Rak Bunga dari Kayu Simple, Bisa Dibuat di Rumah!

Punya hobi menanam tanaman hias? Pastinya di rumah Anda terdapat berbagai macam jenis tanaman dan bunga. Memakan tempat khusus di sekitar rumah, Anda bisa menaruh rak bunga dari kayu simple untuk menyiasatinya, lho.

Fungsi rak bunga

Tak hanya sebagai tempat untuk menaruh pot tanaman dan bunga, fungsi rak yang lainnya adalah mampu memperindah sebuah rumah. Dengan penataan yang sedemikian rupa rumah Anda akan terlihat lebih rapi dan estetik. Terbuat dari berbagai material, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tipe pot yang dimiliki.

Kelebihan rak bunga dari kayu

  1. Memberikan kesan natural pada tanaman maupun keindahan rumah Anda sehingga memberikan efek yang menyenangkan.
  2. Cocok digunakan untuk berbagai jenis tanaman, jadi Anda tak perlu ribet untuk memilih-milih tanaman maupun bunga.
  3. Meletakkan rak kayu di luar maupun dalam ruangan tidak masalah.
  4. Memiliki ketahanan yang cukup kuat untuk penempatan pot yang cukup berat dan berukuran besar.

Model-model rak kayu 

Bagi Anda yang menginginkan rak bunga dari kayu simple, bisa melihat contoh-contoh model yang kayu berikut ini untuk dijadikan sebagai referensi.

  1. Rak bunga kayu susun

Anda bisa memanfaatkan kayu-kayu kecil yang sudah tidak digunakan lagi untuk membuat rak kayu susun yang simple.

Rak kayu untuk dinding

Rak bunga dari kayu simple berikutnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah rak kayu yang diletakkan pada dinding dengan cara digantung. Anda bisa memanfaatkan palet bekas sebagai bahannya.

Rak bunga akar kayu

Tak melulu dibuat untuk furnitur, bagi Anda yang suka dengan kesan estetik namun simpel, rak yang terbuat dari akar kayu ini bisa menjadi solusinya. 

Rak kayu dari reng

Memanfaatkan kayu reng sebagai bahannya, Anda bisa mempercantik tampilan kayu tersebut dengan menyerut, amplas, dan mengecatnya.

Tips meletakkan rak bunga

Terdapat berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk tampilan rumah yang lebih indah dan rapi dengan memanfaatkan rak bunga dari kayu simple. 

  1. Jika Anda ingin meletakkanya di dalam ruangan, tempatkan pada sisi kosong ruang tamu atau belakang sofa. Tampilan ruangan Anda dijamin instagramable.
  2. Untuk Anda yang ingin meletakkannya di teras rumah, usahakan atur tanaman sesuai dengan desain rumah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sudut teras agar suasananya lebih segar dan menarik.
  3. Mengelompokkan bunga berdasarkan jenisnya juga mampu memberikan kesan cantik pada rumah.
  4. Manfaatkan rak bunga sebagai partisi atau pembatasan ruangan sehingga rumah Anda akan terkesan lebih segar dan cantik.
  5. Anda tinggal di apartemen dan ingin memelihara tanaman? Tanamlah bunga menggunakan pot kecil kemudian manfaatkan rak bunga dari kayu simple untuk meletakkannya di sekitar jendela agar apartemen kamu terlihat lebih cantik.
  6. Gunakan rak kayu yang ramping untuk Anda yang memiliki ruang terbatas pada rumah sehingga tidak memakan banyak tempat.
  7. Gunakan rak lebar bertingkat apabila Anda ingin meletakkan pot yang lebih banyak agar terkesan rimbun.

Kisaran harga

Untuk mendapatkan rak bunga dari kayu simple, Anda bisa merogoh kocek mulai dari harga Rp. 65.000 di beberapa e-commerce. Tentunya harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar.

Membuat rak bunga dari kayu simple di rumah

Tiba saatnya bagi Anda yang tertarik untuk membuat sendiri rak bunga impian, berikut deskripsi langkah yang bisa diikuti.

  1. Alat dan bahan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah palu, paku tembak, meteran, kuas, amplas, kayu bekas, paku, dan cat.

Buat rangka

Anda bisa menggunakan konsep atau model rak bunga seperti yang sudah diulas pada bahasan di atas. Tips membuat rangka:

  • Tentukan jumlah rak susun yang Anda kehendaki.
  • Kemudian tentukan tinggi rak.
  • Jangan lupa untuk mengukur tiap jarak antar tingkatan rak.
  • Ukur panjang papan pada setiap tingkatan rak.
  • Terakhir, gambar desain yang telah Anda pilih.

Eksekusi desain

Apabila Anda sudah benar-benar mantap dengan desain yang tadi ditentukan langkah selanjutnya adalah merealisasikan desain tersebut.

  • Potong kayu bekas

Anda bisa memotong kayu bekas yang sudah diukur menggunakan gergaji. Lakukan dengan hati-hati agar potongan yang dihasilkan pun rapi.

  • Rangkai potongan kayu

Kayu yang sudah dipotong rapi kemudian dirangkai mulai dari bagian kaki menuju bagian lainnya. Rekatkan setiap potongan kayu menggunakan paku tembak.lakukan dengan teliti agar kayu merekat dengan baik.

  • Finishing

Langkah terakhir yang perlu dilakukan setelah perakitan selesai adalah melakukan finishing. Periksa kembali bagian rak untuk menghindari kerobohan pada saat digunakan. Anda bisa mengecat kayu untuk memberikan tampilan yang lebih cerah, namun tetap sesuaikan dengan cat pada rumah, ya, agar terlihat lebih selaras.

Bagi Anda yang menginginkan rak bunga dari kayu simple untuk diletakkan di luar maupun dalam rumah bisa untuk mengikuti tips dan langkah-langkah di atas. Tak perlu beli di toko, kini Anda bisa membuatnya di rumah.