Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Salam mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya.  Karena kebanyakan orang pasti hanya mengetahui bahwa daun salam ini hanya bisa dimanfaatkan untuk masakan.  Padahal selain itu, manfaat daun salam ini sangatlah banyak.

Apa sajakah yang termasuk ke dalam manfaat daun salam?  Simak penjelasannya sebagai berikut. 

Bahan Diet Alami

Khasiat Daun Salam yang pertama adalah sebagai bahan untuk diet alami.  Pastinya diluaran sana banyak yang ingin menurunkan berat badan untuk alasan masing – masing.  Baik itu untuk alasan kesehatan maupun untuk sekedar menunjang penampilan.

Untuk membantu anda menurunkan berat badan,  anda bisa memanfaatkan daun salam.  Anda bisa menambahkan kayu manis. Perpaduan dua bahan alami ini bisa membantu membakar lemak dalam tubuh.

Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Memiliki luka bekas jatuh atau sayatan tentu menjadi masalah tersendiri. Hal ini mengingat biasanya luka akan meninggalkan bekas yang terkadang sulit untuk dihilangkan. Belum lagi harus menahan nyeri akibat dari luka tersebut tentu sangat tidak mengenakan.

Namun jangan khawatir karena ketika anda memiliki luka,  anda bisa mengatasinya secara alami yaitu dengan menggunakan daun salam.  Daun salam bersifat anti inflamasi sehingga sangat cocok untuk mencegah terjadinya peradangan pada luka.  Anda bisa merebus daun salam ini kemudian menggunakannya untuk membasuh atau mengompres luka tersebut. 

Mengatasi Sakit Gigi

Selain menyembuhkan luka,  daun salam juga bisa mengatasi sakit gigi.  Hal ini karena di dalam daun salam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi radang pada gusi.  Kemudian ada pula sifat anti mikroba yang dapat membantu membunuh kuman maupun bakteri didalam mulut. 

Anda cukup merebus daun salam ini kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur. 

Mengatasi Masalah Pencernaan

Siapapun pasti pernah mengalami masalah pada saluran pencernaan.  Selain menimbulkan rasa tidak nyaman,  bahkan bisa juga mengganggu aktifitas.  Namun untuk mengatasi masalah pada pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan daun salam diantaranya adalah :

Diare

Siapapun pasti pernah mengalami diare.  Diare seringkali membuat perut tidak nyaman serta mengganggu aktifitas karena harus bolak – balik ke kamar mandi. Penyebab diare sangat beragam dimana salah satunya adalah disebabkan oleh adanya bakteri seperti bakteri Salmonella,  E. Coli maupun Cholera.

Didalam daun salam terdapat kandungan etanol yang ana berfungsi dalam menghambat pertumbuhan bakteri sehingga nantinya diare akan sembuh lebih cepat. 

Radang Lambung

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa daun salam memiliki sifat anti peradangan.  Sehingga bagi anda yang memiliki masalah radang pada lambung sangat bisa mengatasinya secara alami menggunakan daun salam ini. 

Mengobati Darah Tinggi

Khasiat Daun Salam berikutnya yaitu untuk mengatasi darah tinggi. Hal ini karena daun salam mengandung anti oksidan yang mana mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Membantu Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Salam berikutnya juga mampu menurunkan kolesterol hal ini karena daun salam memiliki kandungan Quercetin yang mana dipercaya mampu membantu dalam menurunkan kolesterol. 

Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat cukup sering dialami oleh masyarakat.  Orang yang menderita asam urat ini biasanya akan mengalami nyeri pada bagian persendian.

Nyeri yang ditimbulkan bisa memiliki intensitas rasa sakit yang bervariasi. Bahkan tak jarang nyeri yang timbul bisa sangat mengganggu aktifitas dan rutinitas keseharian. 

Untuk mengatasi asam urat ini anda bisa memanfaatkan daun salam karena daun salam dipercaya mampu menurunkan sekaligus mengontrol asam urat.

Mengobati Penyakit Diabetes

Khasiat Daun Salam selanjutnya adalah untuk mengobati diabetes.  Seseorang yang menderita penyakit diabetes biasanya akan memiliki kadar gula yang tinggi.  Penyakit ini bisa memicu banyak masalah kesehatan lainnya. 

Bahkan diabetes termasuk kedalam penyakit yang terbilang sulit disembuhkan.  Hal ini karena diabetes atau penyakit gula ini umumnya mampu menyebabkan komplikasi serius.  Sehingga cukup membahayakan kesehatan penderitanya. 

Untuk itulah diabetes harus segera diatasi dengan cepat dan tepat.  Salah satunya bisa diatasi secara alami menggunakan daun salam. Anda merebus daun salam dan menambahkan kumis kucing di dalamnya.  Air rebusan kedua bahan ini dipercaya mampu dalam menurunkan kadar gula secara alami. 

Mengobati Stroke

Khasiat Daun Salam juga bisa mengatasi stroke.  Stroke merupakan penyakit yang cukup sering dialami oleh masyarakat.  Stroke sendiri juga bisa dialami oleh siapa saja.

Biasanya orang yang mengalami stroke akan mengalami kelumpuhan sementara maupun permanen.  Bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan juga beragam.  Bisa hanya separuh badan atau bahkan semua anggota tubuh.

Untuk itu,  sebelum stroke mengancam kesehatan anda atasi dengan obat alami yaitu daun salam.  Anda bisa merebus daun salam sebanyak 10 lembar dan juga jantung pisang sebanyak 50 gram. Kedua bahan ini bisa membantu anda dalam mengobati stroke secara alami.

Dengan Khasiat Daun Salam yang sudah disebutkan diatas,  maka bisa disimpulkan bahwa bahan alami ini ternyata memang kaya manfaat karena bisa mengatasi banyak masalah kesehatan.