Begini Cara Menghitung Yield to Maturity Obligasi, Jangan Dilewatkan!

Berkaitan dengan semakin banyak yang ingin mencoba investasi saham bahkan dalam jumlah yang besar, diperlukan pula pemahaman mengenai perhitungan keuntungannya. Semakin ke sini, makin banyak pula ditemukan beberapa investor yang justru yang tidak memahami cara menghitung Yield to Maturity obligasi. Padahal jenis informasi tersebut penting untuk memudahkan proses investasi masing-masing.

Secara sederhana, bagi beberapa orang yang sudah melakukan proses investasi tentu saja ingin menikmati adanya keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun begitu, menggunakan proses perhitungan seperti Current Yield bahkan sampai Yield to Maturity dari obligasinya bisa membantu nantinya untuk investor. Untuk penjelasan secara lebih lengkap, simak uraian dibawah ini:

Mengenal Yield to Maturity

Sebelum mencoba untuk melakukan proses investasi saham bahkan dalam durasi waktu yang lama, sebaiknya kenali dahulu seperti apa hasil investasinya. Walaupun setiap orang bisa menikmati hasil dari investasinya dengan jumlah yang berbeda-beda, namun ada beberapa cara perhitungan yang bisa membantu. Ada yang bernama Current Yield dan ada Yield to Maturity.

Kemudian, setiap investor sebaiknya juga mengenali makna dari Yield yang ternyata menunjukkan hasil investasi selama beberapa waktu. Sementara itu, untuk Current Yield dapat dipahami sebagai perhitungan dari hasil investasi yang melibatkan periode sekarang dengan ketentuan yang ada.

Walaupun begitu, ada perhitungan yang lainnya yang tidak kalah penting yang berkaitan erat dengan hasil atau keuntungan dari obligasi. Istilah dari Yield to Maturity ini menunjukkan hasil dari sebuah obligasi ketika setiap investor memutuskan untuk menunggu sampai jatuh tempo.

Cara Menghitung Current Yield

Sebelum mengenal jenis informasi yang menjelaskan tentang cara menghitung Yield to Maturity obligasi yang tepat, sebaiknya kenali dahulu informasi ini. Secara sederhana, menghitung adanya Current Yield juga bisa membantu setiap investor nantinya untuk mengetahui seberapa banyak keuntungan yang sudah didapatkan. Silakan simak penjelasan secara lengkapnya dalam uraian di bawah ini:

  • Mulai dengan mengecek bagian harga dari obligasi yang sedang digunakan.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk melihat kupon dari  bunga investasi.
  • Kemudian pindahkan kedua hasil tersebut dalam sebuah perbandingan yang setara.
  • Setelah itu, coba kalikan hasil obligasi dengan bunga yang ada.
  • Jika memang sudah selesai, maka lanjutkan mengalikan hasil obligasi sekarang.
  • Kalikan obligasi yang ada di pasar dengan presentasi mencapai 100.
  • Lanjutkan dengan membagi hasil pertama dengan hasil yang kedua ditemukan.

Cara Menghitung Yield to Maturity

Setelah mengenali beberapa cara yang harus dilakukan untuk menghitung Current Yield yang ada, mari kenali jenis informasi penting lainnya. Kali ini, ada beberapa cara yang sebaiknya dipahami dahulu sejak awal untuk membantu dalam memahami proses perhitungan Yield to Maturity. Silakan simak penjelasan secara detailnya dalam uraian di bawah ini:

  • Awali dengan memeriksa hasil obligasi baik sendiri maupun dari pasar.
  • Jangan lupa untuk memeriksa bagian bunga yang sedang dipakai.
  • Lanjutkan dengan mengurangi hasil investasi dengan harga obligasi di pasar tersebut.
  • Kemudian tinggal menambahkan kupon dari obligasi dengan hasil yang sebelumnya.
  • Hasilnya tersebut kemudian dibagikan dengan angka dari durasi waktu tahun.
  • Selanjutnya, jumlahkan hasil investasi dengan harga obligasi yang ada di pasar.
  • Bagi dengan dua serta kalikan dengan persentase. Setelah itu, bagi yang pertama dengan kedua.

Berdasarkan pada informasi tersebut, cara menghitung Yield to Maturity obligasi mudah untuk dicoba. Walaupun begitu, tetap menjadi hal yang penting bagi para investor untuk mengenali pula cara untuk menghitung Current Yield yang ada. Apalagi keduanya bisa memiliki keterkaitan satu sama lain yang penting.