Obligasi Ritel Indonesia, Mengapa Harus Membelinya?

Obligasi adalah surat utang. ORI yang kepanjangannya ialah Obligasi Ritel Indonesia ini dijual pemerintah pada rakyat. RI mengeluarkan surat utang yang dapat dibeli oleh rakyat untuk membayar  program pemerintah. Rakyat akan mendapat imbalan yaitu keuntungan dengan tingkat resiko rendah dengan jaminan NKRI sendiri. ORI hanya akan gagal bayar bila negara bangkrut.

ORI dapat menjadi langkah untuk melakukan investasi. Investor bisa menikmati keamanan dan kenyamanannya. Tapi ada beberapa cara agar mendapat untung dari ORI selain menunggu jatuh tempo pembayaran. Apa saja untung yang bisa didapatkan bila membeli ORI?

1. Ada Keuntungan Kupon dan Yield to Maturity

Ada keuntungan kupon Obligasi Ritel Indonesia yang akan dibayar ke pemegang SUN (Surat Utang Negara) seperti ORI di waktu tertentu. Besarnya lebih tinggi dari bunga tabungan. Kemudian juga ada untung yield to maturity jika investor menahan ORI sampai jatuh tempo.

Adanya kupon yang dibayar setiap bulan adalah keunikan ORI. Keberadaan kupon ini seperti gaji ataupun penerimaan tetap bagi investor yang diperoleh rutin. Kupon ini tingkat perolehnya tetap dan tidak terpengaruh fluktuasi pasar. Bunga kupon berlainan tiap tahunnya.  Tapi ada hal yang perlu diketahui, kupon ini termasuk objek PPh, yakni dikenai rate sebesar lima belas persen.

2. Risiko Gagal Bayar Rendah

Berinvestasi ORI punya keunggulan menarik dari segi risiko. Tentu keuntungan yang dimaksud ialah kebal dari kemungkinan gagal bayar. Juga ORI kebal juga dari risiko pasar serta likuiditas. Kekebalan ORI disebabkan karena adanya jaminan pemerintah RI melalui pembayaran kupon yang risiko defaultnya nol persen. Boleh dikatakan resiko rugi berinvestasi ORI sangat rendah.

3. Proses Pembeliannya Mudah

Investasi Obligasi Ritel Indonesia  dijual oleh pemerintah RI lewat Kementerian Keuangan bagi investor perorangan.  Untuk mendapatkannya tidak sulit. Investor hanya melakukan pendaftaran di satu apk disalah satu bank saja dan langsung bisa melakukan jual beli. Atau datang di bank yang menjual ORI ini. Begitu banyak bank yang menjual ORI dan bahkan ada yang memberi reward bagi pembeli berupa uang cash.

4. Tidak Memerlukan Modal Besar untuk Berinvestasi

Terkadang halangan calon investor untuk melakukan investasi adalah jumlah modal yang besar untuk berinvestasi. Untuk membeli ORI hanya diperlukan modal mulai dari satu juta rupiah. Ini bukan jumlah yang terlalu besar untuk disisihkan. Menabung dulu saja jika satu juta rupiah masih terlalu banyak dan mulailah berinvestasi ORI. Tidak lama waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi ORI.

5. ORI Bisa Dijual Kembali

Keuntungan Obligasi Ritel Indonesia lainnya ialah keuntungan bernama capital gain yaitu bila ORI diperdagangkan di pasar sekunder, bisa lewat bursa efek (BEI).  Dengan dijualnya ORI sebelum jatuh tempo, investor  dapat memperoleh untung dari selisih modal awal dan harga jual. Capital gain ini diperoleh jika harga jual berada di atas alias lebih tinggi daripada harga belinya.

Harga ORI bisa lebih mahal dari saat investor membelinya. Tapi bisa juga lebih murah dari saat membeli. Jadi investor harus memahami kemungkinan untung ruginya sebelum menjual ORInya. Tentang hal ini bisa ditanyakan pada petugas bank tempat membeli ORI sebab selain BEI ada bank yang melakukan jual beli ORI.

Demikian lima alasan kenapa sebaiknya investor membeli Obligasi Ritel Indonesia. Bagi yang memiliki dana menganggur, apalagi yang ditunggu? Bantu membangun negara RI dengan cara membeli ORI. Disamping membantu negara, ada beragam keuntungan bisa didapat. Untuk membelinya juga mudah bahkan hanya bisa menelpon bank atau membuka aplikasi bank yang menjual ORI.