19 Tips Mudah Bangun Pagi

Kurasakan hangat indahnya sang mentari
Membangunkanku dari tidur yang lelap ini
Sinarmu yang terang mulai memasuki mata
Dan mengusirku dari alam mimpi

Dan kini kubergegas tuk segera siapkan diriku
Tuk mulai menjalani hari ini
Tak sabar ku temui seluruh sahabat yang tersenyum
Menyambut datangnya pagi ini
Dan kukatakan..

Selamat pagi!!
Embun membasahi dunia dan mulai mengawali hari ini
Dan kukatakan:

Selamat pagi!!
Kicau burung bernyanyi dan kini ku siap tuk jalani hari ini.
Kini bergegaslah sipakan dirimu untuk memulai menjalani hari ini

(Selamat Pagi – RAN)

Pagi adalah saat favorit banyak orang, salah satunya saya. Tetapi banyak pula yang mengalami kesulitan bangun pagi dengan macam-macam penyebab. Tak bisa dimungkiri, pagi adalah waktu yang penting untuk melakukan berbagai hal, mulai dari persiapan anak ke sekolah, berangkat kuliah, sarapan bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat untuk kamu yang suka dan ingin mulai bangun pagi setiap hari.

Sedapat mungkin hindari begadang

Ini langkah utama yang pasti sudah terlintas di benak kamu juga. Bagaimanapun, kamu pasti ingin bangun pagi dalam keadaan bugar. Bukan mengantuk atau lesu. Karenanya, cukupkan tidur dan pastikan tidurmu berkualitas. Trik-trik detailnya bisa dibaca di artikel ini.

Basahi muka

Air adalah sarana ampuh agar mata lekas terbuka. Basuh muka dengan air dingin sehingga kantuk akan berkurang.

Isi perut secukupnya

Memang ada yang beranggapan, lebih baik mandi dulu baru makan. Tapi tak ada salahnya membalik kebiasaan itu, apabila kamu menjadi punya energi lebih dan siap memulai hari. Katakanlah makan kue-kue kecil, minum teh manis hangat, dan yang penting sudah sikat gigi.

Posisi kepala dekat jendela atau pintu

Terutama bila pasangan harus berangkat pagi atau rajin bangun pagi, ini bisa membantu. Cahaya yang masuk dari pintu atau jendela yang terbuka, kecuali pasanganmu tidak suka menyibaknya selama kamu belum bangun, membuat kamu tidak ingin tidur lagi.

Tidur dengan selimut tipis

Selimut yang tebal membuat kamu merasa semakin nyaman di pembaringan dan kesulitan bangkit meski sudah waktunya bangun.

Selimut separuh badan saja

Dalam hal ini, kebiasaan tidur lasak justru baik agar mudah bangun. Selimut tebal sekalipun hanya akan sampai separuh badan, tidak menutupi seluruhnya. Biasanya kita tidak berlama-lama tidur jika terkena hawa dingin.

Biasakan mandi pagi

Aturlah sedemikian rupa supaya kamu harus mandi pagi, meskipun tidak berencana bepergian atau di hari libur. Tentu saja ini ampuh jika malam sebelumnya kamu sudah cukup beristirahat, sehingga tidak masuk angin.

Tentukan jadwal olahraga pagi

Kendati berat, olahraga pagi relatif lebih menyenangkan daripada sore hari. Lakukan yang ringan saja, misalnya jalan/jogging dan lari di tempat beberapa menit. Boleh juga berenang jika memungkinkan, pada akhir pekan.

Tunda mandi pagi

Ini saran yang bisa diterapkan jika kamu seperti saya, lekas mengantuk dan lebih mudah lelap setelah mandi pagi. Gerakkan saja badan, tapi hindari bangun terburu-buru agar tidak pening. Buka mata perlahan, duduk, baru berdiri.

Jika masih mengantuk, tidur dalam perjalanan

Mungkin tadi malam kamu lembur atau kurang tidur karena anak sebentar-sebentar bangun. Terutama bila kamu berstatus orangtua dengan anak yang masih batita atau balita, ini lazim terjadi. Tak ada salahnya tidur dalam perjalanan, jika kamu menggunakan kendaraan umum. Alangkah baiknya ini dilakukan saat kamu bersama teman, supaya tidak terlewat turun.

