Yuk, Tengok Model Baju Batik di Pasaran!

Di sini batik. Di sana batik. Di mana-mana ada batik. Tampaknya usaha pemerintah untuk memasyarakatkan batik, telah berhasil. Di mana saja kita berada, batik selalu tampak seliweran. Bukan hanya pemakainya, tapi juga penjualnya.

Pasar mana yang tidak menjual batik? Pusat perbelanjaan mana yang tidak memiliki toko khusus batik? Mal mana yang tidak menyediakan gerai batik? Tidak ada, bukan?

Banyaknya penjual batik membuat pakaian batik yang ditawarkan bervariasi. Banyak juga toko batik yang menjual batik, yang modelnya banyak terdapat di toko-toko lain. Namun, ada model-model baju batik yang khusus dijual di toko tertentu. Kalau teliti saat berbelanja, kamu bisa mendapatkan model baju batik yang tidak pasaran.

Model baju apa saja yang dibuat dari kain batik?

Sackdress

Merupakan busana wanita dengan bentuk terusan hingga selutut. Biasanya pakaian model sackdress dikenakan untuk segala acara, baik acara santai seperti jalan-jalan atau berbelanja, maupun acara resmi seperti menghadiri pesta pernikahan.

Semenjak batik popular, banyak sackdress batik yang bermunculan. Di antara semua model baju batik, saya paling senang dengan model yang satu ini. Pasalnya, model-model sackdress yang dibuat benar-benar cantik dan elegan.

Bagian bawah sackdress kebanyakan dibuat sampai di bawah lutut. Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek untuk saya. Bagian atasnya berupa kerah yang lumayan tertutup. Sedangkan, bagian belakangnya biasanya dilengkapi karet, sehingga, jika dikenakan, sackdress menjadi pas tetapi tidak ketat.

Motif-motif batik yang digunakan untuk membuat sackdress juga bervariasi. Ada yang satu motif untuk seluruh permukaan sackdress, ada yang dikombinasikan dengan kain polos, ada juga yang motifnya –menurut istilah saya- tabrakan. Motif tabrakan itu biasanya dibuat dari kombinasi dua atau lebih kain batik.

Saya biasanya mengenakan sackdress untuk menghadiri acara yang resmi seperti pesta pernikahan atau meeting di kantor. Untuk acara santai, saya tidak memilih sackdress sebab rasanya kurang praktis.

Kemeja

Menurut saya, inilah satu-satunya model baju batik untuk pria. Untunglah motif, warna, dan pilihan bahannya bisa dikatakan tak terhingga. Jadi, meskipun hampir tidak ada pilihan model lain, kaum pria tidak akan bosan dengan kemeja.

Uniknya, dalam sebuah pesta pernikahan, saya sama sekali tidak melihat tamu yang memakai kemeja dengan motif sekaligus warna yang sama. Kalau pun motifnya sama, katakanlah motif kawung, ukuran motif, corak dasar, warna, dan kombinasi motif lainnya, sama sekali berbeda.

Itu berarti kemeja batik diproduksi dalam jumlah yang tinggi. Jadi, jangan takut bertemu “kembaran” ketika menghadiri acara yang mengharuskan berbusana kemeja batik.

Bolero

Tahu bolero, kan? Model pakaian ini khusus wanita. Bentuknya seperti rompi, tetapi berlengan. Ukurannya juga lebih pendek daripada rompi. Panjangnya hanya sebatas punggung dan dikenakan sebagai pakaian luaran.

Belakangan, bolero makin popular. Awalnya, model pakaian ini hanya dibuat dari bahan polos. Tapi kini banyak bolero yang dibuat dari kain bermotif batik.

Seiring berkembangnya waktu, bolero dari kain batik ini diciptakan bolak-balik dengan warna dan motif yang berbeda. Artinya, satu potong bolero memiliki dua warna yang berbeda, yang dapat dikenakan pada kesempatan yang berbeda pula. Keren, kan?

Dress Panjang

Kamu mengenakan pakaian muslimah? Dress panjang bermotif batik dapat dijadikan pilihan saat menghadiri acara-acara resmi. Dress panjang ini memang diciptakan khusus untuk para muslimah yang ingin tampil up to date dengan kain khas Indonesia. Jangan lupa, padankan dengan kerudung warna senada.

Tidak memakai pakaian muslimah? Boleh kok, mengenakan dress panjang motif batik. Apalagi kalau sedang ingin tampil anggun dan feminin. Ada juga dress panjang motif batik dengan lengan pendek, bahkan tanpa lengan.

Model baju batik ini bervariasi. Ada yang di bagian pinggangnya dilengkapi kerut, ada yang diciptakan sekaligus dengan ikat pinggang yang disebut obi. Selain itu, ada dress panjang bermotif batik yang bagian bawahnya bisa dimodifikasi menggunakan tali. Jadi, pakaian itu bisa dipendekkan. Bahkan, ada yang bisa diubah menjadi rok panjang.

