Cara Membuat Ayam Kentucky Dijamin Renyah dan Lezat

Salah satu jenis dari masakan ayam yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan renyahnya bumbu yang menempel pada kulit ayam yaitu banyak diketahui dan diingat dengan sebutan nama ayam kentucky.

Mungkin banyak dari penikmat ayam satu ini belum mengetahui bahwa ada tips dan cara membuat ayam kentaki yang bisa mirip dengan rasa dari ayam yang dijual oleh salah satu dari restoran cepat saji yang ada di sini. Hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan oleh siapa saja asalkan memasaknya juga menggunakan bumbu, bahan, serta cara yang tepat agar mendapatkan rasa ayam kentaki yang lezat.

Daftar Bahan dan Bumbu untuk Memasak Ayam Kentucky

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam memasak perlu untuk menggunakan bahan serta bumbu yang tepat untuk menciptakan rasa yang nikmat dan lezat untuk dapat dinikmati bersama. Berikut ini merupakan bahan dan bumbu yang perlu untuk dipersiapkan ketika akan melakukan cara membuat ayam kentucky diantaranya:

  1. 1 butir telur ayam berukuran besar
  2. 6 potongan ayam
  3. 1 cup penuh tepung terigu
  4. 1 cangkir kecil buttermilk
  5. 1 sendok teh bubuk oregano
  6. 1 sendok teh bubuk cabai
  7. 1 sendok teh lada hitam
  8. 3 sendok teh lada putih
  9. 2 sendok teh garam
  10. 2 sendok makan paprika
  11. 1 sendok teh dari bubuk bawang putih
  12. 1 sendok makan mustard dalam bentuk bubuk
  13. Setengah dari sendok makan daun basil dalam bentuk bubuk

Langkah Memasak Ayam Kentucky Agar Renyah

Berikut ini cara membuat ayam kentucky yang dapat dilakukan dengan tepat diantaranya:

  1. Masukkan telur ayam serta buttermilk dalam sebuah mangkuk yang besar. Campur keduanya  hingga rata kemudian masukkan potongan ayam ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih yaitu 30 menit.
  2. Taruh tepung terigu pada mangkuk lain yang terpisah. Masukkan bumbu serta rempah-rempah kedalamnya dan aduk hingga merata.
  3. Ayam yang direndam dalam campuran telur dan buttermilk kemudian diangkat dan taruh ke dalam campuran tepung. Guling ayam pada tepung tersebut hingga seluruh bagiannya tertutup dengan rata.
  4. Gunakan minyak yang sudah dipanaskan untuk penggorengan, masukkan potongan ayam secara perlahan ke dalam minyak tersebut. Pastikan ayam benar-benar dapat terendam di dalam minyak  tadi.
  5. Masak hingga matang dan ayam mengeluarkan warna kecoklatan.

Tips Menjaga Masakan Tepung Ayam Kentucky Menjadi Renyah dan Nikmat

Mungkin banyak yang ingin juga untuk mengetahui apa sebenarnya tips yang perlu untuk dilakukan dalam cara membuat ayam kentucky untuk menghasilkan ayam yang renyah. Salah satunya yaitu perlu untuk memperhatikan kematangan saat melakukan penggorengan. Akan lebih baik jika ayam digoreng dengan keadaan tidak terlalu matang untuk mengeluarkan rasa renyah ini.

Kematangan ayam sendiri juga dapat dilihat dari keadaan minyak panas yang digunakan untuk dapat menggoreng sendiri dalam kondisi yang pas. Pastikan bahwa suhu penggorengan serta minyak yang digunakan juga tidak berlebihan sehingga menghindari bagian luarnya menjadi terbakar. Hati-hati juga dengan kondisi panas yang terlalu rendah karena nantinya akan membuat ayam yang digoreng itu sendiri hasilnya menjadi terlalu lembek untuk dinikmati.

Tambahan Tips Lain untuk Memasak Ayam Kentucky Lezat

Berikut ini ada beberapa tips lainnya dalam cara membuat ayam kentucky yang dapat diperhatikan untuk menghasilkan ayam dengan masakan yang kualitasnya maksimal, diantaranya:

  1. Jika ingin tepung pelapis yang ada pada kulit ayam menjadi lebih menempel dengan maksimal, maka dapat mendiamkan ayam tersebut setelah selesai dibalut dengan tepung kurang lebih selama 20 hingga 30 menit.
  2. Pastikan bahwa suhu yang digunakan dalam penggorengan sudah tepat agar dapat menciptakan ayam yang renyah untuk dinikmati bersama dengan orang tersayang. Suhu yang ideal untuk digunakan dalam proses penggorengan yaitu 185 derajat celcius.
  3. Ketika memasukkan ayam ke dalam penggorengan, akan lebih baik jika dibantu dengan menggunakan penjepit dan langsung tutup penggorengan tersebut. Hal ini untuk menghindari percikan minyak.

Cara Mencari Teflon Tepat untuk Memasak Ayam Agar Enak

Dalam cara membuat ayam kentucky, diperlukan juga untuk mengetahui teflon yang tepat untuk digunakan dalam memasak agar menghasilkan kualitas masakan ayam yang tepat. Salah satu kuncinya yaitu terletak pada jenis teflon yang digunakan, pastikan bahwa teflon tersebut menggunakan bahan yang berasal dari keramik serta stainless steel. Kedua bahan itu merupakan penghantar panas dengan kualitas yang baik sehingga ayam dapat matang dengan lebih merata.

Pastikan juga bahwa teflon memiliki gagang yang tidak panas ketika digunakan agar keamanan dalam memasak tetap terjaga. Cukup mudah, bukan untuk dapat melakukan cara membuat ayam kentucky sendiri di rumah? Semoga penjelasan yang ada di atas dapat membantu untuk memasak lebih jago dan selamat mencoba resep satu ini!