Ini Dia Daftar Saham Blue Chip yang Paling Diburu

Sebelum memulai terjun ke dunia investasi, sebaiknya perbanyak riset dan belajar. Salah satu instrumen investasi yaitu saham memiliki beberapa jenis saham yang dapat dipilih. Jika dilihat dari reputasi perusahaan, maka saham-saham dalam daftar saham blue chip adalah yang paling banyak diburu.

Hal tersebut disebabkan saham blue chip memberikan banyak keuntungan. Selain itu, penghasilan yang perusahaan juga stabil dan memberikan dividen secara konsisten. Dengan demikian akan lebih aman ketika membeli saham tersebut.

Pengertian

Blue chip merupakan saham yang dikeluarkan perusahaan yang mempunyai reputasi tinggi. Saham blue chip juga merupakan pendorong utama IHSG sebab memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Pada saham blue chip nilai kapitalisasi berada di atas 10 triliun.

Perusahaan- perusahaan yang mengeluarkan saham dengan kategori blue chip ini memiliki ketahanan perusahaan yang baik bahkan dalam kondisi ekonomi yang buruk sekalipun. Oleh sebab itu saham tersebut tepat sekali untuk dipilih sebagai investasi jangka panjang. Sebab saham blue chip dapat memberikan keuntungan yang stabil.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa saham blue chip memiliki 3 ciri utama. Ciri-ciri tersebut yaitu kinerja yang solid, nilai kapitalisasi besar dan dividen utuh. Dengan melihat ketiga hal ini pada saham perusahaan maka, saham tersebut layak untuk dipertimbangkan saat melakukan investasi.

Daftar Saham Blue Chip

Saham blue chip sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Ada sederet saham yang termasuk dalam saham blue chip yang patut dipertimbangkan ketika hendak membeli saham. Ini dia beberapa saham blue chip terbaik yang bisa dipilih:

1. Bank BRI-BBRI

Dalam lingkup perbankan, saham blue chip yang bisa diertimbangkan saat membeli saham adalah saham dari bank BRI. Sebagai bank komersial tertua di Indonesia, bank BRI memiliki fundamental perusahaan yang bagus. Pada awal 2022 harga saham BBRI bahkan menyentuh harga Rp. 4.180 per lembar saham.

2. Bank Tabungan Negara-BBTN

Berikutnya masih dalam lingkup perbankan, satu lagi saham blue chip yang dapat dipilih adalah saham dari PT. Bank Tabungan Negara Tbk. BUMN yang bergerak di bidang perbankan ini memiliki catatan pertumbuhan laba bersih yang meningkat pada tahun 2021. Hal tersebut menunjukkan BTN memiliki fundamental perusahaan yang kuat dan prospek yang cerah.

3. Aneka Tambang Tbk-ANTM

Saham berikutnya, yang masuk dalam daftar saham blue chip adalah perusahaan Antam atau Aneka Tambang. Perusahaan Aneka Tambang ini bergerak di bidang pertambangan dan melakukan pengolahan berbagai mineral alam. Harga dari saham antam mengalami penurunan pada akhir sesi tanggal 17 maret 2022 di level Rp. 2.380, namun antam masih memiliki return yang positif.

4. Astra International-ASII

Saham blue chip berikutnya adalah dari PT. Astra International Tbk. Astra bergerak di berbagai lini bisnis dan memiliki kinerja yang bagus hingga berhasil mengalami pertumbuhan laba bersih yang signifikan pada tahun 2021. Hal tersebut membuat saham Astra banyak diburu investor. Harga saham ASII saat ini berada di level Rp. 6.400.

5. Adaro Energi-ADRO

Saham blue chip berikutnya adalah Adaro Energi yang merupakan perusahaan pertambangan dan juga produsen batu bara. Adaro Energi memiliki kinerja perusahaan yang bagus. Bahkan pendapatan dan juga laba bersih adaro energi terus meningkat dan diperkirakan akan semakin meningkat pada tahun 2022.

Itu tadi adalah pengertian dari saham blue chip dan juga ciri-cirinya. Dengan mengetahui tersebut para investor dapat menjadikan daftar saham blue chip sebagai pertimbangan saat hendak melakukan investasi. Memilih saham blue chip saat berinvestasi merupakan keputusan yang cerdas terutama untuk yang menginginkan investasi dengan jangka panjang.