Syal

Di negara-negara empat musim, syal sangat penting dimiliki. Pada musim gugur, orang-orang yang tinggal di negara subtropis itu sudah mulai menyiapkan syal untuk menahan hawa dingin. Saat musim dingin tiba, syal seakan-akan menjadi pakaian yang wajib dikenakan jika tidak ingin kedinginan.

Di Indonesia, syal menjadi salah satu pelengkap busana yang sangat digemari. Dan, boleh percaya boleh tidak, hampir seluruh syal yang diproduksi, bermotif batik! Keren, ya.

Cobalah keluar rumah. Di jalan, di mal, di kendaraan umun, di tempat-tempat umum maupun di kantor-kantor, banyak orang mengenakan syal bermotif batik. Pakaian ini berbentuk seperti selendang yang tidak terlalu lebar. Umumnya dikenakan dengan cara dililitkan di leher atau disampirkan di pundak.

Hebatnya, syal tidak hanya untuk kaum wanita. Kaum pria pun bisa mengenakan pakaian yang satu ini. Karena itu, produsen syal bermotif batik patut bergirang hati.

Blus

Ingin mengenakan pakaian batik yang simpel? Tidak usah khawatir. Kini, banyak diciptakan blus batik yang modelnya simpel dan tidak terlalu banyak detail. Blus ini bisa dikenakan untuk ke kantor, ke acara pesta pernikahan, maupun ke acara santai seperti minum kopi bersama teman-teman.

Untuk membedakan jenis acara, kenakan blus batik dengan model, motif, dan bahan yang yang sesuai dengan acara. Misalnya, kenakan blus batik dengan bahan silk yang licin mengilap untuk datang ke pesta pernikahan. Sebaliknya, kamu bisa mengenakan blus batik dengan bahan katun untuk menghadiri pertemuan yang sifatnya santai.

Celana Pangsi

Awalnya, celana pangsi dikenakan oleh kaum pria Belanda pada masa penjajahan di Indonesia. Cuaca Indonesia yang panas membuat mereka memilih celana pangsi berbahan batik yang nyaman.

Celana pangsi juga sempat dikenal sebagai celana khas laki-laki etnis Betawi. Sebab, dalam kegiatan sehari-hari, kaum laki-laki Betawi selalu mengenakan celana model ini.

Batik yang digunakan untuk membuat celana pangsi dipilih dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Karena itu, celana ini menjadi favorit para pria, sebagai pakaian sehari-hari di rumah.

Seiring berjalannya waktu, celana pangsi tidak lagi menggambarkan ciri khas suatu etnis. Sebab, celana ini sudah banyak diproduksi. Bukan tidak mungkin suatu saat kelak celana pangsi berbahan batik akan menjadi favorit kaum wanita.

Baju Kelelawar

Oke, namanya memang bukan benar-benar baju kelelawar. Tapi, pakaian model ini terkenal dengan sebutan itu. Pasalnya, pada bagian bawah lengan pakaian ini berbentuk lebar seperti sayap kelelawar.

Baju batik dengan model kelelawar ini merupakan modifikasi terbaru. Dengan adanya model ini, batik benar-benar telah berubah. Dia tidak lagi sebagai pakaian kuno yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang tua di desa, tetapi tampil modis dengan model yang up to date.

Kaus

Inilah satu lagi bukti dari gebrakan baik. Dahulu, batik identik dengan baju resmi. Sekarang tidak lagi, karena batik telah diciptakan dalam bentuk kaus. Ingin bersantai tapi tetap trendi? Pilihlah model baju batik dengan bahan kaus.

Rok

Rok batik tampak tidak terlalu popular dibanding baju untuk atasan. Namun, jika kamu menelusuri pusat perbelanjaan, kamu akan menemukan rok batik yang elegan. Kalau kamu bosan dengan bawahan celana panjang, rok batik ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Daster

Pakaian ini bisa dikatakan sebagai model baju batik yang paling popular. Ketika batik sudah tidak lagi dicap sebagai pakaian kuno namun belum juga menjadi pakaian modern, daster dengan bahan batik sudah memenuhi seluruh toko-toko batik.

Hingga kini, daster batik masih menjadi ikon pakaian tidur atau pakaian santai yang paling melekat di benak semua orang.

Itulah model baju batik yang terdapat di pasaran. Selain yang sudah disebutkan di atas, tentu saja masih ada beberapa model baju batik lainnya. Dan, tidak menutup kemungkinan, di masa yang akan datang, model baju batik akan semakin beragam.

Bravo, batik!

2 thoughts on “Yuk, Tengok Model Baju Batik di Pasaran!

Comments are closed.