Tidur lagi setelah urusan selesai

Teman-teman dan saudara saya yang bekerja di rumah melakukan ini. Begitu anak berangkat sekolah, suami pergi ke kantor, berbaring lagi. Memang tidak bisa lama, tapi cukuplah untuk menebus kantuk dan bangun kembali dengan segar kemudian.

Latih perlahan-lahan

Tak ada kebiasaan yang bisa berubah drastis secara instan. Biasanya bila berhasil pun, usianya tidak langgeng. Padahal kamu sangat ingin menjadi orang yang bangun pagi tiap hari, bukan? Udaranya lebih segar, suasana relatif lebih tenang, lebih mudah pula untuk berkonsentrasi. Tapi jika satu-dua kali kamu jatuh tertidur atau agak kesiangan, tak perlu menyalahkan diri. Terlebih bila kamu sangat lelah.

Ucapkan selamat pada diri sendiri

Perilaku yang wajar setiap kali mencapai sesuatu. Demi semangat yang perlu dijaga, ucapkanlah selamat pada diri sendiri bila berhasil bangun pagi. Itu suatu prestasi!

Atur kebiasaan buang air di pagi hari

Ini salah satu trik yang lumayan manjur. Kondisikan pencernaan dengan buang air besar tiap pagi pada jam yang sama. Karena relatif memakan waktu, cukup jarang orang masuk kamar mandi sambil tetap mengantuk lalu tertidur di sana.

Ingat manfaat bangun pagi

Camkan sisi-sisi positif bangun pagi. Sudah lama kamu tidak melihat matahari terbit, misalnya. Peristiwa alam yang mungkin biasa bagi orang lain, tapi menyenangkan pandangan dan membuatmu bersyukur akan hidup yang diberkahi-Nya. Juga jika kamu masih tinggal di daerah yang relatif sejuk udaranya, dekat dengan alam, ketika pagi tiba, kamu bisa mendengar kokok ayam jantan atau cericip burung yang menenangkan.

Jadwalkan hal yang disukai di pagi hari

Tidur memang salah satu yang diandaikan semua orang di pagi hari, apalagi jika macet harus dihadapi. Tapi ubah cara pikir itu dengan menambahkan satu aktivitas menggembirakan sewaktu pagi. Contohnya sarapan bubur atau nasi kuning kegemaran. Merajut, yang pastinya menghasilkan pengalaman baru ketika dilakukan pagi-pagi. Menggambar sketsa, memotret, apa saja yang membuat kamu lebih bersemangat.

Untuk yang ke kantor, jangan kecil hati dulu. Bangun pagi membuat kamu tidak perlu panik. Tetap saja, malam harinya kamu siapkan dulu apa-apa yang perlu dibawa ke tempat kerja. Juga pakaian agar tidak memangkas waktu tenang di pagi hari.

Teladani para petani

Kendati yang namanya sawah dan ladang semakin jarang saja di negeri kita ini, bayangkan saja. Petani dan peladang tetap harus bekerja di pagi hari. Mereka tetap segar dan ceria, menyambut dinginnya angin pagi, embun yang menurut para tetua keluarga besar saya baik untuk kesehatan kaki, dan banyak lagi. Semangat mereka tak pernah kendur dan perlu dicontoh.

Balapan dengan alarm

Sejatinya, bangun dengan suara nyaring alarm tidak baik untuk kesehatan fisik dan batin. Tapi mengingat ayam jantan sudah nyaris langka di kediaman kita, apa mau dikata. Sekali-sekali saja, boleh juga balapan dengan alarm. Lebih awal lima menit pun sudah merupakan pencapaian besar! Apalagi semasa kamu masih berlatih memupuk kebiasaan bangun pagi. Tidur lagi pun tak apa-apa, asalkan perkembangannya dipertahankan sedikit demi sedikit keesokan hari.

Berdoa

Dalam hal ini, doa sebelum tidur bukan sekadar sarana pendukung. Di sanalah terekam tekad kita untuk menanamkan kebiasaan baik. Pengakuan kita yang sadar bahwa bangun pagi itu sehat. Hal yang terkesan remeh namun penting. Berdoa dan optimislah.

Nah, bagaimana? Mengubah kebiasaan yang sudah terbangun sekian lama memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Yuk, dicoba sekarang juga.