Inilah Cara Menanam Saham Di Perusahaan Bagi Investor Pemula

Saham merupakan investasi yang  dapat dilakukan dalam jangka panjang serta dapat dipilih guna menghasilkan keuntungan tertentu di masa depan. Saat ini sudah banyak yang tertarik untuk menanam saham dikarenakan caranya yang mudah dan dapat memberikan manfaat untuk masa depan. Berikut adalah cara menanam saham di perusahaan bagi pemula yang harus diketahui:

1. Menentukan Jenis Perusahaan Sekuritas

Langkah pertama sebagai cara menanam saham di perusahaan yaitu dengan menentukan terlebih dahulu perusahaan sekuritas mana yang diinginkan. Diketahui, perusahaan sekuritas  adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa perantara mengenai jual ataupun beli saham. Selain itu, perusahaan ini juga akan membantu proses pembukaan rekening di bursa efek nantinya.

Untuk itulah, pemula perlu mengetahui mana perusahaan sekuritas yang legal dan terjamin. Pastikan bahwa perusahaan tersebut tercatat di OJK dengan jelas dan dapat ditelusuri informasi lengkapnya. Hal ini dilakukan supaya calon investor tidak tertipu untuk menanam saham di perusahaan abal-abal karena memiliki resiko tinggi.

2. Siapkan Modal

Berikutnya, hal penting yang harus dimiliki oleh semua calon investor tentunya adalah modal. Modal ini sangat dibutuhkan untuk menanam saham. Sebabnya yaitu, modal adalah persyaratan untuk dapat bertransaksi dengan saham.

Biasanya, saham akan dihargai per lembarnya dengan harga yang berbeda-beda. Namun, saat ingin membeli saham tersebut maka dihitung per lot yang terdiri dari beberapa lembar saham. Lalu, saat akan membeli saham juga terdapat biaya transaksi sekuritas beberapa persen tergantung dari perusahaan masing-masing.

3. Melakukan Pendaftaran

Setelah memilih perusahaan sekuritas dan juga menyiapkan modal maka langkah berikutnya cara menanam saham di perusahaan yaitu dengan melakukan pendaftaran. Calon investor bisa mendatangi kantor perusahaan sekuritas yang dipilihnya ataupun mendaftar secara online. Berikut langkah-langkah selanjutnya:

  • Menyiapkan beberapa syarat dokumen yang wajib dimiliki oleh calon investor yaitu KTP, buku rekening, NPWP serta materai.
  • Berikutnya, pendaftar perlu mengisi formulir yang telah disiapkan oleh perusahaan.
  • Formulir tersebut berisi data-data yang menunjukkan bahwa pendaftar adalah calon investor yang akan terjun ke pasar modal.
  • Lebih lanjut, calon investor juga harus menyerahkan dana awal setoran ke nomor rekening dana investor atau yang biasa disebut dengan RDI.
  • Tentunya, setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai berapa dana awal yang perlu disetorkan untuk menjadi investor pemula.
  • Setelah itu, pendaftaran akan diproses oleh perusahaan selama beberapa saat.
  • Jika telah selesai diproses maka perusahaan akan memberikan akses supaya investor dapat masuk ke akun yang akan digunakan untuk transaksi saham nantinya.
  • Pendaftar juga akan diberikan user ID, kata sandi dan juga PIN untuk bertransaksi.

4. Memilih Saham

Kemudian, setelah calon investor telah memiliki rekening maka langkah selanjutnya adalah memilih saham yang akan dibeli. Adapun cara untuk memilih saham yaitu dengan cara melihat platform milik perusahaan sekuritas guna mencari saham apa yang sedang diperjualbelikan.

Di dalam aplikasi ataupun website milik perusahaan sekuritas biasanya juga akan muncul berbagai pilihan yang bisa diambil investor. Sebelum memilih saham perusahaan tertentu, sebaiknya lihat pula laporan mengenai keuangan perusahaan tersebut.

Selain itu, lihat juga kinerja dari perusahaan. Hal ini dikarenakan nilai saham yang dapat berubah-ubah sehingga investor bisa mendapatkan keuntungan dan juga kerugian.

5. Memantau Pergerakan Pasar

Selanjutnya langkah terakhir cara menanam saham di perusahaan adalah dengan terus memantau pergerakan pada pasar modal. Pergerakan pasar ini menunjukkan naik turunnya harga saham. Dengan memantau pergerakan dari saham tersebut maka investor dapat memilih kapan waktu yang tepat untuk menjual saham dan kapan saat yang pas untuk membelinya.

Adapun cara untuk memantau pergerakan saham ini dapat dilihat melalui berbagai situs berita mengenai ekonomi. Selain itu, investor juga dapat melihatnya melalui media sosial yang membahas perihal saham.

Demikianlah langkah-langkah cara menanam saham di perusahaan bagi pemula yang perlu diketahui. Saham adalah instrumen investasi yang terus bergerak mengikuti kondisi pasar. Selain itu, untuk menjadi investor pun bukan perkara yang mudah maka investor pemula sebaiknya terus belajar supaya tidak mengalami banyak kerugian.