AUM Reksa Dana Adalah Nilai yang Perlu Diketahui Investor

Reksa dana merupakan suatu instrumen investasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dalam Reksa dana terdapat berbagai istilah, salah satunya adalah Aum. Istilah, Aum reksa dana adalah kriteria pemilihan manajer untuk investasi. Sebagai seorang investor atau nasabah Reksa dana tidak asing lagi dengan ini. Bagi yang belum mengetahuinya, bisa simak penjelasan berikut:

Apa Itu AUM?

Bagi orang awam, mungkin akan terdengar asing perihal AUM ini. Nah, sebenarnya AUM atau merupakan kepanjangan dari Asset Under Management adalah suatu total nilai pasar. Jadi, AUM Reksa dana adalah jumlah dari total nilai pasar yang di dapat setiap investor.

Dimana, investor tersebut telah mempercayakan investasinya kepada seorang manajer investasi. Dalam, formula untuk perhitungannya bisa saja berbeda pada setiap perusahaan. Umumnya, komponen yang ada pada AUM merupakan total portofolio investasi, uang tunai, dan tabungan di bank. Tetapi, tidak jarang uang tunai beserta nominal yang ditabung tidak dimasukkan ke dalamnya.

Hal tersebut, karena dinilai bahwa tidak memberikan suatu return yang tinggi untuk investor. Adapun jumlah total AUM yakni keseluruhan dari dana yang dikelola oleh Reksa dana sendiri. Pada dunia investasi suatu KAUM menjadi suatu pertimbangan perihal kualitas kinerja dari manajer investasi serta manajemen perusahaan.

Faktor yang Mempengaruhi AUM

Setelah mengetahui AUM Reksa dana adalah suatu total nilai pasar dari investor ke manajer investasi. Dalam hal tersebut tentu terdapat hal atau faktor yang mempengaruhi AUM. Untuk indikator ini setiap perusahan memiliki nominal yang berbeda. Adapun faktornya, berikut uraiannya:

  • Adanya penambahan aset baru atau investor yang meningkatkan suatu nilai AUM.
  • Harga pasar yang menurun akan membuat nilai AUM turun. Selain itu, juga jika pengurangan jumlah investasi serta investor yang rugi akan membuat AUM jadi berkurang.
  • Terdapat nilai sekuritas pada AUM yang diinvestasikan. Disebabkan, jika nilai pasar pada sekuritasnya meningkat. Maka dari itu, AUM reksa dana pun akan meningkat.
  • Apabila total dividen perusahaan pada portofolio institusi. Maka akan diinvestasikan lagi maupun tidak dibagikan.

Manfaat AUM Bagi Investor

Seperti yang sudah disinggung tadi mengenai AUM serta faktor yang mempengaruhi. Tentu saja, dalam AUM ini memiliki manfaat yang penting bagi investor. Adapun, berikut uraian mengenai manfaat AUM bagi seorang investor:

  • Menunjukkan transparansi kinerja pada suatu manajer investasi. Paham perihal AUM, akan membuat investor tahu bagaimana kinerja dari seorang manajer investasi. Hal tersebut tentu sangat penting, sebab manajer tersebut yang nantinya akan mengelola dana.
  • Sebagai sarana pengawasan pengelolaan dana investasi. Dimana, seorang investor akan bisa mengetahui perkembangan dari perusahaan. Dengan begitu, investor juga bisa menentukan suatu produk yang menguntungkan atau tidak.
  • Menjadi indikator likuiditas ketika menilai pasar. Suatu KAUM yang besar, maka akan semakin tinggi jaminannya. Tentu hal tersebut, bermanfaat bagi investor untuk mengetahui. Apalagi jika investor mempunyai dana serta likuid yang sensitif.
  • Sebagai pertimbangan dalam memilih instrumen investasi. Mengetahui AUM akan membuat seorang investor dapat lebih dapat mempertimbangkannya. Mana perusahaan yang terpercaya dan yang tidak itu bisa terlihat dari besar kecilnya AUM.

Itulah tadi, sedikit ulasan mengenai AUM reksa dana adalah suatu indikator total nilai pasar. Dimana, nilai tersebut yang akan diberikan suatu investor kepada manajer investasinya. Sebagai seorang investor tentunya harus memahami mengenai AUM tersebut, sebab akan memberikan banyak manfaat. Tentunya, dalam AUM Reksa dana memiliki berbagai faktor yang akan mempengaruhinya.