Motif Batik Bungong Jeumpa

Bunga jeumpa merupakan bunga yang sangat terkenal di Aceh, dan hampir di setiap wilayah aceh terdapat banyak bunga jeumpa. Bunga ini serta bentuknya yang indah diabadikan dalam bentuk motif batik Bungong Jeumpa.

Kenali, Motif Batik Bungong Jeumpa, Kain Batik Khas Aceh nan Cantik 

Batik sebagai kain khas Indonesia ternyata tak hanya berasal dari Pulau Jawa melainkan ada juga yang berasal dari Aceh. Saat ini, banyak sekali motif batik yang beredar luas di pasaran salah satunya adalah kain batik bermotif bungong jeumpa, agar tidak penasaran yuk simak ulasan motif menarik berikut ini.

Sejarah Batik Bungong Jeumpa

Batik Bungong Jeumpa merupakan salah satu dari banyaknya macam motif batik yang berasal dari Pulau Aceh. Pada awalnya Aceh memang tidak mempunyai kain khas batik, hingga saat para pedagang dari Pulau Jawa banyak yang membawa dan memperkenalkan batik ke Pulau Aceh dan kemudian mulailah para masyarakat setempat melakukan penyesuaian dan menerima budaya batik tersebut seperti halnya budaya dan kerajinan yang lain.

Setelah kain batik masuk ke Pulau Aceh, kain tersebut berkembang luas di masyarakat dan mulai dimodifikasi sesuai dengan kebudayaan, adat dan istiadat masyarakat Aceh, oleh karenanya kain batik Aceh memiliki kesan islami yang tertutup agar terlihat lebih sopan dan elegan saat dikenakan. Selain motif batik bungong jeumpa, Aceh juga memiliki motif batik lain seperti:

Batik Motif Rencong

Kain batik ini memiliki corak rencong yang melambangkan senjata tradisional Aceh saat dahulu berperang dalam memperebutkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Batik Motif Pintu Aceh

Jenis motif batik pintu Aceh menggambarkan sebuah pintu dengan ukuran yang tergolong rendah layaknya kepribadian masyarakat Aceh yang senantiasa rendah hati dan sabar. Adapun jika dilihat, rumah Adat Aceh memang biasanya memiliki pintu rumah yang relatif rendah, namun di ruangan di dalamnya nampak lapang dan luas.

Batik Motif Tolak Angin

Kain batik motif tolak angin Aceh menggambarkan banyaknya ventilasi yang terdapat pada rumah adat khas Aceh, motif ini sebagai perlambang bahwa suku Aceh mudah menerima perbedaan budaya ataupun prinsip antar satu sama lain.

Uniknya Motif Batik Bungong Jeumpa

Kain batik bungong jeumpa atau yang kerap disebut juga batik bunga kantil memiliki motif yang indah, unik dan menarik, seperti kain batik khas Aceh pada umumnya yang banyak menggunakan unsur alam dan budaya dalam perpaduan coraknya, kain ini juga menuangkan unsur alam yang khas berbentuk bunga jeumpa atau bunga kantil di sepanjang kainnya.

Biasanya kain batik motif bungong jeumpa ini dibuat dengan warna-warna yang cerah, seperti hijau, kuning, merah, merah muda, oranye, atau warna cerah lainnya.

Filosofi Motif Batik Bungong Jeumpa

Corak Bunga Jeumpa atau bunga kantil yang ada pada desain motif batik bungong jeumpa memiliki makna tersendiri yang diartikan sebagai keindahan dan keharuman. Bunga jeumpa atau bunga kantil dinilai memiliki bentuk yang indah dan cantik, motif bunga kantil diambil untuk menggambarkan keasrian dan keindahan alam Pulau Aceh.

Selain itu, alasan lain dijadikannya corak bunga kantil sebagai salah satu motif kain batik khas Aceh yakni karena bunga kantil ini merupakan salah satu jenis bunga yang dapat ditemui dengan mudah hampir di semua wilayah Aceh.

Harga Kain Motif batik Bungong Jeumpa

Kini Anda tak perlu jauh-jauh ke Pulau Aceh untuk bisa mendapatkan kain dengan jenis motif batik bungong jeumpa, karena saat ini kain batik bermotif bungong jeumpa khas Aceh bisa Anda temukan di berbagai e-commerce belanja online, tersedia berbagai pilihan warna yang dapat Anda pilih, selain itu kain batik ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar antara 300 hingga 400 ribu rupiah.

Selain melalui e-commerce, Anda juga dapat membelinya melalui berbagai social media seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya.

Padu Padan Batik Bungong Jeumpa Ala Millenial

Berikut merupakan beberapa kombinasi cara penggunaan batik modern ala milenial yang dapat Anda coba, antara lain:

Cardigan

Yang pertama adalah cardigan, Anda dapat menjadikan kain motif tersebut sebagai pakaian luar atau cardigan untuk memberi kesan elegan dan modern pada penampilan Anda.

  • Rok

Tips padu padan yang berikutnya adalah mengenakan kain batik dengan dijadikan sebagai rok, Anda dapat menjahitnya atau melilitnya, dengan menggunakan rok penampilan Anda akan terlihat lebih feminim.

  • Memadukan dengan Denim

Memadukan kain batik bungong jeumpa dengan denim adalah salah satu cara pemakaian yang dapat Anda coba agar kain tersebut memberi kesan motif batik modern dan kekinian, selain untuk kaum perempuan tips ini juga cocok untuk para laki-laki loh,

  • Aksesoris Selendang

Nah tips selanjutnya, Anda dapat menggunakan kain batik motif bungong jeumpa dalam bentuk aksesoris seperti selendang ataupun ikat kepala supaya terlihat lebih modis.

Nah, itulah ulasan mengenai sejarah, keunikan, filosofi serta padu padan kain batik bungong jeumpa ala millennial, yuk cintai budaya Indonesia dengan mengenakan dan melestarikan kain khas batik. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda, terimakasih.

Motif Batik Bungong Jeumpa