Inilah 3 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tiap Bagian Tubuh

Buah sirsak merupakan buah tropis asal Amerika Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara yang juga mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memang sudah dikenal bermanfaat karena mengandung banyak karbohidrat terutama fruktosa, vitamin C, B1 dan B2, serta dapat memenuhi 13% kebutuhan serat harian manusia.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, namun daun sirsak juga tak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terlebih dalam daun sirsak terdapat kalori yang jumlahnya hampir 0 dan sejumlah vitamin serta mineral yang sama seperti yang terdapat dalam buah. Itu artinya, ada banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain memiliki nutrisi yang tinggi dan rendah kalori yang menyehatkan tubuh, daun sirsak juga memiliki manfaat untuk setiap bagian tubuh. Berikut ini ada 3 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tiap anggota tubuh. Yuk, simak apa saja manfaat daun sirsak ini!

Kesehatan Rambut

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah untuk kesehatan rambut, karena daun sirsak dianggap mampu mengatasi permasalahan rambut yang umum dialami, seperti ketombe, rambut rontok, atau bahkan menghilangkan kutu. 

Selain itu, daun sirsak juga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, yaitu dengan merebus tujuh lembar daun sirsak yang masih muda dengan 1,5 liter air, setelah air berubah warna, tunggu air menjadi dingin dan gunakan air tersebut untuk keramas. Anda perlu membilasnya lagi dengan air bersih.

Kemudian, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe yang dapat disebabkan dari shampoo atau perawatan rambut yang tidak cocok. Cara mengatasinya adalah dengan dengan menumbuk sampai halus beberapa helai daun sirsak dan tambahkan sedikit air sampai dan oleskan pada rambut sebagai masker, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Ketombe dan stress dapat menjadi pemicu rambut rontok, dan untuk mengurangi kerontokan rambut, Anda bisa menumbuk daun sirsak dan campurkan 5 sendok air mawar, gunakan sebagai masker rambut dan bungkus rambut selama 25 menit dengan handuk, lalu bilas dengan air bersih.

Walaupun sangat bermanfaat untuk manusia, namun daun sirsak ternyata beracun bagi serangga dan parasit seperti kutu, oleh karena itu daun sirsak dapat digunakan untuk membasmi kutu yang ada di rambut, caranya adalah dengan merebus daun sirsak dan gunakan air tersebut untuk mencuci rambut.

Kesehatan Mulut

Ekstrak dari daun sirsak dapat Anda gunakan untuk mengatasi bau mulut yang bisa disebabkan dari jamur atau bakteri yang ada di mulut, karena daun sirsak memiliki sifat antimikroba dan fungisida di mana sifat ini mampu mengobati gangguan mulut dan membuat mulut jadi lebih sehat dan wangi. Untuk menghilangkan bau mulut, Anda bisa rutin kumur-kumur dengan air rebusan daun sirsak.

Selain itu, daun sirsak juga dapat mengobati sariawan di mulut dengan menumbuk daun sirsak dan merebusnya, air rebusan tersebut bisa diminum untuk mengecilkan dan menyembuhkan sariawan yang diderita.

Kesehatan Kulit

Jika Anda memiliki kulit yang bermasalah seperti jerawat, eksim, ruam, bisul, atau masalah kulit lainnya, Anda dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobati permasalahan kulit tersebut dengan mengaplikasikan daun sirsak pada kulit yang bermasalah. Selain itu, daun sirsak juga bisa mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengurangi flek hitam pada kulit wajah yang biasanya disebabkan dari bekas jerawat atau terkena paparan sinar matahari. Untuk menguranginya, Anda bisa menumbuk halus enam helai daun sirsak dan tambahkan air mawar secukupnya, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, Anda juga bisa memijat wajah dengan lembut dan tunggu hingga maskernya meresap, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk perawatan alami dengan daun sirsak untuk jerawat di wajah, Anda cukup mengoleskannya pada kulit yang berjerawat dan tunggu hingga daun layu, dan cuci wajah hingga bersih dengan air. Selain itu, daun sirsak juga bisa mencerahkan kulit dengan menghaluskan tiga lembar daun sirsak dan campur dengan madu dan perasan lemon kemudian oleskan pada wajah dan biarkan meresap hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kemudian, daun sirsak juga bisa menghilangkan komedo dengan cara menumbuk daun sirsak ini hingga halus dan campurkan dengan air mawar, kemudian racikan tersebut bisa Anda gunakan sebagai masker untuk menghilangkan komedo di wajah, jangan lupa bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itu dia tiga manfaat daun sirsak untuk kesehatan setiap bagian tubuh Anda. Banyak sekali manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, dengan itu dapat dipastikan daun sirsak memang sangat berguna untuk kesehatan dan dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, darah tinggi, bahkan insomnia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!