Inilah Cara Menabung Saham Di BCA Serta Langkah-Langkahnya

Menabung saham kini menjadi hal yang mudah untuk dilakukan apalagi semenjak banyaknya platform sekuritas yang menyediakannya. Salah satunya yaitu menabung saham melalui BCA sekuritas. Di sini pendaftar dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum menabung saham.  Berikut adalah cara menabung saham di BCa serta langkah-langkahnya yang harus diketahui oleh pemula:

1. Mempersiapkan Dokumen

Langkah awal sebagai cara menabung saham di BCA yaitu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan. Beberapa dokumen tersebut yaitu kartu identitas pribadi, NPWP ataupun surat keterangan jika tidak memilikinya.

alu, ada pula buku tabungan BCA milik pribadi yang difotokopi.

Bila buku tabungan tersebut berbeda dengan identitas yang dimiliki maka perlu adanya surat keterangan. Nantinya, dokumen-dokumen yang ada tersebut akan ditinjau dan dijadikan syarat bagi pendaftar untuk melakukan pendaftaran sebagai calon investor melalui BCA.

2. Melakukan Pendaftaran

Selanjutnya, setelah mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan maka pendaftar bisa langsung mendaftarkan diri. Adapun cara mendaftarkan diri  dapat dilakukan langsung ataupun melalui online. Adapun pendaftaran online maka harus mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Download aplikasi BCAS Best Mobile melalui perangkat milik pendaftar kemudian buka.
  • Berikutnya, klik open account untuk membuka akun baru.
  • Selanjutnya yaitu menghubungi petugas Halo BCA berdasarkan nomor yang tertera di sana.
  • Lalu, klik login dan nantinya akan muncul beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh pendaftar.
  • Kemudian isilah formulir yang ada di aplikasi tersebut seperti sumber dana, pekerjaan yang dilakukan, ahli waris pendaftar dan juga tujuan melakukan investasi
  • Jika sudah, klik ok lalu tandatangani dan juga tuliskan nama terang pendaftar.
  • Isilah pernyataan yang muncul di halaman tersebut.
  • Setelah itu, unggah dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya di bagian lampiran.
  • Lalu akan muncul perjanjian mengenai pembukaan rekening.
  • Isi bagian tersebut dan juga keterangan lainnya.
  • Masukkan pula data diri beserta data dari nasabah perorangan.
  • Setelah itu, klik untuk melakukan konfirmasi.
  • Nantinya, pendaftar akan mendapatkan kode akses yang akan dikirim melalui email milik pendaftar.

Berikutnya, selain melakukan pendaftaran melalui online, pendaftar juga dapat melakukannya secara langsung. Caranya yaitu pendaftar perlu menyediakan dokumen yang sama seperti sebelumnya lalu membawanya ke kantor BCA terdekat. Nantinya, petugas akan memberikan pengarahan hal-hal yang harus dilakukan oleh pendaftar.

3. Mempersiapkan Dana

Selanjutnya, bila pendaftar telah berhasil melakukan pendaftaran dan mendapatkan kode akses maka pendaftar perlu mempersiapkan dana untuk melakukan deposit awal. Deposit awal ini sebagai syarat bagi calon investor untuk menabung saham di sini.

Adapun deposit awal yang diperlukan biasanya berjumlah Rp 3 jutaan. Setelah mengisi rekening efek dengan deposit maka investor pun sudah bisa menabung saham melalui platform BCA.

4. Memilih Saham

Lebih lanjut, cara menabung saham di BCA berikutnya yaitu dengan memilih saham dari perusahaan apa yang akan dipilih oleh investor. Saham yang tersedia ini tentunya berasal dari perusahaan-perusahaan yang berbeda. Investor perlu memilih dengan jeli mana perusahaan yang memiliki likuiditas yang baik.

Selain itu, integritas dari perusahaan pun perlu diperhatikan pula. Hal tersebut disebabkan, kenaikan maupun penurunan nilai dari saham juga dipengaruhi oleh  perusahaan tersebut. Bila perusahaan tersebut terus naik maka investor pun akan mendapatkan keuntungan. Sedangkan, jika kinerja perusahaan tersebut terus menurun maka harga saham di pasar modal pun ikut terkena imbasnya.

5. Membeli Saham

Setelah investor memutuskan untuk memilih saham dari perusahaan tertentu maka langkah berikutnya adalah membelinya. Caranya, masuk ke aplikasi sebelumnya kemudian masuk ke bagian pilihan produk saham. Adapun saham BCA sendiri mempunyai kode BBCA di dalamnya.

Demikianlah cara menabung saham di BCA yang bisa dilakukan. Dalam menabung saham di BCA, investor diharuskan untuk melakukan pembelian per lot yang dalam satu lotnya terdiri dari 100 lembar saham dengan harga yang berbeda-beda.