wisata-dilembang.blogspot.com/2017/05/rumah-batik-lembang.html 
  2. https://ceritakaosdistroku.wordpress.com/tag/batik-lembang/ 
  3. https://ayobandung.com/read/2017/07/20/21907/batik-oncom-motif-khas-kabupaten-bandung-barat
  4. http://repository.maranatha.edu/10302/3/1064135_Chapter1.pdf 

Related

Dalam kunjungan saya bersama keluarga di Malang Jawa Timur, saya juga sempat mengunjungi Kampung Warna-Warni Jodipan…

Read more

Peningkatan ekspor tenun dan batik nasional masih terbuka seiring produk dengan nilai semakin tinggi dan demi…

Read more
Batik Kawung

Batik adalah salah satu Identitas Indonesia yang tidak mungkin dipisahkan. Walau terkesan kuno, penggunaan motif batik…

Read more

Punya info situs menarik, tentang batik atau wisata Indonesia? Kirimkan disini.

About

BatikIndonesia.com adalah komunitas penggemar batik terbesar di Indonesia, dengan 5 juta fans di facebook, instagram, dan website.

Misi kami adalah membantu para pebisnis Batik Indonesia, agar dapat tumbuh terus. Dan semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Alamat Redaksi
Cipinang Indah. Jakarta Timur

Navigation