Motif Batik Cirebon yang Sudah Terkenal Sejak Lama

Kain Tradisional khas Indonesia ini tidak haya berpusat di Jawa Tengah saja. Melainkan, seluruh wilayah termasuk bagian barat. Di mana, Kota Batik Cirebon menjadi sentra tertua yang masih berdiri sejak sekarang.

Pengaruhnya untuk pertumbuhan serta perkembangan industri Batik sendiri cukup pesat sehingga, perkembangannya di mulai dari wilayah ini. Jawa Barat sendiri mempunyai tiga sentra terbesar yaitu, Tasikmalaya, Garut, serta Indramayu.

Mengenal Keseluruhan Batik Khas Cirebon

Mungkin, ada sedikit pertanyaan dalam benak apakah ada persamaan atau perbedaan dengan Solo atau Jogja? Jawabannya, ya memang ada. Terutama pada teknik dan pola pembuatan, keduanya jauh berbeda.

Konsep Jawa Tengah memang terkenal rumit, karena harus menggaris atau menggambar konsepnya terlebih dulu. serta terdiri dari berbagai macam batasan. Untuk gaya Cirebonan sendiri tetap memakai beberapa pakem.

Hanya saja, penggambaran polanya biasanya diambil dari berbagai ornamen yang ada di keraton sendiri. Di mana Cirebon mempunyai dua kerajaan unggulan yaitu, Kasepuhan dan Kasultanan, semua inspirasinya diambil disana.

Selain itu, corak kain Kota Udang ini juga mengambil pola dedaunan. Ada Bunga Mawar, Kembang Kantil serta masih banyak lagi. Penambahannya sebenarnya, juga terlihat memakai inspirasi hewan.

Biasanya kupu atau burung di mana keduanya sering sekali menghinggap sehingga, membentuk sebuah pola kehidupan. Untuk pola warnanya sendiri bervariasi, ada gelap juga terang seperti, merah, kuning, atau hijau.

Fakta Menarik Mengenai Batik Cirebon

Mengulas Batik Cirebon memang seakan tidak ada habisnya. Banyak sekali yang dapat diperbincangkan. Seperti halnya makna dan Filosofi terkandung didalamnya. Memang bukan pembuatannya lebih sederhana berbeda dengan Jawa.

Sedikit rumit dengan arti penggambaran yang begitu dalam mengenai kehidupan manusia. Begitu juga dengan Kain Tradisional Kota Udang ini. Memang tidak terlalu banyak seperti pengertian dari Kawung.

Hanya saja cukup mendalam dan dapat dirasakan, contoh saja Megamendung paling terkenal dan dikenal. Di mana artinya sendiri adalah tenang dan menenangkan. Saat dikenakan ternyata, hampir sama seperti artinya.

Selain Megamendung, fakta menarik lainnya juga ada di Batik Trusmi. Di mana jenis ini juga cukup terkenal, lalau apa yang membuatnya sangat unik? Karena, namanya di ambil dari Seorang tokoh.

Namanya adalah Mbah Trusmi, penyebar Islam yang berprofesi juga sebagai pembatik. Tidak hanya dijadikan sebagai media untuk mencari nafkah saja, ternyata juga digunakan untuk dakwah menyiarkan ajaran Islam.

Sejak saat itu, hampir mata pencaharian seluruh kampung adalah pengrajin Batik. Hal tersebut masih terus diwariskan turun temurun sampai sekarang. Anda yang berkunjung ke Cirebon bisa juga melihat koleksinya.

Sejarah Lengkap Batik Khas Cirebon

Fakta unik di atas pasti menghadirkan sebuah pertanyaan siapa orang pertama yang membuat Batik di tanah Cirebon? Apakah Mbah Trusmi membuat seluruh anak keturunannya tinggal dan mewarisi teknik membatik?

Sepertinya bukan, jauh sebelum itu kesenian ini sudah ada. Lebih tepatnya pada masa Sunan Gunung Jati. Konon dikisahkan menikahi seorang Ratu Oeng Tien dari China.

Waktu itu, salah satu wali song tersebut juga sedang berdakwah. Media yang digunakan cukup banyak, salah satunya adalah kerajinan membatik. Di mana, terjadi akulturasi kebudayaan antara Indonesia serta Tingkok.

Hal tersebut dilukiskan pada sebuah kain yang bermotifkan awan. Tetapi, pola ini cukup berkembang di mana inspirasinya datang dari Kaum Sufi. Mereka melambangkan kebebasan serta luasnya dunia sebagai awan.

Tidak hanya bermotif china saja, dalam pembentukan pola juga dipengaruhi oleh Kebudayaan India. Digambarkan melalui batik naga, merupakan sebuah perumpamaan menghadapi peperangan antara baik melawan buruk, ada juga dari Arab.

Semua pengaruh tersebut tidak lepas karena, lokasi Cirebon yang ada di pesisir. Banyak pedagang berbagai negara datang dan menjual segala bentuk kerajinan. Dari sini motif Cirebon terbentuk sampai sekarang.

Apa Warna Sebenarnya Batik Cirebon

Sejarah singkat tersebut membuat Anda tahu dari mana asal corak yang selama ini dikenakan. Di mana warna dominan adalah merah dan biru. Walau ada juga hitam serta warna lain.

