Lidah Buaya Untuk Wajah: Murah dan Bermanfaat

Tanaman lidah buaya mulai menjadi tren setelah dikeluarkannya berbagai produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya yang terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Lidah buaya untuk wajah merupakan cara alami yang masih bertahan digunakan dari berbagai zaman oleh sebagian besar manusia.Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah ditemukan, murah, pemeliharaannya mudah, serta memiliki banyak manfaat bagi manusia 

Kandungan lidah buaya 

Lidah buaya telah terbukti memiliki berbagai kandungan baik yang akan sangat bermanfaat bagi manusia jika dikonsumsi. Beberapa kandungan yang ada di dalam lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan kulit. Berikut kandungan yang terdapat dalam lidah buaya:

  1. Vitamin, lidah buaya atau yang biasa dikenal dengan aloe vera mengandung beberapa vitamin apabila dikonsumsi oleh tubuh akan memberikan manfaat dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, seperti vitamin E, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kolin.
  2. Enzim, yang terkandung dalam lidah buaya terdapat delapan enzim, yaitu carboxy peptidase, alkaline phosphatase, bradykinase, selulase, amylase, katalase, lipase, aliase, dan peroksidase. Enzim-enzim tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan dapat memecah lemak dan gula dalam tubuh.
  3. Antrakuinon, berfungsi sebagai obat pencahar yang dapat membantu mengatasi sembelit atau sulit BAB.
  4. Mineral, bermanfaat untuk mengelola enzim pada tubuh untuk diubah menjadi antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.
  5. Asam amino, dalam lidah buaya mengandung asam amino yang berguna untuk tubuh sebagai antibakteri dan anti inflamasi.

Manfaat Lidah buaya untuk wajah

Setelah kita mengetahui banyak kandungan baik yang terdapat dalam lidah buaya, khususnya pada kulit wajah, maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui manfaat apa saja yang terdapat dalam lidah buaya untuk wajah. 

  1. Melembapkan,melalui zat polisakarida dan sterol yang terkandung dalam lidah buaya, maka lidah buaya akan memberikan manfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah maupun tubuh.
  2. Menyembuhkan luka, berkat kandungan kalsium dan antioksidan dapat membantu mempercepat pembelahan sel dan memperkuat jaringan kulit. 
  3. Menghaluskan kulit, dapat dilakukan dengan pengangkatan sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru yang nantinya akan memberikan efek halus pada kulit dan kulit menjadi lebih kuat.
  4. Mengandung antioksidan dan nutrisi. Membantu menangkal radikal bebas pada wajah.serta mencegah penuaan dini.
  5. Meredakan radang dan gatal

Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Wajah

Tentunya semakin tinggi rasa ingin mencoba lidah buaya untuk wajah, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Pertama, pilih lidah buaya yang akan digunakan, lalu potong lidah buaya sesuai kebutuhan.

Kedua, kupas kulit lidah buaya. Karena bagian yang akan digunakan adalah gel yang terdapat pada daging lidah buaya, lalu cuci bagian yang sudah dikupas dengan air bersih.

Ketiga, potong kecil-kecil untuk memudahkan memisahkan gel dari daging lidah buaya.

Keempat, ambil gel lidah buaya dengan cara diperas.

Kelima, taruh gel yang sudah diperas ke dalam kulkas untuk memberikan sensasi segar pada wajah.

Keenam, aplikasikan gel pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.

Ketujuh, bilas atau cuci wajah setelah selesai.

Produk Lidah Buaya Untuk Wajah

Ada banyak produk hasil olahan dari lidah buaya untuk wajah, beberapa diantaranya adalah :

  1. Masker wajah
  2. Shooting gel
  3. Cleanser
  4. Toner
  5. Cream
  6. Serum
  7. Eye patch

Efek samping lidah buaya

Tidak semua orang bisa menggunakan lidah buaya, karena memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap tubuh pengguna. Jika tidak cocok menggunakan lidah buaya, maka akan timbul efek samping dari penggunaan lidah buaya, terlebih pada orang yang memiliki kulit yang sensitif. Beberapa efek yang ditimbulkan diantaranya:

  1. Mengalami peradangan, dalam menggunakan masker lidah buaya disarankan untuk menggunakan masker selama lima belas menit. Namun, pada wajah dengan kulit sensitif akan menimbulkan peradangan pada batas waktu tertentu sesuai dengan ketahanan kulit.
  2. Membuat gatal, perih, atau muncul ruam kemerahan. Resiko lain dari penggunaan lidah buaya adalah muncul gejala dari iritasi kulit ataupun alergi. 

Segera hentikan penggunaan lidah buaya jika mengalami efek samping tersebut. Cobalah untuk memeriksakan dan konsultasikan ke dokter kulit jika keadaan tidak kunjung membaik, agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah, kita sudah mengetahui tentang lidah buaya beserta fungsi dan efek penggunaannya pada tubuh manusia, khususnya wajah. Lidah buaya untuk wajah sudah banyak digunakan dan sempat menjadi tren kosmetik dan produk kecantikan pada wanita. Dengan beragam manfaat yang terkandung di dalamnya, lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia dengan kandungan-kandungan baik yang ada di dalamnya. Akan lebih hemat juga jika kita menanam dan merawat sendiri tanaman lidah buaya di rumah kita.