Obligasi Fr Adalah Seri Dari Obligasi. Simak penjelasannya!

Obligasi fr adalah salah satu seri dari obligasi. Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh si peminjam beserta kupon yang harus dibayarkan. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai obligasi fr dan juga bagaimana pengaplikasiannya, pengguna bisa simak penjelasan di bawah sebagai berikut:

Pengertian Obligasi Fr

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa secara sederhana obligasi fr adalah seri dari obligasi. Sedang kata lain dari obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh si peminjam atau pengutang untuk membenarkan bahwa memang telah berhutang. Dengan surat obligasi ini, si penerbit harus membayar hutang pokok dan juga membayar kupon.

Fixed rate atau fr sendiri merupakan jenis tingkatan kupon pada obligasi. Dalam obligasi istilah kupon yang digunakan tersebut merujuk ke bunga yang harus dibayarkan oleh penerbit surat obligasi. Fr atau fixed rate ini merupakan jenis tingkatan kupon yang dari saat hutang sampai jatuh tempo, kupon yang harus dibayarkan tetap sama, tidak ada kenaikan atau penurunan.

Obligasi sendiri memiliki dua seri, satu serin INDON dan satu lagi adalah yang menjadi pembahasan kali ini yakni seri fr. Untuk obligasi fixed rate atau fr ini merupakan surat berharga atau surat utang yang menggunakan mata uang rupiah dan surat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah. Obligasi seri fr ini juga memiliki macamnya sendiri.

Fixed rate merupakan seri obligasi yang merupakan syarat hutang yang dikeluarkan oleh negara. Pada seri ini jangka waktu atau jatuh tempo untuk seri ini adalah lebih dari satu tahun. Dalam hitungan ini bisa menggunakan waktu lima tahun, sepuluh atau selebihnya. Jadi obligasi fr ini termasuk ke dalam SUN, atau surat utang negara.

Jenis Lain Dari Obligasi

Jika sudah tahu Obligasi fr adalah salah satu seri dari jenis obligasi SUN maka pengguna juga bisa simak tentang apa saja jenis-jenis yang dimiliki oleh obligasi. Terdapat jenis obligasi yang bisa diperjualbelikan dan ada juga obligasi yang tidak bisa untuk diperjualbelikan. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak uraian berikut ini.

1. Sukuk Negara (SBSN)

Dari beberapa jenis yang terdapat pada obligasi salah satunya adalah yang sudah disebutkan di atas tadi, lalu kemudian ada jenis obligasi sukuk negara. Obligasi sukuk negara atau juga disebut dengan SBSN yang merupakan singkatan dari surat berharga syariah negara. Merupakan obligasi pemerintah yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah atas dasar syariah Islam.

2. Korporasi

Jenis obligasi selanjutnya adalah obligasi korporasi. Jenis korporasi ini merupakan surat utang yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh perusahaan BUMN dan juga BUMD. Pada perusahaan tersebut juga menggunakan tingkat kupon atau bunga tetap namun juga menggunakan kupon tingkat verile.

3. ORI (Obligasi Negara Retail)

Urutan selanjutnya adalah obligasi ORI tersebut. Jenis obligasi ini merupakan surat berharga yang diterbitkan boleh negara untuk diperjualbelikan di dalam pasar sekunder. Pada obligasi jenis ini juga menggunakan atau menawarkan tingkat kupon jenis fr, jadi harga kupon tersebut tak akan berubah sampai jatuh tempo.

Untuk jenis ORI ini negara sudah meluncurkan sekitar tujuh belas seri ORI dengan jumlah kupon yang bervariasi pula. Pada obligasi jenis ini, biasanya tempo yang digunakan paling sedikitnya adalah selama tiga tahun. Investor juga bisa membeli obligasi ini dengan harga minimal satu juta hingga maksimal sampai tiga milyar.

Sudah dijelaskannya bahwa obligasi fr adalah seri dari obligasi atau tingkat kupon yang digunakan. Kesimpulannya obligasi merupakan surat utang sedang fr adalah tinggal kupon yang harus dibayarkan oleh penerbitan obligasi. Beberapa jenis dari obligasi juga sudah disebutkan sebagian dan bisa dijadikan wawasan.