8 Inspirasi Gaun Pengantin Hijab Mewah Modern dan Tradisional

Gaun pengantin merupakan hal yang penting dalam sebuah acara pernikahan. Tema pernikahan, kenyamanan pengantin, bentuk gaun, dan warna bisa menjadi pertimbangan penting bagi pengantin dalam memilihnya. Berikut ini terdapat beberapa gaun pengantin hijab mewah baik bergaya modern maupun tradisional.

Gaun Pengantin Ball Gown

Bentuk gaun ball gown merupakan model yang sering dipakai para putri di negeri dongeng. Gaun dengan model ini cocok untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh pear shape. Pear shape sendiri adalah bentuk tubuh dengan bagian pinggul, bokong, dan paha yang besar.

Jadi dengan gaun ini pengantin muslim bisa menyembunyikan lekukan tubuhnya. Kesan mewah akan lebih menonjol dengan hiasan payet atau bordir. Selain itu, pengantin bisa menambahkan veil dan mahkota agar lebih elegan dan mewah.

Gaun Pengantin Hijab Syar’i

Pengantin bisa memilih gaun dengan potongan A-line atau lurus ke bawah sehingga tidak memperlihatkan lekukan tubuh. Lengkapi gaun syar’i dengan hijab yang menutup dada dan gunakan veil sedikit panjang untuk kesan elegan. Pengantin bisa menggunakan cadar sesuai dengan warna gaun.

Kesan mewah juga bisa ditambahkan dengan menggunakan mahkota baik dengan aksen berlian atau dengan mahkota bunga. Gaun pengantin syar’i bisa menggunakan bahan berupa brokat, tile, atau yang lainnya. Payet juga bisa ditambahkan untuk kesan yang lebih mewah.

Gaun Pengantin Ruffle

Gaun ruffle akan menunjukkan gaun dengan bentuk kerutan di beberapa bagian. Misalnya saja gaun memiliki model lipit di bagian dada dengan aksen ruffle pada bagian pundak. Gaun ruffle bisa dilengkapi dengan ekor yang menjuntai yang cukup panjang untuk memberikan kesan gaun pengantin hijab mewah.

Selain itu pengantin bisa memilih bagian bawah atau rok dengan aksen ruffle tanpa menambahkan ekor. Untuk memberikan kesan mewah bisa menggunakan aksen payet pada hijab atau menambahkan aksesoris lainnya. Misalnya saja dengan mahkota atau ciput berhiaskan manik-manik.

Gaun Pengantin dengan Outer

Outer bisa menjadi alternatif gaun pengantin hijab modern untuk melengkapi gaun tanpa ekor. Gunakan outer dengan panjang sesuai gaunnya dan bentuk yang memberikan kesan mewah dan elegan. Misalnya saja memberikan ruffle atau bersusun pada bagian lengan.

Pilih bahan outer yang transparan seperti tulle sehingga bisa memperlihatkan gaun pengantin. Untuk gaunnya pengantin bisa menggunakan bahan brokat dengan desain yang mewah. Selain untuk outer pengantin juga bisa menggunakan tulle yang sama untuk menambahkan veil yang tidak panjang.

Gaun Pengantin Hijab Adat Jawa

Biasanya pengantin adat Jawa mengenakan gaun pengantin berupa atasan kebaya dan bawahan jarik. Pengantin bisa menambahkan cape di bagian bahu hingga menutupi dada. Selain itu bisa juga menggunakan gaun berwarna hitam beludru yang menjadi gaun tradisional pengantin jawa.

Tambahkan outer panjang melebihi mata kaki yang bisa memberikan kesan seperti ratu keraton. Sebagai pengganti paes pengantin bisa menggunakan hijab dengan hiasan glitter atau mengkilat. Lengkapi gaun adat Jawa dengan cunduk mentul dan bunga melati.

Gaun Pengantin Adat Aceh

Gaun pengantin wanita Aceh biasanya berupa baju kurung dan celana panjang atau Daro Baro. Namun terdapat beberapa variasi lain, misalnya kebaya menjuntai ke belakang dengan ekor yang tidak terlalu panjang. Untuk hijabnya menyesuaikan dengan warna gaun.

Kesan mewah terlihat pada hiasan kepala yang tinggi dengan warna cerah seperti keemasan, merah atau hijau. Kemudian terdapat mahkota di bagian dahi yang biasa disebut pathan dhoe. Selain itu terdapat pula hiasan bunga melati.

Gaun Pengantin Adat Bugis

Kesan mewah akan terlihat pada gaun pengantin hijab gold dari pengantin Bugis. Baju Bodo merupakan sebutan gaun pengantin dari Suku Bugis. Baju tersebut memiliki lengan yang pendek sehingga memerlukan manset untuk pengantin berhijab.

Namun terdapat variasi modern dari gaun pengantin bugis seperti penambahan lengan atau bawahan yang lebar. Kemewahan akan terlihat pada berbagai hiasan dari pengantin yang bernuansa emas. Aksesoris tersebut berupa hiasan kepala yang cukup tinggi serta gelang dan kalung dengan ukuran besar. 

Gaun Pengantin Adat Bali

Payas Agung merupakan salah satu nama baju pengantin dari adat Bali. Gaun pengantin berupa atasan bernama angkin prada disertai dengan selendang tersampir di bahu. Kemudian menggunakan bawahan sepanjang mata kaki berupa songket khas bali dengan warna dan corak mewah. 

Kemudian terdapat mahkota berbahan emas yang cukup tinggi serta gelang kana dan aksesoris emas lainnya. Terdapat riasan berupa lengkungan atau srinata pada dahi sebagai simbol keselamatan dan kesejahteraan. Bunga cempaka dan kenangan digunakan sebagai simbol Tri Mukti. 

Memilih gaun pengantin hijab mewah dapat memberikan kesan tersendiri kepada pengantin dan keluarga di hari bahagia tersebut. Gaun pengantin modern bisa menjadi pilihan untuk biaya yang lebih terjangkau karena bisa mengkombinasikan dengan berbagai aksesoris seperti mahkota tiara. Mengenakan pakaian adat dengan berbagai variasi menjadi cara untuk melestarikan tradisi.