Mengenal Manulife Obligasi Unggulan Kelas A, Kebijakan Investasi dan Juga Kinerjanya

Bagi sebagian orang melakukan investasi masih menjadi hal yang asing. Oleh sebab itu Manulife hadir dengan memberikan penawaran untuk membantu melakukan investasi pada efek yang bersifat utang. Manulife Obligasi Unggulan Kelas A (MOU Kelas A) adalah produk investasi unggulan yang dimiliki Manulife.

MOU Kelas A, memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi bagi para pemilik obligasi. Obligasi tersebut merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah RI dan juga instrumen pasar uang dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Agar lebih memahami MOU Kelas A ini simak penjelasan di bawah ini:

Kebijakan investasi

MOU Kelas A merupakan salah satu jenis investasi reksa dana pendapatan tetap yang mana dana investasi sebagian besar dialokasikan untuk mendapatkan pendapatan yang tetap dan stabil. Oleh sebab itu obligasi memiliki porsi yang lebih besar saat menginvestasikan dana yang dikumpulkan dari reksa dana.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 lalu, memiliki 8 miliar unit penyertaan yang bisa dibeli oleh pada investor. Produk Manulife Obligasi Unggulan Kelas A memiliki beberapa kebijakan investasi. Selengkapnya simak penjelasan berikut:

  • Alokasi dana investasi digunakan pada instrumen investasi berupa obligasi dengan minimal nol persen hingga 100 persen. Sedangkan untuk pasar uang minimal nol persen dan maksimal 20 persen.
  • Biaya yang perlu dikeluarkan berupa biaya manajemen maksimal 2.5 persen. Untuk biaya kustodian maksimal 0.25 persen. Biaya pengalihan tahun pertama 1.25 persen dan tahun kedua 2 persen. Biaya pengalihan maksimal 1 persen. Skema biaya ini hanya berlaku jika membeli reksa dana secara langsung di PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia.
  • Produk MOU Kelas A dapat dibeli di beberapa platform investasi resmi yang ada di Indonesia seperti Bibit, Bareksa dan Fundtastic serta masih banyak lagi.

Kinerja MOU Kelas A

Berdasarkan data fund fact sheet pada September 2021 kinerja dari reksa dana Manulife Obligasi Unggulan Kelas A terpantau selalu positif di berbagai jangka waktu. MOU Kelas A ini bisa menjadi salah satu pilihan saat hendak melakukan investasi jangka menengah. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari kinerja reksa dana MOU Kelas A:

1. Fluktuasi Terjaga

MOU Kelas A dirancang untuk menjadi solusi investasi bagi para investor yang memiliki profil moderat atau bisa dikatakan tidak ingin mengambil risiko berlebih. Reksa dana yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan sebab MOU Kelas A menempatkan dana di berbagai tenor menengah hingga panjang. Selain itu pemilihan obligasi yang dikeluarkan pemerintah membuat fluktuasi terjaga.

2. Investasi yang Terjangkau dan Hemat Biaya

Investasi reksa dana yang satu ini termasuk hemat biaya sebab investor tidak perlu membayar biaya transaksi sebagaimana pada saat melakukan investasi obligasi secara langsung. Selain itu investasi ini juga bisa dimulai dengan modal yang kecil. Investor bisa membeli obligasi dengan modal minimum 10 ribu saja.

3. Likuid

Likuiditas dari efek yang akan dibeli sangat penting untuk diperhatikan. Kelebihan yang dimiliki oleh reksa dana dari Manulife ini adalah obligasi yang digunakan cukup likuid. Dengan demikian investor dapat menikmati fasilitas untuk mencairkan dana kapan saja dengan cepat dan mudah serta tanpa dipotong pajak.

Itu tadi adalah sekilas penjelasan mengenai kebijakan investasi serta kinerja dari Manulife Obligasi Unggulan Kelas A. produk investasi dari Manulife Aset Manajemen ini menawarkan penghasilan yang cenderung stabil. Namun meski demikian pelajari dengan benar dan teliti setiap produk yang akan dibeli saat melakukan investasi.