Mengenal Cara Kerja dan Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2022

Produk dari Reksa Dana Pasar Uang ini dikenal mempunyai level risiko rendah dari jenis lainnya seperti saham, campuran maupun tetap. Terdapat beberapa produk Reksa Dana Pasar Uang Terbaik yang menjadi unggulan dan diminati oleh investor. Bagi investor pemula, jenis investasi ini aman dan sesuai tipe konservatif dengan nominal pembelian terjangkau.

Investor dapat melakukan transaksi produk melalui perusahaan sekuritas resmi yang sudah terdaftar izin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segala bentuk investasi akan diawasi dan keamanannya lebih terjaga. Inilah pembahasan lengkap mengenai Reksa Dana Pasar Uang dan rekomendasi produk terbaik yang wajib disimak:

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang dan Cara Kerjanya

Jenis Reksa Dana ini dikenal sebagai jenis yang mengalokasikan seluruh dana pengelolaan pada produk pasar uang seperti surat berharga maupun deposito. Suku bunga dari Bank Indonesia ini dapat mengalami perubahan, sehingga bisa berpengaruh terhadap hasil imbal RDPU (Reksa Dana Pasar Uang).

Produk ini mempunyai risiko rendah dibandingkan jenis lain. Hal tersebut cukup diminati oleh pemula yang masih ragu dengan risiko investasi. Reksa Dana Pasar Uang ini juga bisa menjadi alternatif dari deposito maupun tabungan di bank karena dinilai jauh lebih menguntungkan.

Cara kerja Reksa Dana Pasar Uang umumnya cukup mudah dipahami. Pertama, investor akan melakukan penyetoran dana ke manajer investasi. Lalu, pihak manajer investasi membuat portofolio dari dana kelolaan yang terkumpul. Isi portofolio ini berupa instrumen pasar uang, SBI, obligasi dan deposito dengan masa jatuh tempo kurang dari setahun.

Selanjutnya, portofolio tersebut akan dikelola dan diinvestasikan oleh manajer investasi untuk memperoleh keuntungan. Nantinya investor akan menerima laporan mengenai portofolio investasi yang sedang dikelola secara berkala.

Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2022

Reksa Dana dijadikan pilihan alternatif berisiko rendah yang menjadi andalan investor pemula. Terdapat beberapa produk Reksa Dana Pasar Uang terbaik dengan performa bagus dalam waktu setahun belakangan. Inilah daftar rekomendasi yang perlu diketahui investor sebagai berikut:

1. Trim Kas 2

Trim Kas 2 adalah Reksa Dana Pasar Uang dikelola oleh Trimega Asset Management . Produk ini diketahui telah mencatatkan performa sebesar 4,01% dalam jangka waktu setahun terakhir. Dana kelolaan dari Trim Kas 2 ini bahkan mencapai Rp 446,43 Miliar. Selain itu, investor dapat berkesempatan membeli produk Reksa Dana Pasar Uang dengan modal kecil.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Rekomendasi selanjutnya yaitu Sucorinvest Money Market Fund yang menjadi salah satu produk terbaik di Indonesia. Pertambahan nilai produk ini telah mencapai 5,29% selama satu tahun terakhir berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Sucorinvest Money Market Fund ini telah mengelola dana hingga mencapai angka Rp7,66 Triliun.

Dana kelola tersebut diketahui menjadi salah satu yang tertinggi dibandingkan dengan produk lain. Produk Reksa Dana Pasar Uang ini bisa dibeli oleh investor dengan modal dari Rp100.00 saja.

3. Syailendra Sharia Money Market Fund

Produk dari Syailendra Capital ini telah berhasil mencatatkan performa sebesar 4,38% dalam kurun waktu setahun terakhir. Dana kelola bahkan mencapai total Rp58,26 Miliar. Syailendra Sharia Money ini bahkan bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp50.000.

4. Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Pihak Sucor Asset Management mengeluarkan produk berbasis syariah dengan performa 4,57% selama satu tahun terakhir. Total dana yang dikelola Sucorinvest Sharia Money Market Fund telah menyentuh Rp2,27 Triliun. Produk ini bisa dibeli dengan harga lebih murah yaitu mulai dari Rp10.000.

Demikian pembahasan tentang cara kerja dan Reksa Dana Pasar Uang terbaik yang bisa dijadikan rekomendasi. Investor dapat berinvestasi dengan praktis dan cepat secara online melalui fintech pilihan yang terpercaya. Selain itu, marketplace produk keuangan biasanya sudah bekerja sama dengan perusahaan sekuritas yang berizin dari OJK.