Jalan-jalan ke Lembang cuma sehari, kenapa tidak?

Saya yakin Sebagian besar anak milenial pasti tahu beberapa tempat wisata yang instagramable di Lembang. Salah satu lokasi hits yang terletak di daerah Bandung ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin melepas penat dengan mengajak keluarga. Oleh karena itu, jangan heran untuk menuju ke Lembang selalu macet, terlebih-lebih saat weekend.

Lembang adalah salah satu kecamatan di kabupaten Bandung Barat. Jarak dari ibu kota kabupaten Bandung Barat ke Lembang sendiri adalah 22 kilometer. Karena letaknya yang berada pada ketinggian 1.312-2084 meter diatas permukaan laut dan terletak di area pegunungan, tidak heran jika udaranya sejuk.

Mengapa memilih liburan ke Lembang?

Lembang memiliki banyak tempat wisata dengan keindahan dan keunikannya masing-masing. Anda dapat menemukan berbagai macam jenis wisata mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi. Alasan inilah yang membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda berasal dari Jakarta, Lembang adalah tempat yang patut dipertimbangkan untuk dituju bersama keluarga Anda. Selain jaraknya yang dekat, Anda bisa berpergian dengan cara one day trip. Artinya Anda bisa langsung pulang ke rumah Anda, tanpa perlu menginap, loh!

Selain itu, tempat-tempat yang saya rekomendasikan dibawah ini sangat cocok bagi Anda yang saat ini terpaksa menunda berlibur ke luar negeri dan ingin mengobati rindu akan traveling. Khususnya saat pandemi seperti ini, dimana berpergian ke luar negeri masih dibatasi. Baiklah tanpa basa-basi lagi, berikut beberapa destinasi favorit saya di Lembang.

The Great Asia Afrika

Tahukah Anda? Ternyata tidak banyak yang mengenali tempat ini. Mungkin orang-orang yang berasal dari Bandung sebagian besar familiar dengan tempat ini. Namun orang diluar bandung, belum tentu.

The Great Asia Afrika adalah salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keberagaman budaya yang ada di Asia dan Afrika. Saat Anda memasuki lokasi wisata, Anda akan disambut oleh resto. Lalu jika Anda berjalan sedikit kebawah, Anda akan menemukan 7 bangunan khas dari beberapa negara di Asia dan Afrika.

Menjunjung konsep budaya dunia

Pertama-tama Anda akan menemukan bangunan khas Korea. Jika Anda penggemar Kpop atau Kdrama, tempat ini wajib dikunjungi. Anda bisa menyewa hanbok Korea dan berfoto di rumah tradisional Korea sambil mengenakan hanbok.

Jangan khawatir! Hanbok Korea yang Anda pakai akan selalu diperhatikan kebersihannya oleh petugas setempat, khususnya dalam masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Selain dapat menyewa hanbok Anda bisa belajar juga mengenai jenis-jenis kimchi ala Korea dan tteokbokki, salah satu jajanan pedas khas Korea.

Setelah dari Korea, Anda akan menemukan rumah tradisional Thailand. Namun sayangnya Anda tidak bisa berfoto dengan menggunakan pakaian tradisional Thailand karena tidak tersedia. Namun tenang saja, Anda masih bisa berfoto-foto di depan bangunan tradisional Thailand, kok!

Setelah dari Thailand, kita singgah di India. Lokasi bangunan tradisional India menurut saya cukup besar. Anda juga bisa menyewa baju sari India, loh disini. Begitu juga dengan Timur Tengah.

Selanjutnya Anda akan bertemu dengan bangunan tradisional Jepang. Familiar dengan kuil seribu gerbang Jepang, atau dalam bahasa Jepangnya Fushimi Inari Taisha yang berwarna merah? Tidak usah jauh-jauh ke Jepang. Anda bisa menemukannya di Indonesia, tepatnya di The Great Asia Africa.

Menurut saya lokasi yang paling besar disini adalah lokasi bangunan Jepang. Tidak hanya lokasinya, namun suasananya juga dibuat mirip Jepang. Ada bunga sakura, bangunan signature Jepang, lagu-lagu bernuansa Jepang, hingga kimono.

Setelah dari Jepang, tempat pemberhentian terakhir adalah bangunan tradisional Afrika. Bangunan ini adalah satu-satunya bangunan yang berada diluar benua Asia namum sangat unik dan menarik. Banyak sekali wisatawan yang mengabadikan momen bersama keluarga didepan bangunan ini. Kapan giliran Anda?

 Farmhouse Susu Lembang, ‘surganya’ animal lovers

Satu lagi tempat yang sangat cocok untuk mengajak keluarga Anda, khususnya bagi anak-anak untuk berpetualang sambil belajar mengenal hewan-hewan. Entah mengapa saya selalu excited tiap kali datang ke tempat ini. Mungkin karena saya adalah pecinta hewan.

