Obligasi Syariah Adalah? Simak Lengkapnya di Sini!

Secara sederhana, pada masa sekarang ini sebuah surat berharga yang dikenal dengan nama obligasi syariah semakin penting untuk dikenali dan dipahami. Hanya saja, masih banyak yang kurang memahami tentang obligasi syariah adalah surat yang penting untuk dipahami dahulu karakteristiknya. Belum lagi jika ternyata ada yang memilih lebih dari satu.

Kepemilikan sebuah surat berharga yang dikenal dengan nama obligasi syariah ini sebaiknya diperhatikan dengan lebih banyak dan teliti bagi pemiliknya. Apalagi ternyata ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh obligasi ini yang bersifat khusus yang membedakan dengan jenis obligasi yang lainnya. Silakan simak penjelasan secara lengkapnya dalam uraian di bawah ini:

Tentang Obligasi Syariah

Masih banyak yang tidak tahu, sebenarnya jenis berkas atau surat berharga seperti obligasi syariah ini disediakan dalam jumlah yang banyak. Hanya saja, ada beberapa orang yang bisa mengakses surat berharga untuk penyampaian kesempatan pinjaman atau investasi seperti yang telah dilakukan. Selain itu, jenis obligas ini hanya diterbitkan oleh lembaga yang syariah.

Kemudian secara lebih lanjut, ada juga beberapa jenis dari obligasi syariah yang sebaiknya juga dipahami terutama yang baru ingin mencoba. Secara sederhana, ada sebuah obligasi sejenis yang dikenal dengan nama ijarah yang ternyata menunjukkan kepemilikan terhadap sebuah aset yang besar.

Sementara untuk jenis seperti musyarakah biasanya menggunakan prinsip sebuah kesepakatan yang dimiliki berdasarkan periode yang ada. Hanya saja, jenis obligasi yang kedua ini lebih banyak digunakan untuk sebuah aset dengan periode yang berjangka.

Karakteristik dari Obligasi Syariah

Sebelum mengenali tentang obligasi syariah adalah surat berharga yang menawarkan banyak keuntungan yang menarik, sebaiknya kenali juga informasi penting ini. Kali ini, informasi ini menguraikan tentang apa saja yang menjadi karakteristik utama maupun karakteristik tambahan dari surat bernama obligasi ini. Silakan simak beberapa karakteristik yang ada seperti di bawah ini:

  • Sejak awal disediakan, jenis obligasi ini lebih dekat dengan bagi hasil.
  • Untuk bagian khusus bagi hasil ini diberikan pada setiap investor.
  • Selain itu, hasil dari obligasi ini difokuskan pula pada emiten.
  • Tidak perlu merasa khawatir lagi, ada pengawasan yang khusus obligasinya.
  • Berbeda dengan yang lainnya, pengawasan dilakukan langsung oleh Dewan Amanat.
  • Proses pengawasan tersebut dilakukan oleh dewan tersebut berdasakan kesepakatan.
  • Sebenarnya hanya beberapa perusahaan yang bisa menerbitkan jenis obligasi ini.

Keuntungan Mencoba Obligasi Syariah

Selain penjelasan yang sebelumnya, ada juga informasi yang jangan sampai dilewatkan bagi pemula yang sedang ingin mencoba. Apalagi, ternyata jenis surat berharga ini menawarkan banyak keuntungan yang tidak hanya menarik namun perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Simak beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh obligasi syariah:

  • Ada banyak hasil bagi yang bisa dinikmati oleh setiap investor.
  • Setiap investor nantinya juga bisa menikmati hasil bagi secara periodik.
  • Selain itu, ada juga bentuk fee atau margin yang disediakan.
  • Bahkan ada potensi untuk capital gain yang dapat dimanfaatkan nantinya.
  • Keuntungan yang lainnya ada pada hasil ketika bertransaksi pasar sekunder.
  • Sudah jelas tidak akan ada beberapa unsur yang bersifat haram.
  • Selain itu, jaminan yang dipakai pun disesuaikan dengan agama Islam.

Berdasarkan pada uraian yang lengkap di atas dapat dipahami bahwa obligasi syariah adalah surat berharga dengan karakteristik yang khusus. Secara sederhana, jenis obligas ini disediakan dan ditawarkan dengan terikat pada beberapa aturan terkait hukum agama yang sudah dibebankan sebelumnya. Selain itu, ada juga keuntungan yang nantinya bisa dinikmati langsung.