Gampang! Begini Cara Mengecek Tagihan PDAM Surabaya Secara Online

Anda ingin tahu cara mengecek tagihan pdam surabaya? PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum, merupakan perusahaan daerah yang menyediakan air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang dikelola oleh pemerintah. Sebagai layanan penyedia sumber air, PDAM memiliki tugas secara penuh untuk memastikan masyarakat mendapatkan pasokan air bersih. Karena air adalah salah satu kebutuhan dasar hidup, tanpa air anda pasti akan mengalami kesulitan untuk menjalani hidup sehari –hari.

Sebagai pengguna layanan PDAM yang memiliki banyak keunggulan dalam menyediakan pasokan air bersih, seperti kualitas air yang baik atau keberadaannya di tiap daerah di Indonesia. Dan masyarakat yang menggunakan layanan PDAM, wajib membayar tagihan rutin setiap bulan.

Tarif Dasar PDAM Surabaya

Besaran tarif dasar PDAM telah ditentukan melalui Peraturan Walikota No. 55 Tahun 2005, tentang tarif air minum dan struktur pemakaian air minum Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya. Dan berdasar peraturan perusahaan PDAM Kota Surabaya No. 04 Tahun 2008 tanggal 3 Maret 2008 tentang klasifikasi kelompok pelanggan air minum. Besaran tarif untuk kebutuhan rumah tangga yang masuk dalam kelompok pelanggan IV yaitu Rp 500/m3 untuk pemakaian air 0 – 10 m3, Rp 1200 pemakaian air 11 – 20 m3, dan Rp 1900 untuk pemakaian lebih dari 21 m3.

Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya

Untuk mengetahui atau mengontrol berapa tagihan PDAM anda dapat melihatnya pada meteran air yang terpasang di rumah anda. Dari jumlah pemakaian dalam m3 dikalikan dengan tarif dasar PDAM Surabaya yang ditentukan, maka anda dapat mengetahui kisaran tagihan yang harus dibayarkan.

Jika anda ingin mengetahui jumlah pasti besaran tagihan PDAM, anda dapat melakukannya dengan mendatangi loket – loket pembayaran PDAM. Atau jika anda tidak punya waktu untuk mendatangi loket pembayaran, anda dapat mengeceknya secara online. Nah, bagaimana cara mengecek tagihan PDAM Surabaya secara online?

Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Online

Dengan majunya teknologi informasi sekarang ini memungkinkan kita melakukan segala hal secara online, termasuk cara mengecek tagihan PDAM Surabaya secara online. Anda pun dapat dengan mudah mencari informasi id pelanggan PDAM Surabaya, informasi tagihan PDAM Surabaya, tanggal jatuh tempo pembayaran PDAM Surabaya, dan lain sebagainya.

Cek tagihan via website resmi PDAM Surabaya.

Dengan adanya website resmi PDAM Surabaya anda dapat mengecek tagihan PDAM Surabaya lewat hp atau komputer. Dengan mengunjungi http://info.pdam-sby.go.id/aplikasi/rekening/ lalu mengisi nomor pelanggan dan tahun dan bulan yang ingin anda cek, kemudian akan muncul besaran tagihan dan status pembayaran PDAM yang anda tanggung.

Cek tagihan via aplikasi informasi pelanggan PDAM Surabaya.

Cara berikutnya ialah melalui aplikasi resmi PDAM Surabaya di Google Play Store, buatan dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Dalam aplikasi tersebut terdapat dari informasi pelanggan hingga nomor customer service yang bisa dihubungi.

Adapun di dalam menu tagihan bulanan PDAM Surabaya, dan anda juga dapat melihat status pembayaran tagihan di bulan – bulan sebelumnya. Untuk rincian yang bisa dilihat meliputi; periode, kode tarif, periode pembayaran, meter lalu dan kini, total pemakaian retribusi kebersihan, jumlah tagihan, tunggakan, denda, lain – lain/subsidi, serta total tagihan.

Cek tagihan PDAM Surabaya via aplikasi pihak ke tiga.

Selain melalui website dan aplikasi PDAM, anda juga dapat mengecek tagihan PDAM Surabaya melalui aplikasi pihak ke tiga, seperti e-commerce (tokopedia, shopee), e-wallet (DANA, OVO, Gopay), atau aplikasi m-banking. Cara mudah masuk ke menu pembayaran PDAM, kemudian pilih wilayah Surabaya dan nomor pelanggan, maka tagihan akan segera anda ketahui jumlahnya.

Cek tagihan PDAM Surabaya via SMS.

PDAM Surabaya juga pun mengembangkan layanan informasi berbasis SMS, ini merupakan alternatif cara mengecek tagihan PDAM Surabaya. Anda dapat mendaftarkan nomor langganan PDAM lewat hp anda ke nomor 0812-331-6666

Cara Menghitung Tagihan PDAM

Seperti yang telah disebutkan mengenai besaran tarif dasar PDAM Surabaya untuk kelompok rumah tangga. Dengan cara membaca angka pemakaian air yang tertera di meteran kemudian kalikan dengan besarnya tarif air yang dikenakan.

Misal, anda asumsikan pemakaian air untuk rumah tangga mencapai 20 m3 tiap bulan. Dan besaran tarif air /m3 yang dibebankan sebesar Rp 1900 untuk kelompok pelanggan IV kode tarif 3A. Maka cara menghitungnya adalah 20 x Rp 1900 = Rp 38000. Namun nominal itu belum termasuk biaya lain, seperti biaya admin, biaya pemeliharaan, dan biaya denda tunggakan (jika ada).

Demikian cara mengecek tagihan PDAM Surabaya secara online yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi serta anda tidak bingung lagi mengenai besaran uang yang harus disiapkan untuk pembayaran tagihan PDAM Surabaya.