Batik ENOM

Toko batik Enom ini merupakan toko batik khas Jogja, namun dengan interior serta gaya penataan yang modern. Tersedia aneka jenis produk fashion, mulai dari baju, tas, dan aksesoris, namun semua berbahan dasar batik Jogja. Jl. Sagan No.24A, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223.

Pakai Batik? Ngga Masalah, Tetap Stylish dengan Batik Kekinian dari Batik Enom

Tidak jarang di era modern seperti ini, menggunakan batik terkesan terlalu tua dan terkadang dihindari oleh para anak muda. Kesan tua dan tidak fleksibel itu kini dibantah dan dimentahkan oleh keberadaan butik batik enom di Sagan No 24A, Yogyakarta. Butik ini memadukan antara style modern dengan motif batik yang pasti membuat kamu lebih stylish.

Tampil dengan arsitektur bergaya neokolonial, bahkan dari kejauhan toko ini sudah menyita perhatian. Terlebih lagi produk yang dijajakannya mendobrak style anak muda dengan tetap melestarikan budaya. Begitu memasuki bagian dalam toko, pandanganmu akan langsung disambut dengan warna-warni batik cerah, dengan motif yang menarik.

Makin penasaran? Berikut beberapa fakta menarik dari Batik Enom Sagan, Jogjakarta.

Sasaran Pasar Batik Enom Sagan Jogja

Sesuai dengan namanya, “Enom” yang berarti “muda”, terlihat jelas bahwa toko ini menyasar pada para kalangan muda. Keterangan dari Devie Fransisca sendiri, seorang pendiri dan designer batik dari butik Batik Enom, Target pasarnya adalah para pemuda dengan rentang usia 17 sampai 45 tahun, yang tidak jarang jika mengenakan pakaian batik, seolah merasa seperti orang tua.

Visi yang diusungnya juga nampak jelas dari nama yang ditampilkan. Kata “enom” sendiri berasal dari kata “ngenomi” yang berarti “terlihat muda”, jadi visi yang diusung adalah menghilangkan kesan tua pada batik, tanpa menghilangkan unsur orisinil dari batik itu sendiri.

Inspirasi Desain

Masih dengan keterangan dari pendiri dan designer yang sama, Devie Fransisca menuturkan bahwa ia tidak mendapatkan kesulitan mencari inspirasi dalam membuat batik yang terkesan muda. Dengan memperhatikan selera fashion global, ia meneliti perubahan tren yang terjadi.

Berdasarkan data tersebut, ia menciptakan desain batik yang modern dan kekinian, tidak terkesan tua dan bahkan bisa digunakan dalam suasana santai. Jika memperhatikan batik yang terpampang di dalam tokonya, akan kamu sadari banyak di antara batik itu terkesan segar di mata. Nuansa cerah yang tidak norak, tapi menekankan kesan kemewahan dalam warnanya.

Mempertahankan Motif Tua Memadukan Dengan Style Muda

Walau didesain khusus untuk menghilangkan kesan tua dari batik, pakaian batik yang dijajakan di batik enom Sagan, Jogjakarta ini tidak menghilangkan motif tua yang khas dari batik itu sendiri. Di sisi lain, sebagian besar bahkan seluruh batik di sini adalah perpaduan dari batik tulis dan batik cap.

Bahkan terdapat beberapa produk yang dibuat sepenuhnya dengan menggunakan metode batik tulis, salah satu contohnya adalah batik motif wayang. 

Tidak berhenti sampai situ, butik batik satu ini, tidak hanya menyediakan pakaian batik, tapi juga menyediakan beberapa aksesoris yang matching dengan motif batik yang dijualnya. 

Harga Produk Terjangkau

Sesuai penuturan pendirinya Devie Fransisca, produk batik Enom bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Menurutnya, batik yang kekinian tidak harus selangit harganya. 

Baju batik yang dijajakkan di sini memiliki kisaran harga mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 600 ribu, harga tersebut berbanding lurus dengan motif dan kualitas kain yang digunakan. Semakin rumit motif batik yan hendak dibeli pelanggan, maka sudah tentu harganya akan naik.

Tapi untuk baju batik kekinian yang bahkan bisa digunakan dalam suasana santai sekalipun, harga tersebut sepadan dan cukup worth it

Produk yang tidak diproduksi massal

Setiap produk baju batik yang dijual disini, tidak dibuat secara massal, sehingga tiap-tiap produk batiknya saling berbeda. Tentu ini cocok untuk kamu yang tidak suka ketika ada orang tidak dikenal di jalan kebetulan memiliki baju yang sama, Batik Enom menjawab keresahanmu ini.

Pelayanan Menarik

Yang lebih menarik dari butik batik enom Jogja ini, adalah kamu bisa meng-custom ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. 

Misalnya kamu punya ukuran yang lebih besar dari orang pada umumnya, dan kamu ingin membeli salah satu batik dengan motif tertentu yang ada, tapi tidak ada ukuran yang muat, toko ini memiliki layanan untuk memodifikasi ukuran yang dimiliki, sampai cukup untuk dipakai.

Layanan berikutnya yang tidak kalah menarik, adalah kamu bisa memesan batik dengan motif yang kamu mau, tapi dengan jumlah minimal tertentu. Bahkan butik ini memiliki jasa bingkisan kalau-kalau customernya ingin menjadikan baju batik sebagai souvenir. Nantinya baju batik yang ingin kamu jadikan souvenir ini akan dibungkus dengan kemasan yang eksklusif dan mewah.

Untuk bungkusannya sendiri, toko baju batik ini bekerja sama dengan toko kado yang berdiri di sampingnya, yaitu Kado Kita, yang nantinya pada bungkusan tersebut akan diberi label ‘Eksklusif batik Enom’.

Itulah beberapa fakta menarik yang terdapat pada butik yang berdiri di Sagan Yogyakarta. Tentu sekarang tidak perlu lagi merasa malu menggunakan batik dengan adanya batik bergaya modern dari Batik Enom.

Batik ENOM