Aplikasi Charting Saham Gratis 2022

Aplikasi charting saham gratis ini memang cukup diminati oleh investor dan trader di berbagai tingkatan. Aplikasi tersebut menawarkan fitur lengkap dengan tampilan yang nyaman dan gampang dipahami ketika menganalisa saham. Chart ini sangat berguna untuk memantau transaksi jual dan beli di pasar saham.

Pengguna dapat memilih aplikasi chart yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain gratis, sejumlah aplikasi menyediakan fitur berbayar yang cocok bagi trader atau inventor profesional. Inilah pembahasan selengkapnya tentang rekomendasi aplikasi khusus chart saham yang bisa diakses gratis.

1. TradingView

TradingView merupakan aplikasi chart saham yang tersedia di berbagai device seperti PC atau laptop, iOS serta Android. Tidak hanya saham, aplikasi ini memiliki chart untuk instrumen lain seperti Crypto, Forex, Indeks, dan sebagainya. Pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu jika ingin mengaksesnya dari aplikasi, kecuali lewat browser PC.

Tampilan UI dan UX pada TradingView ini lebih sederhana, jelas serta tanpa iklan, sehingga gampang dipahami oleh pemula. Aplikasi ini menawarkan sejumlah tools layaknya chart sama pada umumnya. Terdapat fitur Compare yang membantu proses membandingkan saham dan mengetahui yang outperform. Ada pula Alert yang berfungsi sebagai notifikasi.

2. Investing

Aplikasi charting saham gratis selanjutnya yaitu Investing. Aplikasi ini menyediakan sejumlah fitur seperti data pasar saham, streaming charts, berita keuangan terkini, portofolio dan lainnya. Fitur tersebut dapat diakses secara gratis dan real-time, sehingga bisa dengan mudah memantau pergerakan saham.

Investing dapat diakses melalui aplikasi iOS, Android serta PC atau Laptop dengan versi browser. Cara mengecek chart saham ini cukup sederhana dengan mengetikkan Ticker pada kolom pencarian. Pengguna pun tidak perlu melakukan registrasi akun untuk bisa mengaksesnya. Nantinya data harga saham akan muncul di Overview secara langsung.

Terdapat beragam bentuk grafik yang disediakan seperti candles, bars, baseline, heiken ashi, area, line, serta hollow candles. Indikator analisis juga banyak macamnya, sehingga mempermudah ketika mengamati pergerakan harga saham. Namun, aplikasi ini dinilai tidak selengkap pada versi browser pada PC atau laptop.

3. RTI Business

Aplikasi ini tergolong populer di kalangan investor dan trader saham. RTI Business ini memungkinkan pengguna memantau data secara real-time dari Bursa Efek Indonesia. Pengguna cukup membuka situs rti.co.id lalu pilih menu chart untuk melihat grafik saham. Daftarkan akun terlebih dahulu untuk mengakses fitur yang lebih lengkap.

RTI Business juga memberikan informasi laporan keuangan yang dapat membantu investor menilai kinerja perusahaan. Selain itu, tersedia fitur Kalender yang berisi jadwal dari aksi korporasi perusahaan antara lain right issues, deviden, IPO, RUPS, dan sebagainya.

4. ChartNexus

CNX atau ChartNexus ini sering kali dimanfaatkan untuk menganalisa teknikal saham yang bisa diakses gratis melalui smartphone dan PC. Aplikasi ini memiliki data transaksi dari  beberapa pasar bursa di dunia, termasuk Indonesia. Pengguna bisa menginstall ChartNexus dari situs resmi untuk mendapatkan software gratis.

Setelah berhasil diinstall, pengguna bisa mendaftarkan akun lalu klik primary market: JSX. Hal ini karena ChartNexus versi gratis hanya membatasi untuk satu market. Kelemahan aplikasi ini yaitu data yang tersedia tidak real-time serta history data terbatas sampai 3 tahun kebelakang. Pengguna disarankan memakai versi pro untuk fitur lebih lengkap.

5. Yahoo Finance

DI bawah naungan Yahoo, aplikasi chart ini dirancang khusus bagi pengguna iOS maupun Android dilengkapi tampilan simple yang cocok untuk pemula. Yahoo Finance memungkinkan pengguna mengakses grafik saham secara gratis tanpa registrasi akun. Fitur lain yang tersedia antara lain data harga saham, berita keuangan, siaran pers dan lainnya.

Itulah daftar aplikasi charting saham gratis yang dapat dijadikan rekomendasi. Aplikasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna Android, iOS hingga PC dengan pilihan fitur menarik. Pengguna dapat memilih aplikasi chart saham sesuai kebutuhan. Pastikan untuk mengunduhnya dari sumber terpercaya seperti situs resmi, App Store, dan Play Store.