Seperti tempat wisata lainnya, Anda perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu sebelum memasuki tempat wisata ini. Saat Anda masuk, Anda akan diberikan voucher untuk ditukarkan nanti dengan susu sapi asli. Jadi, kalau Anda ingin minum susu, pastikan vouchernya jangan hilang, ya!

Farmhouse adalah sebuah theme park yang menyajikan suasana khas Eropa bagi para wisatawan. Jadi tidak heran saat masuk, Anda akan disambut oleh menara kincir angin dan bangunan bercorak khas Eropa. Anda juga bisa beli pernak-pernik khas Eropa dan lembang loh.

Sepanjang perjalanan menuju satu tempat ke tempat lainnya, Anda akan dimanjakan oleh banyak bangunan bercorak Eropa. Mulai dari farmhouse sendiri hingga rumah Hobbit, pastinya Anda tidak ingin meninggalkan tempat ini tanpa berfoto-foto. Oh, iya! Anda juga bisa menyewa kostum Maid ala Eropa loh.

Selain dapat berfoto-foto ria dengan teman atau keluarga, di sepanjang jalan juga Anda akan menemukan berbagai jenis makanan atau minuman. Mulai dari makanan atau minuman nasional hingga ala-ala Eropa. Mulai dari yang paling basic hingga makanan berat, ada disini.

Tidak hanya bangunan dan makanan yang beragam yang bisa Anda temukan disini. Inti dari farmhouse sendiri ada pada keanekaragaman hewan yang ada didalamnya. Dan tentu saja Anda bisa memberi makan, tentunya dengan membeli sayuran yang disediakan.

Orchid Forest – Cikole, tempat astetik dan instagramable

Salah satu tempat yang bisa sering dikunjungi di Lembang dan sangat astetik adalah Orchid Forest, Cikole. Tempat ini selalu ramai, apalagi saat weekend. Dan wisatawan yang mendominasi tempat ini tidak lain adalah para pemuda dan pemudi.

Jika sebuah spot ramai dikunjungi oleh pemuda dan pemudi, pasti spot tersebut adalah spot yang astetik, dan bisa dijadikan konten di sosial media. Hal inilah berlaku untuk hutan Anggrek ini. Jadi tidak heran jika Anda mencari tempat ini di sosial media, akan muncul banyak foto-foto menarik dan indah yang dapat Anda temukan.

Hutan astetik dengan berbagai spot foto yang menarik

Sebelum membahas mengenai sentuhan astetik yang diberikan pada hutan ini, ada baiknya Anda tahu fakta mengenai hutan anggrek ini. Sebanyak 157 spesies anggrek bisa Anda temukan disini. Indah bukan? Untuk menghormati keindahan hutan ini, saya harap saat berkunjung Anda tetap menjaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya, ya!

Sekarang, jika berbicara mengenai astetik, hutan ini memang tidak diragukan lagi keindahannya. Anda dapat menjumpai kabin, jembatan kayu yang dihiasi lampu, hingga hutan kelinci dan tentunya masih banyak lagi. Karena keindahannya, tempat ini dijadikan lokasi salah satu festival musik Indonesia yang populer dikalangan kaula muda yaitu LaLaLa Fest.

Berpergian yang aman di masa pandemi

Sekian beberapa tempat favorit saya yang saya rekomendasikan kepada Anda untuk tidak dilewatkan. Saya juga ingin mengajak Anda untuk selalu hati-hati dan jaga keselamatan Anda saat berpergian, kemanapun dan sejauh apapun itu.

Karena saat ini kita masih berada dalam musim pandemi, Anda harus lebih memperhatikan keselamatan Anda dan juga orang lain. Pastikan Anda berada dalam kondisi yang sehat saat berpergian, gunakan masker, hindari kontak langsung dengan orang-orang yang tidak serumah atau yang tidak berpergian bersama Anda, sering cuci tangan atau gunakan handsanitizer, hindari kontak dengan orang yang sakit dan hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda jika belum mencuci tangan. Happy traveling dan jaga keselamatan Anda.

Related

Batik Bogor

Siapa sangka bahwa Bogor merupakan salah satu produsen batik paling fenomenal di Nusantara. Salah satu kota di Jawa…

Read more

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata “Generasi Z”? Pasti kamu langsung terbesit tentang anak remaja yang tak…

Read more
Batik Shibori

Ternyata kekayaan membatik bukan hanya milik Indonesia, namun juga ada Batik Shibori yang disebut sebagai batiknya…

Read more

Punya info situs menarik, tentang batik atau wisata Indonesia? Kirimkan disini.

About

BatikIndonesia.com adalah komunitas penggemar batik terbesar di Indonesia, dengan 5 juta fans di facebook, instagram, dan website.

Misi kami adalah membantu para pebisnis Batik Indonesia, agar dapat tumbuh terus. Dan semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Alamat Redaksi
Cipinang Indah. Jakarta Timur

Navigation