Ini Dia Jenis-jenis Yogurt untuk Salad Buah yang Cocok untuk Diet

Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang dibuat menggunakan bakteri baik sehingga yogurt juga dikenal sebagai sumber probiotik yang baik untuk kesehatan. Yogurt juga sering dikonsumsi untuk diet dan biasanya dijadikan campuran untuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Berikut ini ada beberapa jenis yogurt untuk salad buah yang cocok untuk dijadikan camilan sehat:

Low-fat Yogurt

Jenis yang pertama adalah low-fat yogurt yang biasanya juga dijadikan sebagai salah satu jenis yogurt untuk diet karena rendah lemak. Meskipun rendah lemak, terkadang beberapa produsen menambahkan gula agar produk yogurt ini terasa lebih nikmat. Meskipun demikian, kandungan gula pada low-fat yogurt masih cukup aman untuk diet. 

Kandungan yogurt jenis ini juga baik untuk kesehatan karena terdapat kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Menjadikan low-fat yogurt sebagai saus salad buah merupakan pilihan tepat bagi yang sedang menjalani diet dengan memilih merek yang kadar gulanya rendah.

Full-fat Yogurt

Jenis yogurt ini memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan dengan low-fat yogurt, karena yogurt jenis ini berasal dari susu full-fat. Susu full-fat sendiri merupakan jenis susu yang tidak dikurangi kadar lemaknya, sehingga sering disebut susu full-cream.

Kandungan yogurt ini terutama lemak, masih sangat terjaga dan lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt jenis lainnya. Selain itu, terkadang produsen susu yang digunakan sebagai bahan full-fat yogurt sering menambahkan nutrisi tambahan sehingga yogurt jenis ini memiliki kandungan nutrisi tambahan yang juga sama banyak.

Manfaat yogurt ini sangat banyak diantaranya membantu mengurangi peradangan, membantu mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu mengatasi kanker. Tentunya dengan manfaat yang beragam ini sangat cocok untuk menjadikan yogurt full-fat ini sebagai campuran salad buah.

Greek Yogurt

Jenis yogurt untuk salad buah berikutnya adalah greek yogurt, yaitu salah satu jenis yogurt memiliki tekstur lebih kental dan lembut dibandingkan jenis yogurt lainnya.  Selain itu, yogurt ini memiliki kandungan protein lni dua kali lebih tinggi. Kandungan yogurt jenis ini yang juga tinggi yaitu lemak dan kalori. Kendati demikian, yogurt ini rendah karbohidrat sehingga cocok untuk diet.

Greek Yogurt memiliki kandungan kalsium yang lebih rendah, meskipun demikian manfaat yogurt jenis ini cocok untuk mengatasi penyakit yang diakibatkan oleh infeksi karena kandungan protein dan kalorinya yang cukup tinggi.

Skyr Yogurt

Yogurt jenis ini hampir mirip dengan greek yogurt yang juga berasal dari Islandia. Olahan susu ini memiliki tekstur yang lembut, kental, dan kaya akan protein. Yogurt ini pada prosesnya membutuhkan susu empat kali lebih banyak sehingga protein pada yogurt ini lebih tinggi dua sampai tiga kali dari kandungan yogurt jenis lainnya. 

Plain Yogurt

Yogurt ini menjadi salah satu jenis yogurt yang paling mudah dicari di pasaran dan harganya yang cukup terjangkau. Plain yogurt juga memiliki cita rasa yang unik dan tidak memiliki kadar gula, sehingga manfaat yogurt ini sangat cocok untuk yang sedang menjalani diet. Cita rasa yang unik dari plain yogurt sangat cocok dikonsumsi bersama dengan buah-buahan segar, seperti blueberry, stroberi, kiwi, dan apel.

Yogurt Susu Kambing

Jenis yogurt berikutnya adalah yogurt susu kambing. Yogurt jenis ini memang memiliki aroma yang cukup kuat, tetapi yogurt ini dapat menjadi alternatif untuk mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Yogurt ini bertekstur lebih lembut, halus, dan padat jika dibandingkan dengan yogurt dari susu sapi. Selain itu, yogurt susu kambing ini merupakan salah satu jenis yogurt untuk diet yang sangat baik untuk kesehatan.

Yogurt Susu Domba

Yogurt susu domba juga dapat digunakan untuk salad buah bagi yang alergi terhadap susu sapi. Yogurt susu domba memiliki rasa yang hampir mirip dengan yogurt susu sapi dan aromanya juga tidak terlalu kuat seperti yogurt susu kambing. Yogurt jenis ini selain cocok digunakan sebagai saus salad buah juga baik digunakan untuk tambahan dalam berbagai masakan karena sifatnya yang tidak mudah rusak.

Non-dairy Yogurt

Yogurt jenis ini merupakan jenis yogurt yang berasal dari kedelai atau kelapa. Non-dairy yogurt memiliki kandungan lemak yang rendah dan tidak memiliki kandungan laktosa sehingga yogurt ini sangat baik untuk yang sedang melakukan diet. Yogurt ini termasuk yogurt untuk diet vegan karena tidak berbahan dasar susu.

Itu dia beberapa jenis yogurt untuk salad buah yang cocok untuk diet. Meskipun beberapa kandungan nutrisi dari yogurt ini sangat baik untuk tubuh, tetapi jangan asal untuk memilih jenis yogurt , karena sangat dianjurkan untuk memilih jenis yogurt yang sesuai dengan asupan kalori dalam tubuh.