Mengenal Lebih Dekat Tentang Gambar Ikan Gurameh, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang banyak peminatnya khususnya dalam hal budidaya dan juga kuliner. Ikan jenis ini banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ada banyak orang yang mengembangkan ternak ikan ini. Ikan ini banyak mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan juga otak. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak Anda untuk membahas gambar ikan gurameh. 

Apa Itu Ikan Gurameh?

Gurameh adalah ikan lokal yang berasal asli dari Indonesia. Ikan ini mempunyai berbagai macam varietas yang tersebar luas di seluruh perairan Indonesia. Guramai ini merupakan sebuah spesies ikan air tawar yang sangat populer dan sekaligus banyak digemari oleh semua orang khususnya yang tinggal di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Ciri-Ciri Ikan Gurame

Ikan ini sering digunakan sebagai makanan dengan berbagai macam olahan. Ini terbukti kita sering menemukan gambar ikan gurame bakar dan masakan lainnya di daftar menu di rumah makan. Selain dikonsumsi, ikan ini juga digunakan sebagai ikan hias yang bisa dipajang di akurium. Ikan ini mempunyai nama latin Osphronemus Goramy. Selain itu, nama  ikan ini juga mempunyai berbagai macam nama yang berbeda-beda pada berbagai daerah.  

Kalau kita melihat berbagai macam gambar ikan gurame, ikan ini mempunyai berbagai macam bentuk dan jenis. Ikan mempunyai ciri khas yang berbentuk tubuh lonjong dan juga panjang. Mulutnya berbentuk lebih kecil. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis ikan yang lainnya, ciri khas lainnya juga terdapat pada sisik ikan ini. Guramai mempunyai sisik yang sangat identik yang ukurannya besar, sedangkan pada bagian sisik di kepalanya lebih kasar dibandingkan dengan sisik pada tubuh. 

Ikan gurame dewasa dan tua sangat beda. Ini terlihat dari punggung ikannya. Semakin besar ukuran punggung dari ikan maka menandakan jika ikan tersebut sudah berusia tua.  Ikan ini juga mempunyai benang yang digunakan sebagai alat untuk peraba yang berbentuk panjang. Untuk gurameh yang masih muda, terdapat 8 garis yang tegak. 

Jenis-Jenis Ikan Gurame

Jika Anda mencari di Internet, Anda pasti akan menemukan berbagai macam gambar ikan gurame. Ada banyak sekali jenis ikan gurameh, namun hanya beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jenis yang ada di perairan Indonesia, yaitu : 

Gurame Soang

Mendengar kata Soang pasti Anda berfikiran bahwa itu adalah angsa. Ternyata ada gurame soang. Nama ini sangat unik karena jenis ikan ini mempunyai kepala yang sedikit menonjol yang jika dilihat seperti angsa. Jenis ikan ini banyak ditemukan di Jawa Barat dengan berbagai macam ukuran yang berbeda-beda. 

Gurame Bastar

Ikan gurame bastar adalah salah satu gurame yang  sangat cepat perkembangannya dengan sangat baik karena mudah dikembang biakan. Ikan ini memiliki tubuh yang cukup besar dan cukup berat yaitu mencapai 3 kg. Maka tidak heran, ikan  bobotnya lumayan berat. 

Gurame Padang

Sesuai dengan namanya, ikan gurame Padang ini berasal dari daerah  Padang. Namun Anda bisa menjumpai ikan ini di beberapa sungai di wilayah Padang. Jenis ikan ini adalah hasil  persilangan dari jenis lainnya, sehingga memberikan sedikit perbedaan. Ikan ini mampu menghasilkan sekitar 3000 telur sehingga bisa membuatnya lebih unggul. 

Gurameh Paris

Gurame Paris adalah jenis yang paling cantik diantara semua jenis ikan lainnya. Hal ini karena warnanya merah muda. Jika dibuat sketsa gambar ikan ini sangat cantik sekali untuk dijadikan hiasan rumah Anda. Beberapa jenis ini juga berwarna gelap. Hampir sama dengan gurame padang, gurame paris ini juga menghasilkan 5000 butir telur. 

Gurame Porselen

Gurame porselen  mempunyai warna putih seperti perkakas. Itulah mengapa disebut dengan porselin. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang sangat populer. Ikan ini dijadikan sebagai ikan hias. 

Gurame batu

Ikan gurame batu mempunyai sisik yang cenderung kasar. Sayangnya jenis ikan ini jarang ditemui di berbagai daerah. Hal inilah yang membuat peminatnya semakin menurun. Ikan ini biasanya digunakan untuk hiasan akuarium saja. 

Gurame Jepun

Ikan Gurame Jepun ini berasal dari Jawa Tengah. Ikan ini mempunyai berat dan ukuran yang sangat lumayan besar. Jenis ini  mempunyai bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Panjang tubuhnya antara 45 cm dan beratnya kurang lebih 4 kg. 

Itulah tadi informasi mengenai ikan gurame. Selain berbagai macam jenis, ada banyak sekali gambar ikan gurameh di internet dengan berbagai macam jenis yang sangat cantik.