Mengenal Griya Batik Lengo

Toko Griya Batik Lengo menyediakan aneka jenis koleksi lengkap batik khas Solo, dengan aneka jenis batik, kualitas, maupun harga. Jl. K.H Samanhudi No.79, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147.

Griya batik lengo merupakan usaha yang secara turun temurun diwarisi oleh keluarga asli Solo. Hingga saat ini usaha batik tersebut masih berpusat di Kota Solo, tepatnya  Jl. KH. Samanhudi No. 79 Sondakan Solo 57147.

Seiring perkembangan zaman agar tidak tertinggal tentunya pengrajin batik perlu melakukan sebuah inovasi. Menjadi salah satu sentra batik paling diminati di Kota Solo, pengrajin mengembangkan berbagai jenis pakaian maupun corak yang siap memanjakan para konsumen. 

Perkembangan Griya Batik Lengo

Merupakan toko konvensional yang ada di Solo, Griya batik lengo merupakan toko dengan reputasi baik yang produk batiknya dihasilkan secara langsung oleh para pengrajin batik di kawasan batik Laweyan.

Sudah berkembang di Indonesia sebelum abad 15M, pengrajin batik laweyan memiliki inisiatif untuk membangun industri batik tulis dengan menggunakan pewarna alami. Hal ini menjadikan Desa Laweyan sebagai kawasan penghasil batik tertua di Indonesia.

Industri batik di Indonesia

Sebagai kawasan pengrajin batik tertua, Desa Laweyan sempat mengalami pasang surut akibat adanya teknik baru seperti digital printing yang menghilangkan unsur pembatikan itu sendiri. Pada dasarnya nama batik sendiri berarti melekatkan lilin panas pada media kain, bisa kain katun maupun kain sutra. Teknik baru tersebut tentunya sudah melenceng jauh dari arti batik itu sendiri. 

Adanya tren printing tersebut sempat membuat industri batik laweyan mengalami kemunduran. Selain itu, harga yang ditawarkan batik printing tergolong murah sehingga persaingan harga batik tulis, batik cap dan batik printing amat kompetitif di pasaran.

Namun untuk menghindari kemerosotan yang bisa terjadi terus menerus, para juragan batik di Laweyan termasuk pemilik Griya batik lengo mengadakan perkumpulan guna permusyawaratan yang kemudian lahir kesepakatan membangun kembali industri batik laweyan melalui konsep wisata batik.

Produk yang dijual

Sebagai salah satu pelopor batik di Desa Laweyan, galeri batik lengo menyediakan berbagai macam kain batik yang motifnya tak kalah beragam dengan masing-masing teknik mulai dari cap hingga printing. Selain menyediakan kain batik, pada galeri ini juga terdapat pakaian jadi yang memudahkan konsumen agar bisa segera dipakai dan juga kerajinan-kerajinan dari batik, seperti tas dan dompet.

Model pakaian dan aksesoris

Menawarkan pakaian jadi dengan berbagai motif dan model tentu akan menambah minat beli dari konsumen. Galeri ini memiliki koleksi dari outer, blouse, hingga scarf yang bisa memaksimalkan gaya Anda saat mengenakan kain batik. Dengan koleksi aksesoris seperti bros dan anting serta kebutuhan yang tak boleh dilupakan saat pandemi yakni masker, kemudian jangan lupakan tas tangan buatan galeri batik lengo untuk menaruh barang bawaan.

Telah hadir di platform e-commerce

Mengikuti perkembangan jaman, griya batik lengo sudah mendaftarkan tokonya pada platform belanja online di Indonesia. Jadi, saat Anda belum punya kesempatan dan waktu untuk membeli kain maupun baju batik secara langsung bisa memanfaatkan media online ini. Pastinya kemudahan berbelanja akan didapatkan.

Produk populer dikalangan anak muda

Tak hanya dipakai oleh para lansia, kini batik menjelma menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki anak muda. Tren dikalangan anak muda saat ini lebih memilih desain batik yang memiliki warna yang tidak terlalu mencolok dan lebih sedikit corak.

Lalu untuk model pakaian sendiri, anak muda perempuan menggandrungi batik yang dibuat menjadi outer dan blouse untuk acara resmi. Sedangkan untuk santai saja di rumah, anak muda juga senang mengenakan piyama dengan corak batik.

Top produk di e-commerce

Jika menilik pada grafik penjualan pada platform belanja online, produk batik dengan model outer dan blouse masih menjadi primadona. Hal ini juga selaras dengan selera anak muda yang menyukai kedua model ini ditambah antusias lain dari konsumen di kalangan orang tua hingga lansia.

Ikut serta sebagai peserta Batikvaganza Rapimnas Kadin di Solo

Sebagai  salah satu penggerak industri perdagangan batik, Griya batik lengo juga pernah ambil bagian dalam rangka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia yang telah digelar tiga tahun lalu, tepatnya pada tanggal 26-28 November 2018.

Bukan sekedar rapat, acara tersebut juga dimeriahkan dengan pameran Batikvaganza. Tujuan diadakannya Batikvaganza tak lain dan tak bukan adalah untuk mengembangan dan melestarikan batik sebagai tradisi leluhur. Tak hanya batik dari Solo, batik dari seluruh Indonesia juga ikut dipamerkan dalam event ini.

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai Griya batik lengo yang pusatnya berada di Kota Solo. Mengikuti perkembangan jaman, galeri batik tersebut telah terjun langsung ke dunia belanja online dengan bergabung di beberapa e-commerce terkenal di Indonesia. Bukan untuk mencari untung semata, penjualan batik melalui pusat belanja online juga dinilai mampu untuk tetap melestarikan budaya leluhur, hingga anak muda pun akan tetap bangga pada hasil karya pengrajin lokal.