Liburan Keluarga ke Jogja? Ke Gembira Loka Yogya Saja, Dijamin Gembira!

Nama Gembira Loka Yogya tentu sudah masyhur di antara nama kebun binatang lainnya. Kebun binatang yang terletak di kota Jogja ini memiliki bermacam satwa yang terawat dengan baik. Tidak hanya itu, banyak pengalaman menyenangkan yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke Gembira Loka, tidak hanya melihat satwa asli dari dekat, tapi juga terdapat banyak kesempatan yang hanya bisa dilakukan di sana.

Tidak hanya menjadi obyek wisata, tapi kebun binatang Gembira Loka Jogja adalah perwujudan mimpi Sri Sultan Hamengku Buwono IX beserta pendahulunya, yaitu menyimpan hewan kerajaan di kompleks keraton, alhasil didirikanlah bonbin Gembira Loka Yogyakarta.

Makin penasaran dengan kebun binatang Gembira Loka Jogja? Langsung simak fakta menarik di balik keberadaan kebun binatang ini.

Saksi Bisu Sejarah

Awal pembangunan kebun binatang Gembira Loka Jogja dimulai pada tahun 1933, bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Didirikan di atas lahan seluas 20 hektar, dan proyek awalnya bernama Kebon Rojo. Pembangunannya sempat tertunda karena perang Dunia II, dan baru bisa berlanjut pada 1953, dengan nama proyek seperti nama tempatnya sekarang, yaitu Gembira Loka. 

Rusak Karena Gempa

Gempa yang melanda Jogjakarta, Bantul, dan daerah di sekitarnya, tidak pandang bulu dalam menghancurkan properti, bahkan area bonbin Gembira Loka Yogyakarta, terkena dampaknya dan harus dipugar kembali untuk bisa beroperasi kembali.

Bahkan sampai sekarang pembangunannya masih terus berlanjut, menambah space untuk hewan-hewan baru, juga perbaikan sarana prasarana dan fasilitas yang ada.

Tidak Hanya Kebun Binatang

Gembira Loka Jogja tidak hanya berfungsi sebagai kebun binatang pasif, yang mana pengunjungnya hanya datang kemudian melihat satwa dari dekat. Tetapi banyak wahana rekreasi yang bisa menjadi pelepas penat selama berkunjung.

Mulai dari wahana permainan Skuter air, perahu kayuh, banana orca, bahkan sampai ke kapal katamaran tersedia di bonbin Gembira Loka Jogja.

Museum Gembira Loka

Tidak cuma memelihara hewan, Gembira Loka Yogya juga memiliki museumnya sendiri, berisi 34.747 jenis tumbuhan dan lebih dari 1000 ekor binatang dari 220 jenis satwa, yang ditampilkan secara menarik dengan tujuan edukasi kepada para pengunjungnya.

Di museum Gembira Loka sendiri terdapat dua laboratorium, yaitu lab fauna dan lab flora.

Lab Fauna berisi mulai dari berbagai jenis kupu-kupu, serangga, avertebrata laut, hewan air, habitat sutera, sampai hewan terrestrial. Sedangkan Lab flora sendiri berisi aneka ragam biji-bijian, alga laut, umbi, tumbuhan-tumbuhan obat, sampai bunga bangkai, atau nama latinnya Raflesia Arnoldi.

Pengalaman Menunggangi Hewan

Jika berbicara tentang menunggangi hewan, yang mudah terlintas di pikiran, adalah menunggangi kuda poni yang ukurannya relatif kecil dan aman. Berbeda dengan di bonbin Gembira Loka Jogja, di sini anda bisa menaiki unta, bahkan gajah Sumatera.

Untuk mengalaminya sendiri, anda hanya cukup mengeluarkan kurang lebih 10 ribu per kepala, dan untuk anak kecil di bawah tiga tahun, gratis untuk menaikinya. Sudah tentu uang yang anda keluarkan akan kembali untuk peningkatan kebun binatang, dan peningkatan kualitas satwa yang hidup di dalamnya. 

Dihuni Lebih dari 340 Ekor Burung

Berisi 60-an jenis burung dan lebih dari 340 ekor burung tinggal bersama di taman burung Gembira Loka Yogya, atau biasa disebut Bird Park. Dengan variasi jenis burung sebanyak itu, tentu pengalaman yang anda dapatkan akan lebih terasa. 

Mulai dari merak dengan ekor belakangnya yang angkuh, Cendrawasih dengan bulunya yang berwarna-warni, sampai Pinguin Jackass, yaitu penguin subtropis yang berasal dari Afrika Selatan bisa hidup tenang dan bersama di sini. 

Teater Para Hewan

Atraksi sirkus selalu menjadi tontonan yang dinanti-nanti di dunia hiburan hewan. Gembira Loka Yogyakarta sendiri memiliki teater yang khusus menampilkan atraksi hewan-hewan tersebut. 

Mulai dari orangutan, beruang madu, singa laut, bahkan hewan sekecil hamster bisa naik panggung dan menunjukkan kebolehan mereka dalam beratraksi. Teater ini selalu penuh sesak oleh orang dewasa dan anak-anak yang perhatiannya tertarik pada kelihaian permainan para hewan.

Memiliki Danau Buatan

Danau buatan terletak di tengah Gembira Loka Jogja, berisi wahana-wahana air, mulai dari kapal katamaran, banana orca, sampai sepeda air dengan bentuk bebek yang bisa diisi dua orang dewasa. Harga untuk menaikinya pun tidak mahal, cukup 15 ribu untuk berkeliling danau. 

Dari danau ini anda bisa melihat pulau mungil yang dihuni oleh soang dan merak, jika beruntung, anda bisa melihat merak mengibarkan bulunya, saat menaiki sepeda air yang cocok dinaiki berdua bersama pasangan hidup.

Mempertontonkan Hewan Makan

Istilah yang digunakan pihak Gembira Loka Jogja adalah Feeding Time. Di waktu-waktu ini, anda bisa melihat hewan yang sedang diberi makan oleh petugas, mulai dari harimau, simpanse, dan yang paling menakjubkan adalah ular piton dengan ukuran besar.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Gembira Loka Yogya, tentu penasarankan dengan bagaimana suasana asli di dalamnya, langsung saja anda bisa mengunjunginya. Tiket Gembira Loka Yogyakarta juga terjangkau harganya, yakni 30 ribu untuk hari biasa, dan 35 ribu untuk weekend.