Ciwidey

Berlibur Ke Ciwidey? Ini Rekomendasi Tempat Hits Yang Harus Kamu Kunjungi

Beberapa hari ini cuaca di Jakarta memang panas, terlebih lagi saat siang. Polusi udara, macet dimana-mana pasti membuat banyak orang rindu akan keindahan alam dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Jika Anda ingin beristirahat sejenak dari keramaian kota, dan menghirup segarnya udara pagi, saya rekomendasikan untuk berpergian ke arah pegunungan.

Namun bagaimana jika Anda ingin berpergian ke tempat yang sejuk di daerah pegunungan, namun tidak terlalu jauh dari kota? Jawabannya simple. Anda bisa mengunjungi daerah pegunungan terdekat. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan merekomendasikan tempat yang cocok untuk kriteria diatas, yakni Ciwidey.

Ciwidey letaknya dimana?

Jika Anda sudah sering ke tempat ini, Anda pasti tahu lokasinya. Namun bagi yang belum pernah, Ciwidey adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung. Terletak di sebelah selatan Kota Bandung, untuk mencapai daerah ini Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam dari Jakarta.

Transportasi ke Ciwidey

Akses transportasi ke Ciwidey cukup mudah. Untuk perkiraan waktu berapa lama 4 jam itu taksiran semata. Hal ini bergantung pada jenis transportasi apa yang Anda gunakan dan tingkat kemacetan yang terjadi di sepanjang perjalanan.

Jika Anda berencana untuk berpergian ke Ciwidey, jangan khawatir! Saya akan membantu memberikan gambaran transportasi hingga guide tempat-tempat apa saja yang wajib Anda kunjungi. Jadi baca terus sampai akhir, ya!

Anda dapat berpergian ke Ciwidey menggunakan kendaraan pribadi. Jika titik keberangkatan Anda dari Jakarta, Anda bisa mengambil tol Cipularang, lalu keluar melalui tol Kopo, Bandung. Selanjutnya ambil jalan Kopo Soreang. Sepanjang jalan Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju arah Ciwidey.

Jika Anda menggunakan bus, Anda bisa menggunakan bus dengan jurusan Jakarta – Bandung. Namun ingat pemberhentian akhirnya adalah Terminal Leuwi Panjang. Dari terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan jurusan Soreang – Ciwidey.

Anda juga bisa menggunakan sarana transportasi kereta api argo Parahyangan kemudian turun di stasiun Bandung. Dari Stasiun Bandung Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Leuwi Panjang dengan menggunakan angkutan umum atau bisa juga menggunakan transportasi online. Setiba di terminal Leuwi Panjang, Anda bisa menggunakan bus dengan jurusan Soreang-Ciwidey.

Kawah Putih, Ciwidey

 Kawah Putih adalah salah satu tempat paling ramai dikunjungi di Ciwidey. Saat Anda memasuki Kawasan wisata, Anda akan menemukan banyak orang berjualan dan kuda pony untuk ditunggangi. Lalu Anda akan turun melewati tangga dan menuju ke kawah putih.

Lokasi kawahnya sendiri cukup luas. Konon katanya Kawah Putih berasal dari letusan Gunung Patuha. Seperti kawah-kawah pada umumnya, Kawah Putih juga mengandung belerang, oleh karena itu selalu sedia masker, ya!

Di tengah kawah ada jembatan yang biasanya digunakan sebagai spot untuk foto. Namun Anda tidak perlu harus kesana. Anda tetap bisa berfoto-foto di sekeliling kawah untuk mendapatkan background kawahnya.

Sebenarnya Kawah Putih sering dijadikan objek visual untuk berbagai keperluan. Contohnya foto atau video prewedding, hingga pembuatan video. Namun saran saja, sebaiknya jangan lakukan shot prewedding saat weekend karena banyak wisatawan yang akan berkunjung kesana.

Saya sebenarnya lebih memilih untuk datang ke tempat ini saat musim hujan karena saya suka kabut. Kadang kabut membuat kawah ini terlihat sangat indah, Saat difoto seolah-olah menampilkan efek dreamy.

Tidak hanya kawah yang bisa dijadikan objek foto. Disekitaran kawah Anda akan menemukan pepohonan kering dan pepohonan hijau yang bisa Anda manfaatkan sebagai objek atau background.

Camping seru di Ranca Upas

Ranca upas adalah salah satu spot favorit saya di Ciwidey. Mengapa? Simple. Karena saya suka Rusa. Ranca upas lokasinya di Jl. Raya Ciwidey, Patengan tepatnya di kilometer 11. Tempat wisata ini sangat cocok jika Anda.

