Inilah Berbagai Jenis Ikan Cupang Termahal dan Terlangka yang Tembus Harga Fantastis

Saat ini, memelihara Ikan Cupang menjadi salah satu trend yang banyak digemari, pemeliharaan Ikan dengan nama latin Betta Sp ini tidak hanya berhenti sebagai ikan hias koleksi pribadi saja, tetapi ada juga yang membudidayakannya. Sebelum memilih jenis ikan mana yang akan dipelihara, lebih baik cari tahu dulu ikan cupang termahal dan terlangka yang ada di pasaran.

Jenis ikan cupang termahal dan terlangka

Ikan cupang memiliki jenis yang sangat beragam, baik dari warnanya, ukurannya, bentuk tubuhnya, ekornya, maupun siripnya. Hal inilah yang membuat Ikan Cupang memiliki keunikan masing-masing yang sangat sulit ditemukan pada ikan jenis lain, sehingga semakin unik Ikan Cupang membuat harganya menjadi semakin mahal.

Ikan Cupang Double Tail

Keunikan dari Ikan Cupang Double Tail ini terletak pada ekornya yang terbelah dua disertai dengan perbedaan gradasi warna yang menarik dan menambah pesona ikan. Harga jual ikan ini berkisar antara 120 ribu hingga 1,5 juta rupiah, bergantung pada ukuran ikan, umur ikan, dan tingkat keunikan warna ikan.

Ikan Cupang Fancy

Salah satu Ikan Cupang yang cukup digemari dan berasal dari Thailand adalah ikan jenis Fancy yang memiliki sirip pendek dengan warna yang beragam, sehingga membuat Ikan ini terlihat begitu cantik. Harga jual Ikan Cupang Fancy cukup beragam, berkisar antara 100 ribu hingga 300 ribu rupiah bergantung apakah ikan masih anakan atau sudah dewasa. Namun untuk Ikan jenis Fancy juara, harganya bisa jauh lebih mahal hingga mencapai 2 juta rupiah.

Ikan Cupang Halfmoon

Daya tarik ikan Cupang Halfmoon terletak pada sirip dan ekor simetris yang mengembang hingga berbentuk bulan separuh. Selain itu, ikan jenis ini juga didominasi dengan warna-warna yang cenderung netral dan teduh, seperti merah gelap, biru muda, putih, hingga hitam. Biasanya dijual sekitar 40 ribu hingga 500 ribu, harga ini disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan, umur ikan, dan juga keindahannya.

Ikan Cupang Plakat

Nama Plakat pada ikan cupang jenis ini diambil dari Bahasa Thailand yang artinya pertarungan. Ikan Cupang Plakat memiliki tubuh yang gagah dan besar dengan sirip dan ekor tumpul yang pendek, inilah yang menjadikan ikan jenis Plakat dipelihara untuk dijadikan sebagai ikan aduan. Anda bisa membeli ikan ini dengan harga sekitar 60 ribu hingga 2 juta rupiah bergantung pada besar kecilnya ukuran tubuh ikan.

Ikan Cupang Kachen Worachai

Jenis Ikan Cupang lain yang berasal dari Thailand adalah Kachen Worachai yang tubuhnya memiliki corak unik nan indah dengan kombinasi warna biru, merah dan putih. Keunikan dari corak inilah yang menjadikan ikan ini dijual cukup mahal, sampai-sampai di Thailand ada yang membelinya dengan harga mencapai 25 juta rupiah, dan menjadikan ikan ini sebagai ikan termahal di dunia.

Cara Memelihara Ikan Cupang

Setelah mengetahui jenis ikan cupang yang mahal dan memiliki keunikannya masing-masing, Anda perlu mengetahui cara memeliharanya agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Tentunya Anda tidak menginginkan ikan cupang peliharaan yang dibeli dengan harga mahal mudah sakit bukan?. 

Menyiapkan wadah ikan yang cukup

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memelihara Ikan Cupang adalah memilih wadah ikan menggunakan wadah yang kecil saja, paling tidak berukuran 20 cm x 15 cm x 15 cm. Untuk membuat wadahnya menjadi semakin menarik, Anda bisa menambahkan batu kecil atau tanaman palsu.

Perhatikan air yang digunakan

Dalam memelihara Ikan Cupang, air yang digunakan biasanya air tawar yang tidak terkontaminasi oleh kloramin dan klorin. Anda bisa menggunakan air sumur untuk menyesuaikan ikan dengan habitat aslinya, atau bisa juga menggunakan air PAM yang tersedia.

 Pastikan air yang ada di dalam wadah ikan hanya mengisi 40% dari keseluruhan volume wadah tersebut agar ikan tidak mudah untuk melompat ke luar wadah. Selain itu, air dalam wadah diganti setidaknya tiga hari sekali dengan tidak menyentuh ikannya secara langsung ataupun menggunakan saringan.

Menjemur ikan

Bukan hanya manusia, Ikan Cupang juga perlu sesekali terkena sinar matahari agar terhindar dari bakteri maupun jamur yang ada disekitar wadah ikan. Ikan dijemur dalam waktu 15 hingga 30 menit saja, namun jika ikan terlihat panik, Anda bisa langsung membawanya ke tempat yang lebih teduh. 

Makanan Ikan Cupang

Makanan yang biasa digunakan untuk Ikan Cupang biasanya menggunakan udang, ulat, cacing, kutu air, dan jentik nyamuk. Ikan ini hanya perlu diberi makan dua kali dalam sehari. Tambahkan juga daun ketapang dan daun pohon jati pada wadah sebagai pemulih pH.

Nah itulah beberapa jenis ikan cupang termahal dan terlangka yang bisa Anda pilih sebelum memeliharanya. Semoga bermanfaat.