Aneka Batik Papua

Toko Aneka Batik papua ini menyediakan koleksi aneka jenis batik khas Papua, mulai dari kain sampai baju jadi. Tersedia pula jenis batik khas dari daerah lainnya. Bayangkara, North Jayapura, Jayapura City, Papua 99112.

Warisan Budaya Yang Bernama Batik

Beberapa orang pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan batik ketika mendengar namanya. Pasalnya, batik sendiri merupakan karya anak bangsa Indonesia yang mempunyai perpaduan antara seni dan teknologi serta diturunkan oleh para leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia bahkan  telah sangat berkembang hingga sampai pada sebuah tingkatan yang tidak ada bandingnya dalam desain, corak maupun motif.

Batik sendiri mempunyai beragam corak, motif dan sangat beragam serta mengandung desain yang  penuh makna dan filosofi yang terus digali dari sudut pandang berbagai adat istiadat serta budaya yang berkembang di  Indonesia.

Motif batik sendiri merupakan suatu corak atau pola yang menjadi sebuah struktur berupa gambar dan berbentuk menjadi sebuah perpaduan antara garis, titik, bentuk serta isen yang membentuk satu kesatuan hingga menghasilkan karya berupa pola batik yang menawan. Sedangkan banyak sekali motif-motif batik yang sering kita lihat. Seperti contohnya: motif hewan, manusia, geometris dan motif lainnya.

Sedangkan di negara kita sendiri tidak hanya mempunyai satu batik dari satu daerah. Namun, Indonesia mempunyai ragam batik dari berbagai daerah. Salah satunya aneka batik papua yang sangat jarang kita temui. Motif batik dari papua ini sendiri memiliki ciri khas gaya papua yang tidak kalah menarik dan menawan dibanding batik dari daerah lainnya. Karena model batik papua sendiri sangat mempresentasikan keunikan budaya serta kekayaan alam papua yang sangat eksotis.

Bahkan, setiap goresan yang terdapat pada motif batik papua mempunyai arti yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari warna serta corak yang mempunyai ciri khas berdasarkan identitas pada daerah tertentu. Aneka batik papua ini sendiri juga mempunyai perpaduan motif yang asimetris dan warna-warna cerah. Hal ini tentu sangat berbeda dengan batik jawa yang menampilkan motif simetris dan warna gelap. Ada beberapa motif batik papua yang perlu kita ketahui.

Mengenal Motif Batik Papua

Motif cendrawasih

Siapa yang tidak tahu burung cendrawasih? Burung ini terkenal dengan keindahan bulu dan ekornya, sehingga dijuluki sebagai “bird of paradise”. Burung cendrawasih sendiri juga merupakan salah satu icon papua. Sedangkan warna batiknya didominasi dengan warna hijau, merah dan kuning keemasan, yang membuat para pemakainya akan terlihat tegas.

Motif prada

Motif prada ini sendiri merupakan salah satu motif yang menawarkan kemewahan dan kemegahan karena garis-garis emas, yang biasanya di kombinasi dengan warna hitam dan merah. Batik prada sendiri mempunyai model yang sangat berkelas dan menjadikan batik ini sebagai motif yang paling mahal dan indah dari Papua.

Motif batik prada ini di produksi menggunakan kualitas benang terbaik dengan bahan dasar sutra atau bisa juga menggunakan bahan kain santung.

Motif Tifa Honai

Corak ini mempunyai filosofi yang sangat tinggi. Karena pada lukisan gambar ini mempunyai rumah sebagai tempat kebahagiaan. Lukisan honai sendiri yang terdapat pada tekstil ini berarti rumah khas di daerah papua, sedangkan tifa merupakan salah satu alat musik yang berasal dari papua.

Tentu saja pada corak ini tidak hanya terdapat lukisan tentang rumah dan alat musik khas papua, tetapi di dalamnya mempunyai beberapa lukisan khas papua seperti burung atau ikon papua lainnya. Sehingga jenis tekstil ini dianggap sakral dan sangat dihormati dan hanya digunakan dalam acara adat tertentu.

Motif Asmat

Asmat merupakan salah satu nama suku di Papua, sehingga motif asmat sendiri memiliki ukiran yang sangat unik dan penuh makna. Biasanya, tekstil batik dengan corak ini mempunyai gambar patung atau alat keseharian milik suku asmat. Warna tekstil ini sendiri biasanya menggunakan warna alam seperti terakota atau warna dengan sebutan “earth tone.”

Motif kamoro

Tidak jauh berbeda dengan asmat, corak tekstil kamoro ini diambil dari nama suku kamoro yang merupakan salah satu suku asli dan tinggal di wilayah pesisir papua barat, tepatnya di sebuah wilayah Mimika. Aneka batik papua sangat mempunyai banyak sekali motif.

Karakteristik Batik Papua

Mengingat jika batik Papua mempunyai beragam motif dan mempunyai karakteristik yang berbeda. Sebenarnya jika dijabarkan, motif batik ini tidak jauh berbeda dengan motif batik jawa pada umumnya. Bahkan, bisa terbilang hampir sama dengan berbagai jenis batik di Indonesia. Hanya saja motif batik di Jawa akan identik dengan bentuk simetris sedangkan batik papua seringkali dibuat dengan bentuk asimetris. Berikut ada beberapa karakteristik dari aneka batik papua.

  1. Batik papua sendiri mempunyai motif dengan berwarna terang seperti warna kuning, merah, hijau.
  2. Motif batik papua identik dengan warna cerah, sehingga dapat dipadukan dengan motif etnik yang dapat membuat batik papua terlihat lebih eksotis
  3. Batik papua sendiri mempunyai unsur alam serta peninggalan arkeologi yang sudah tersebar di papua
  4. batik papua sangat terkenal dengan motif yang mempunyai filosofi budaya masyarakatnya, tetapi batik papua juga menorehkan lambang sejarah dan arkeolog.
  5. Batik papua juga khas dari siapapun yang mengenakannya akan terlihat lebih anggun dan menarik
  6. Biasanya adanya penambahan corak pada batik papua akan dilakukan karena mengikuti perkembangan pasar. Itulah, aneka batik papua yang harus kita kenali.
Aneka Batik Papua