Anda dapat menemukan banyak Rusa disini. Anda bisa beri makan Rusanya juga, loh! Rusanya juga ramah-ramah sehingga tidak berbahaya jika dipegang oleh anak-anak.

Oh iya! Anda juga bisa berkemah di Ranca Upas, lho. Faktanya, Ranca Upas adalah bumi perkemahan yang juga melingkup penangkaran rusa, kolam renang dan kegiatan outbond lainnya. Jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas camping Bersama keluarga, saya rekomendasi tempat ini untuk dicoba.

Pinisi Resto

Jika diterjemahkan berdasarkan namanya, Pinisi Resto adalah restoran diatas kapal. Jadi kapal yang Anda lihat di gambar diatas, didalamnya ada tempat makan. Anda dapat menemukan berbagai macam jenis makanan untuk disantap.

Tips untuk Anda, datanglah kesini saat Anda ingin makan siang. Namun seperti biasa jikalau weekend tempat ini sangat ramai dikunjungi. Spot favorit saya saat makan di Pinisi Resto adalah diluar yang langsung menghadap ke danau.

Bayangkan Anda sambil makan makanan hangat, lalu ditemani pemandangan danau dihiasi pepohonan hijau dan kebun teh di sekelilingnya. Benar-benar worth it! Namun jangan lupa jika terlalu ramai, pastikan Anda jaga jarak dengan yang lain, ya!

Selain danau dan perkebunan teh, disekitar Pinisi Anda bisa temukan beberapa spot glamping yang ditandai dengan tenda putih di gambar. Glamping adalah singkatan dari glamorous camping. Jika Anda ingin menginap di tempat ini bisa, namun Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Kebun Teh Ranca Bali

Jika kamu pecinta yang hijau-hijau, atau pecinta the maka selamat! Kamu akan bahagia mengunjungi tempat ini. Bahkan sepanjang jalan menuju Ciwidey, kamu akan disuguhi pemandangan kebun the yang hijau. Melihatnya dari gambar saja sudah bisa membuat hati kamu sejuk, apalagi jika berpergian kesana.

Situ Patenggang, danau dengan luas 45.000 hektar

Satu lagi tempat yang jangan sampai Anda lewatkan jika berkunjung ke Ciwidey. Situ Patengang adalah salah satu danau yang lokasinya di Kawasan wisata Ciwidey. Lokasinya yang berada dibawah kaki gunung Patuha membuatnya terlihat sangat artistik apalagi jika diselimuti kabut tipis di pagi hari atau menjelang matahari terbenam.

Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda. ‘Situ’ artinya danau dan ‘pateangan-teangan’ artinya saling mencari. Anda bisa berkeliling di tepi danau dan bisa memancing, menyewa perahu atau sepeda air dan mengelilingi danau, mengunjungi batu cinta dan pulau Asmara yang konon adalah saksi bisu kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis

Lokasinya yang berada pada ketinggian 1600 mdpl ini membuat udara di sekitarnya sangat sejuk dan segar. Disekitar danau, terdapat perkebunan teh yang luas. Anda bisa menyebrang dengan menggunakan sepeda air atau perahu.

Sekian rekomendasi tempat hits yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berwisata ke Ciwidey. Jangan lupa, sekalipun Anda bisa berpergian saat ini, tetap utamakan keselamatan dan Kesehatan Anda. Selalu pakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan saat menyentuh benda-benda yang juga disentuh oleh orang lain. Happy traveling!

Related

Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah Gunung  aktif di Jawa Barat yang terletak di antara dua kota. Banyak orang yang…

Read more

Toko Batik Budhe Mayestik. Mengkoleksi batik saat ini memang menjadi kegiatan yang banyak digemari. Dengan nilai…

Read more
Motif Batik Solo

Batik Solo atau Surakarta memang terkenal dengan ragam budaya serta adat istiadat masih dijunjung tinggi oleh pemimpin…

Read more

Punya info situs menarik, tentang batik atau wisata Indonesia? Kirimkan disini.

About

BatikIndonesia.com adalah komunitas penggemar batik terbesar di Indonesia, dengan 5 juta fans di facebook, instagram, dan website.

Misi kami adalah membantu para pebisnis Batik Indonesia, agar dapat tumbuh terus. Dan semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Alamat Redaksi
Cipinang Indah. Jakarta Timur

Navigation