Jenis Reksa Dana Untuk Pemula Yang Bisa Dicoba!

Berinvestasi tidak lagi memandang usia dan kalangan. Pilihan investasi paling aman adalah yang ada perlindungan dari OJK, salah satunya adalah reksa dana. Pasalnya investasi dari penyetor modal dikelola oleh manajer yang disetujui oleh OJK. Bagi pemula, lebih baiknya memilih reksa dana yang minim risiko. Berikut ini reksa dana untuk pemula adalah sebagai berikut:

Reksa Dana Saham

Saran untuk pemula dalam memulai investasi adalah dengan reksa dana saham. Opsi ini dipilih karena diperuntukkan bagi pemula yang ingin investasi saham dan punya ambisi besar dalam pengelolaan tabungan mendatang.

Risiko reksa dana saham termasuk besar karena jenis investasinya saham dan dalam jangka panjang. Namun, keuntungan di reksadana ada yang namanya diverifikasi. Kerjanya adalah sistem telah mengakuinya. Ini salah satu mengurangi berbagai risiko.

Meskipun reksa dana memiliki risiko yang tinggi tapi keuntungan yang didapatkan pun sebanding. Alasannya profit yang disediakan bersifat fluktuatif. Jangkanya juga panjang di atas hampir 5 tahun. Cocok untuk mempersiapkan tabungan di usia tua.

Reksa Dana Pasar Uang

Jenis yang kedua reksa dana ada reksa dana pasar uang. Kerjanya sistem tersebut adalah uangnya diinvestasikan ke produk dari pasar uang. Produk tersebut seperti obligasi atau surat utang dalam jangka pendek dan deposito.

Keuntungan dari reksa dana saham ini karena hanya dengan modal kecil. Pemula yang berhasil investasi adalah disiplin investasi dalam skala per bulan misalnya. Modal kecil itu bisa mulai dari uang 100 ribu.

Berbeda dengan reksa dana saham, risikonya cukup rendah dan dapat digunakan dalam investasi yang jangka pendek. Biasanya dibutuhkan pada keperluan bersifat masa kini, sekitar 1 tahun. Cocok apabila untuk DP biaya beli rumah.

Reksa Dana Indeks

Reksa dana ini hampir mirip dengan saham. Pasalnya sama-sama memiliki risiko yang tinggi. Acuan portofolionya menggunakan indeks baik itu saham atau surat utang. Cocok sekali jika untuk keperluan dalam jangka panjang seperti asuransi pendidikan anak.

Cara kerjanya mengikuti dari indeks yang ditetapkan dari pengelola reksa dana. Karena acuannya ada di saham tersebut. Misal saja, pengelola menetapkan indeks LQ 65 dari 65 saham-saham maka reksa dana indeksnya adalah tiruan dari indeks saham LQ 65 tersebut.

Keuntungan yang didapatkan adalah penyetor modal tidak perlu mengatur portofolio. Sebab sudah ditangani oleh manajer yang profesional dimana OJK menyetujuinya. Jadi penyetor modal tidak perlu memikirkan waktu yang tepat untuk jual beli sahamnya.

Reksa Dana Campuran

Sesuai dengan istilahnya, reksa dana campuran yang mana investasinya dari dana penyetor dialokasikan di berbagai jenis. Mulai dari yang memiliki risiko rendah dan tinggi. Bisa dikatakan ada deposito, obligasi, dan saham.

Meskipun terjadi berbagai kemungkinan tapi resikonya tidak sebesar reksa dana saham. Sifat risikonya bersifat menengah karena dilihat dari jangka waktu mulai dari 3-5 tahun. Jadi cocok apabila penyetor reksa dana ingin menggunakan kebutuhan jangka pendek atau panjang.

Keuntungan yang bisa diambil dari reksa dana adalah dana cairnya mudah. Saat sudah membeli reksadana dan ingin mencarinya ke bentuk uang, manajer sudah menyediakannya tetapi dilihat dari jenis reksa dananya.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Risikonya beragam mulai dari kecil, sedang, dan besar. Jenis ini adalah investasi yang massanya mulai dari 1 sampai dengan 3 tahun. Pasalnya lebih fleksibel dibanding saham dan indeks. Hampir mirip dengan reksa dana pasar uang.

Dana yang telah disetorkan untuk investasi dialokasikan ke surat berharga utang dan keuangan lainnya. Sifatnya lebih stabil dan cenderung minim resiko. Maka inilah pilihan reksa dana untuk pemula agar berlatih investasi.

Kini, reksa dana dapat dipantau oleh investor dimanapun dan kapan pun. Sebab sudah ada sistem daring yang bisa diperiksa langsung oleh penyetor reksa dana. Meskipun dikelola oleh manajer, investor tetap bisa memantaunya.

Diantara macam reksa dana untuk pemula yang bisa dicoba. Investasi bisa dimulai dari dini. Asal ada kemauan untuk bekal hidup ke depan. Pilihlah jenis reksa dana yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan.