Baju Batik

Kimono Baju Batik

Kimono identik dengan Jepang. Ya, model baju yang satu itu memang berasal dari negara Sakura. Padahal, secara harafiah, kimono berarti sesuatu yang dikenakan. Sebelum mengenal pakaian barat, semua jenis baju di Jepang disebut kimono.

Kini, banyak model baju batik yang mengadaptasi bentuk kimono jepang. Tentu dengan potongan yang lebih simpel. Kimono batik bisa dikenakan dalam berbagai suasana, tergantung dari bahan yang digunakan dan aplikasinya pada baju batik itu.

baju batik

Aplikasi Baju Batik

Selera orang dalam berbusana tentu berbeda-beda. Orang yang menyukai model baju simpel, mungkin beranggapan motif baju batik terlalu ramai. Tapi jika tetap ingin berbatik, mudah saja mensiasatinya. Sedikit aplikasi batik pada baju berbahan polos akan membuat busana Anda terlihat manis.

Penyuka T-shirt pun tak perlu berkecil hati. T-shirt dengan aplikasi baju batik yang membentuk gambar tertentu bisa dijadikan pilihan untuk bergaya.

baju batik

Solo Batik Carnival

Apa jadinya jika batik dijadikan kostum yang sangat meriah, dengan berbagai aplikasi seperti bulu-bulu, bunga, dan manik-manik?

Datanglah ke Solo pada bulan Juni, saat penghelatan Solo Batik Carnival. Karnaval batik yang diadakan sejak tahun 2008 oleh pemerintah Solo ini mengharuskan peserta karnaval memakai kostum dari batik.

Para peserta dengan menggunakan batu batik yang beragam akan berjalan di atas catwalk yang digelar di jalan Slamet Riyadi dengan kostum-kostum yang sudah ditentukan temanya.

baju batik

Baju Kepala Negara

Mantan presiden RI, Soeharto, mempunyai andil besar dalam mengenalkan batik pada dunia. Beliau mengenakan baju batik pada saat menghadiri konferensi PBB.

Saat kepala negara-kepala negara lain yang datang ke Indonesia, mereka pun mengenakan batik. Itu terjadi saat pertemuan peserta APEC di Bogor pada tahun 1994. Dirancang oleh Iwan Tirta, masing-masing baju batik tersebut disesuaikan dengan karakter masing-masing kepala negara.

Batik Bill Gates

Satu lagi tokoh dunia yang pernah mengenakan baju batik adalah Bill Gates. Saat menjadi pembicara dalam Forum Presidental Lecture di Balai Sidang Jakarta, tahun 2008. ia tampak gagah dengan baju batik yang dikenakannya.

Bill Gates mengenakan kemeja rancangan Iwan Tirta. Iwan memilihkan motif pisang bali. Namun, untuk orang seistimewa Bill Gates, Iwan menambahkan motif manggar dalam rancangannya.

Jadilah Bill Gates mengenakan kemeja batik motif pisang bali manggar.

Kata terkait dengan baju batik: batik pekalongan, baju kurung, model baju

One thought on “Baju Batik

Comments are closed.