Penggambaran keduanya ini punya makna cukup mendalam juga yaitu dinamis dan harmonis kehidupan umat manusia. Keduanya dijabarkan lagi menjadi beberapa filosofi, merah lebih dilambangkan pada maskulin

Atau tokoh pria gagah perkasa lalu untuk penggunaan merah tua mencerminkan masyarakat pesisir egaliter serta lugas dalam bersikap. Tegas dan keras hanya saja tetap santun bila bertemu dengan orang lain.

Lambang biru sendiri merujuk untuk wanita yaitu, kelembutan serta kesuburan memberikan kehirupan menjadi lebih berarti dan bermakna. Penggunaannya lebih meluas juga ada yang tua di mana punya simbol pula.

Merupakan penggambaran dari kehidupan secara keseluruhan. Digambarkan sebagai hujan turun, membawa keberkahan bagi seluruh umat manusia. Karena, pada dasarnya, air adalah sumber utama manusia untuk bertahan hidup.

Proses pembuatan kain tradisional ini tidak hanya melulu kepada kaum perempuan saja melainkan, laki-laki juga sama. Setelah pola warna, coba sekarang lihat bagaimana motif Batik ini sendiri.

Bagaimana Motif dari Batik Cirebon

Ada banyak Motif bisa dilihat dan dipilih mulai gambar Paksinaga Liman, berupa kereta kencana yang ditarik oleh binatang. Menariknya, hewan tersebut adalah wujud dari gajah, naga, dan Garuda.

Merupakan kendaraan khas keraton di mana pengambarannya menggunakan warna cokelat serta dasarnya adalah putih. Motif lainnya adalah Singa Barong, mempunyai berbagai macam unsur alam yang menarik untuk dilihat.

Ada nuansa alam, pegunungan, pohon, dan masih banyak lagi. Warna yang digunakan untuk melukiskannya adalah gelap sementara, backgorund belakang sebagai dasar tetap putih. Untuk mengeksplore fauna lebih jauh.

Motif Batik Cirebon juga terdapat pada jenis yang bernama kompeni. Tetapi, tidak hanya flora dan fauna saja, melainkan unsur khas kota Udang secara luas dapat Anda simak disini.

Menggunakan warna Cokelat dan putih emas. Beberapa di antara pola tersebut juga mengambil latar belakang dari kekejaman VOC dulu kepada rakyat. Untuk melakukan tanam paksa serta penjajahan lainnya.

Mengenal Seluk Beluk Keraton Cirebon

Kain Tradisional yang jadi identitas negara Indonesia ini tidak terlepas dari peran Keraton dalam mempopulerkan. Menurut sejarahnya, kota ini menjadi perbatasan antara Jawa Tengah dan Barat, sekaligus Sunda serta jawa.

Menariknya, hanya tempat ini yang punya 4 Keraton sekaligus dalam satu wilayah ada Kacirebonan, Kasepuhan, dan kasultanan. Di mana ketiganya mempunyai raja yang sampai saat ini namanya begitu dikenal.

Masih ada satu lagi yaitu kerajaan Gebang, sayangnya kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas. Hanya sekitaran Cirebon saja mengetahui keberadaan serta sejarahnya. Dari sinilah perkembangan Batik tersebut berasal.

Berbeda dengan Keraton Mataram, pecah jadi tiga bagian, di mana semua mempunyai corak batik sendiri. Di Kerajaan Cirebon ini hampir semuanya sama, tidak ada perbedaan sama sekali.

Mulai pola motif sampai warna, perkembangannya juga tidak jauh seputar akullturasi budaya China serta ornamen keraton. Bila ada sebuah perbedaan, merupakan akibat dari ornamen setiap kerajaan pasti berbeda.

Terutama soal kendaraan atau interior serta eksteriornya. Karena, inspirasi para pengusaha memang diambil dari sana. Kecuali, Batik Megamendung, inspirasinya tidak pernah berubah sejak pertama dibuat sampai sekarang.

Sekilas Mengenai Batik Megamendung Cirebon

Megamendung merupakan kebanggaan warga Kota Udang yang usianya sudah sangat lama. Corak utama adalah awan sesuai dengan namanya. Menurut cerita inspirasinya berasal dari alam saat suasana mendung.

Kemudian turun hujan, ciri khas yang dapat disimak saat membeli kain ini adalah bentuknya lonjong, hampir seperti segitiga serta lancip. Ada harapan serta keinginan terkandung didalamnya.

Termasuk pada saat Anda mengenakannya, dengan harapan mampu meredam emosi yang memuncak karena, inspirasinya berasal dari rintik hujan. Kenyataannya tidak tahu magis atau memang benar, memakainya memang sejuk dan dingin.

Video Batik Cirebon di Youtube

Pengetahuan mengenai corak serta pilihan dari Batik Cirebon sendiri tidak hanya bisa Anda dapatkan melalui artikel saja. Melainkan, berbagai video di channel youtube juga sudah tersedia lengkap.

Ada berbagai corak mulai Trusmi sampai dengan Megamendung, lengkap juga dengan filosofi makna hingga teknik pembuatannya. Dari sini, Anda dapat belajar bagaimana kerumitan dari pembuatan kain tradisional ini.

Sementara, informasi harga juga sudah tersedia lengkap. Batik Cirebon ini memang berbeda, dan mempunyai ciri khas serta keunikan tersendiri. Inilah yang menginspirasi kawasan lain untuk mengembangkannya.

Apa lagi saat ini sentra industri sedang berkembang pesat, sudah banyak penjual baik online atau offline dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Cocok digunakan untuk semua suasana.