Kucing Anggora Kecil: Kenali Jenis, Makanan, Harga, Cara Merawat dan Perbedaannya dengan Kucing Persia

Mempunyai kucing anggora kecil tentunya sangat menggemaskan dan dapat menghilangkan kepenatan Kamu setelah menjalani aktifitas yang padat. Apabila Kamu memelihara kucing anggora, tentunya harus melakukan perawatan yang bagus supaya mereka tetap sehat. Simak terus artikel di bawah ini supaya Kamu mendapatkan informasi seputar perawatan kucing anggora dan lain sebagainya.

Jenis Kucing Anggora

Terdapat berbagai jenis kucing anggora seperti kucing anggora x anggora dengan ciri mempunyai warna bulu putih bersih dan tidak berubah, wajah yang panjang, tulang besar, dan hidung mancung. Kemudian terdapat jenis kucing anggora x persia dengan ciri tampilan yang unik, bentuk wajah dan hidung bulat, bulu dan matanya cantik. Selain itu ada juga kucing anggora x kampung dengan ciri struktur tulang dan bulunya menyerupai kucing kampung. Namun, bentuk dari wajahnya seperti kucing anggora yang asli.

Makanan untuk Kucing Anggora

Makanan untuk kucing anggora kecil penting diperhatikan supaya pertumbuhannya bagus, lebih sehat, dan juga tidak kelaparan. Kamu dapat memberikan makanan kering maupun makanan basah. Rekomendasi makanan untuk kucing anggora yaitu whiskas, royal canin, me-o, dan pro plan.

Selain dari menggunakan makanan kucing instan dengan merek-merek di atas. Tentunya Kamu juga ingin membuatkan makanan sendiri agar dapat menghemat dan bebas dari bahan pengawet. Kamu dapat membuatkan makanan buatan sendiri seperti membuat ikan atau daging yang sudah dicacah, membuat burger tuna, dan juga keju daging.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Banyak sekali perbedaan diantara keduanya yaitu, sifat kucing persia penyuka ketenangan sedangkan anggora ramah dan juga penuh sayang. Bulu dari kucing persia panjang dan mewah sedangkan anggora tidak sepanjang persia, lembut dan juga halus.

Bentuk muka dari kucing persia mempunyai wajah pendek serta datar, hidung yang pendek, dan kepala yang bulat. Matanya juga bulat, telinga rendah dan juga dekat dengan kepala. Badannya berotot dan persegi dengan ekor dan kaki yang pendek. Sedangkan bentuk muka dari anggora sendiri mempunyai hidung yang lebih panjang dan kepalanya berbentuk baji. Matanya berbentuk almond dan besar, telinganya tidak berjauhan, berjumbai dan tegak. Badannya juga ramping dengan bulu ekor yang panjang

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing anggora sangat suka bersosialisasi dan aktif serta mempunyai sifat lembut dan juga penyayang. Namun, mereka juga bisa nakal apabila Kamu tidak merawatnya dengan baik. Simak terus ulasan berikut ini agar Kamu dapat merawatnya sehingga membuat mereka makin lengket dengan Kamu.

Memperhatikan Makanannya

Obesitas merupakan salah satu masalah yang sering terjadi kepada kucing anggora, sehingga Kamu harus rutin untuk memperhatikan makanan yang dimakan. Gunakanlah makanan yang tinggi akan protein dengan kandungan protein setiap makanan minimal 40 persen.

Lebih baik Kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan terkait dengan makanan kucing anggora yang nantinya disarankan. 

Membersihkan Telinganya dengan Rutin

Lebih baik bersihkan telinga kucing anggora kecil setiap dua minggu sekali supaya telinganya tetap terjaga kebersihannya walaupun umumnya mereka dapat membersihkan telinganya sendiri.

Ketika Kamu sedang membantu dalam membersihkan telinganya, sebaiknya gunakanlah kain bersih basah atau bola kapas kemudian usap lembut dibagian telinga kucing. Janganlah membersihkan pada bagian saluran telinganya.

Rajin dalam Menyisir Bulunya

Supaya bulu dari kucing anggora tetap sehat dan juga terawat, sebaiknya Kamu rutin untuk menyikat dan juga menyisir bulunya beberapa hari sekali. Gunakanlah sisir metal yang bergerigi panjang dan umumnya di toko-toko hewan peliharaan sering menjualnya.

Dengan Kamu menyisir bulu kucing secara rutin, maka akan menjaga tampilannya dan juga mengurangi risiko hair ball tertelan yang nantinya dapat menyebabkan masalah di pencernaannya.

Menyediakan Kandang yang Luas

Sediakan kandang yang cukup luas karena kucing anggora senang bermain. Tak hanya itu, pastikan juga Kamu menyediakan berbagai jenis mainan supaya mereka tetap aktif.

Membersihkan Giginya Secara Rutin

Gigi kucing juga perlu untuk dibersihkan supaya dapat terhindar dari penyakit gigi maupun gusi lainnya. Agar kucing terbiasa dengan kebiasaan menyikat gigi, oleskan terlebih dahulu pasta gigi di tangan Kamu dan kemudian mintalah kucing untuk menjilatnya supaya mereka terbiasa dengan pasta gigi. 

Setelah kucingnya terbiasa, Kamu dapat menggunakan sikat gigi yang halus pada saat menyikat giginya dengan cara perlahan. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan pasta gigi yang sering digunakan manusia, hal itu dikarenakan mengandung fluoride yang dapat beracun bagi kucing.

Rajin untuk Memotong Kukunya

Potonglah kuku kucing secara rutin, setidaknya beberapa kali dalam seminggu atau beberapa kali dalam sebulan. Apabila Kamu ragu untuk memotong kuku kucing sendiri, Kamu dapat memotongnya ke salon hewan maupun dokter hewan terdekat.

Memandikannya dengan Rutin

Walaupun kucing anggora kecil dapat membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilati tubuh, namun Kamu tetap harus memandikan kucing anggora satu kali dalam dua bulan. Janganlah memandikan mereka terlalu sering karena dapat menyebabkan bulunya rentan untuk rapuh dan akhirnya mengalami kerontokan.

Harga Kucing Anggora Kecil

Harga dari kucing anggora bervariasi, mulai dari Rp. 700.000,00 an untuk kucing anggora kecil, harga Rp. 2.500.000,00 an untuk jenis kucing anggora x persia dengan umur 9 bulan, hingga harga Rp. 7.000.000,00 an.